6 Tempat Wisata di Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, Daftar Wisata, Uncategorised

6 Tempat Wisata di Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan

Kohoin

Teminabuan merupakan kota kecil di Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat, Indonesia. Kota ini disebut sebagai kota kecil di kepala burung cendrawasih. Teminabuan memang tak sepopuler ibu kota kabupaten lain yang berada di Papua Barat, seperti Manokwari, Sorong, Bintuni hingga Fak Fak.

Teminabuan

Sumber foto: komposiana.com

Untuk menempuh Teminabuan ada 3 opsi yang bisa para pengunjung pilih, yakni pertama lewat darat sekitar 4-6 jam menggunakan mobil dari terminal laut dan udara dari terminal di Sorong. Kemudian, opsi kedua menggunakan pesawat perintis dari Bandara DEO Sorong. Dan opsi terakhir lewat laut, tetapi pilihan ini tidak disarankan karena butuh waktu yang lama, kecuali jika kalian membawa barang besar.

Kota ini memiliki banyak sungai, dengan suasana yang masih sejuk. Biasanya, periode suhu terpanasnya jatuh sekitar bulan November dan Desember dengan suhu rata-eata 28°C, sementara periode terdingin jatuh sekitar bulan Juni dan Juli dengan suhu rata-rata 26°C.

Selain terkenal dengan sungainya yang banyak, Teminabuan menyimpan banyak keindahan dan keunikan alam yang hampir jarang orang mengetahuinya.

Apa saja tempat wisata di Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan ini? Yuk, simak ulasannya.

1. Kali Sembra

Kali sembra

Sumber foto: pariwisatasorong.wordpress.com

Salah satu tempat wisata yang cukup populer di Kota Teminabuan ini dikenal dengan kali nya yang dingin, sejuk dan jernih. Tak jarang wisatawan datang dan singgah ke Kali Sembra.

Masyarakat setempat memberikan nama Kali Sembra, sebab artinya Kali Biru. Yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah asal-usul cerita Kali Sembra. Kini, Kali Sembra sudah dikelola dengan baik.

Untuk masuk ke Kali Sembra, pengunjung hanya perlu membayar tarif Rp 1.000 untuk anak-anak, dan Rp 3.000 untuk dewasa. Beberapa fasilitas pendukung juga sudah tersedia seperti tempat parkir, ruang Gandi, Pondok, tempat ibadah, panggung konser dan beberapa fasilitas lainnya.

2. Sungai Panta Kapal

Panta kapal

Sumber foto: jalanblog.wordpress.com

Sungai ini bertepatan di Distrik Sawiat, Kabupaten Sorong Selatan, dan merupakan bagian dari Sungai Kohoin. Sungai ini memang tak jauh dari Teminabuan, tetapi tempatnya terlihat agak tersembunyi.

Asal muasal dinamakan Panta Kapal karena jika dilihat dari atas, sungai ini menyerupai bagian belakang atau pantat pada kapal. Bentuknya seperti itu murni dari alam yang disebabkan pengikisan batu-batuan.

Leave a Reply