Air Terjun, Alam, Bukit, Daftar Wisata, Pantai, Uncategorised

6 Tempat Wisata di Fef Tembrauw

6 Tempat Wisata di Fef Tembrauw 1

Fef merupakan sebuah distrik yang berada di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, Indonesia. Fef memiliki luas sekitar 562,86 dengan 10 kampung atau kelurahan. Alam dan budaya yang dimiliki Kabupaten Tambrauw ini begitu juara. Dan ada banyak pariwisata yang dapat ditawarkan.

Tempat ini memiliki banyak wisata unik dan indah yang perlu anda kunjungi. Mulai dari budya hingga alamnya. Salah satunya wisata sejarah seperti tank-tank yang menjadi peninggalan Perang Dunia II. Tak hanya itu, wisata alam yang di Kabupaten Tambrauw ini juga tak kalah menarik dari Kabupaten tetangga, Raja Ampat.

Penasaran apa saja tempat destinasi wisata yang perlu di kunjungin di Fef Kabupaten Tambrauw? Yuk, simak!

Daftar 6 Tempat Wisata di Fef Kabupaten Tambrauw:

1. Air Terjun Anenderat

Air terjun anenderat

Sumber foto: sergap.id

Tempat wisata pertama ini disebut juga sebagai Air Terjun Tujuh Tingkat yang merupakan tujuan wisata alam. Air terjun ini terletak di Kampung Siakwa, Distrik Miyah, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, Indonesia, tepatnya berada di bagian perut Kabupaten Tambrauw, butuh waktu 3 jam untuk ditempuh dari Fef.

Air terjun ini dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah, dengan udara yang segar, serta suasananya yang sejuk. Air terjun Anenderat ini mengalir dan bermuara hingga Sungai Aifat.

Selain menjadi tempat wisata, lokasi tersebut juga dijadikan sebagai tempat upacara adat untuk masyarakat setempat.

Untuk mengunjungin air terjun ini, kalian bisa melaluinya dari pintu pintu masuk air terjun yang berada di samping kantor Distrik, Jalan Weku No. 1 Kampung Siakwa. Untuk kendaraan, kalian bisa memarkirkannya disana, lalu dilanjutkan dengan perjalanan hiking yang kurang lebih 300 meter. Dan menyebrang Sungai Kamundan, yang yang kemudian dilanjutkan lagi dengan hiking sampai kalian mendengar suara limpahan air terjun.

2. Air Panas War Aremi

Air panas war aremi

Sumber foto: superadventure.co.id

Tempat wisata ini memang terdengar asing ditelinga, walaupun begitu tempat ini masih menjadi tempat menantang untuk kalian jelajahi. Seperti tujuan wisata sebelumnya, perjalan untuk menempuhnya tidaklah mudah.

Air Panas War Aremi ini adalah kolam yang disangga dengan batu alami menyerupai sungai biasa. Air dari kolam alami ini terasa hangat dan tidak terlalu dalam, yaitu sebatas lutut orang dewasa.

Dalam kolam, kalian bisa menemukan beberapa kumpulan batu yang menimbulkan buih-buih ditengahnya dan warga menduga buih ini menjadi pusat air panas kolam.

Untuk mencapai Air Panas War Aremi ini, kalian perlu melewati jalanan berbatu dan kelokan tajam. Kalian juga membutuhkan seseorang yang ahli dalam berkendara “double cabin” di sana. Dari Manokwari ke Distrik Kebar ini membutuhkan waktu sekitar lima jam.

3. Bukit Sontiri

Bukit sontiri

Sumber foto: republika.co.id

Bukit ini bukan lah bukit biasa, melainkan bukit yang dikenal dengan ribuan jaring laba-laba disetiap paginya. Bukit Sontiri ini terletak di Distrik Kebar, dan ditempuhh 3 jam dari Manokwari.

Bukit ini memiliki pemandangan lautan gundukan rumput hijau yang dikenal eksotis dan disebut sebagai Bukit Teletubbies. Dari atas bukit terlihat pegunungan Kebar yang terkadang tertutup oleh awan. Dan tak hanya itu saja, setiap paginya bukit ini akan dipenuhi jaring laba-laba arthur di antara rerumputan.

Para pengunjung juga bisa menikmati sunrise dan sunset di Bukit Sontiri. Untuk sunrise akan muncul pada pukul 05.00-06.00 WIT, sementara sunset pada pukul 17.00-18.00 WIT.

Baca juga :

• Ini 6 Tempat Wisata di Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan

• Dan ini 6 Tari Adat Tradisional Asal Papua

4. Pantai Sausapor

Pantai saupasor

Sumber foto: Instagram @anthony_rad4

Tempat wisata kali ini tergolong masih asri dan alami, sehingga para pengunjung akan melihat pantai ini terlihat sangat bersih. Di bulan tertentu, ada musim yang disebut sebagai “Musim Penyu”, yaitu ketika Penyu Belimbing atau spesies penyu terbesar di dunia akan bertelur.

Mungkin dari kalian mengira bahwa Penyu belimbing hanya bertelur di Air Hitam, Bengkulu. Namun, jenis penyu tersebut juga sering datang dan bertelur di Daerah terpencil di Tambrauw, yang disebut juga Batu Rumah, Distrik Abun. Jaraknya dari Tambrauw bisa menempuh 3 jam waktu perjalanan dengan menggunakan speadboat.

5. Pantai Werur

Pantai werur

Sumber foto: detik.com

Selain Pantai Werur, pantai ini juga terletak di Tambrauw. Tujuan wisata kali ini para pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dan memukau, serta suasananya yang romantis dengan melihat matahari terbenam dari Pantai Werur.

Selain keindahan alam, Pantai Werur juga dikenal dengan peninggalan Perang Dunia II, seperti landasan pacu, yang dipakai bekas tentara Sekutu.

6. Pulau Dua

Pulau-dua

Sumber foto: Instagram @hellotambraw

Seperti namanya, pulai ini terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Amsterdam dan Pulau Middleburg. Kedua pulau ini juga dikenal dengan sebutan Meossu. Pulau ini memberikan pemandangan indah, mau itu dipermukaan laut dan pemandangan bawah lautnya. Air dari pantai ini juga sangat jernih, sampai-sampai para pengunjung bisa melihat kehidupan bawah laut.

Demikian tempat wisata di Fef Kabupaten Tambrauw yang bisa anda kunjungi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply