Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Dumai

Tugu Lancang Kuning. Foto: www.liputan6.com

Tugu Lancang Kuning. Foto: www.liputan6.com

Kota Dumai merupakan salah satu kota di Provinsi Riau. Kota ini memiliki obyek wisata yang cukup beragam, mulai dari hutan, pantai, hingga wisata sejarah. Adat budayanya banyak dipengaruhi oleh budaya Melayu dan Minangkabau.

Kota Dumai merupakan kota dengan wilayah administrasi terluas ketiga di Indonesia, setelah Kota Palangkaraya dan Kota Tidore Kepulauan. Terkenal sebagai kota industri, wisatawan tidak perlu khawatir dalam menjelajahi Kota Dumai, karena kondisi jalannya yang tergolong baik.

1. Hutan Mangrove atau Bandar Bakau Dumai

Bandar Bakau Dumai, Tempat Konservasi Mangrove. Foto: riaupos.co

Bandar Bakau Dumai, Tempat Konservasi Mangrove. Foto: riaupos.co

Bandar Bakau Dumai merupakan lokasi konservasi mangrove yang berada di Desa Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan. Di sini pengunjung bisa menikmati suasana hijaunya hutan bakau di tepi laut. Ada juga sebuah jembatan kayu di antara pohon bakau, yang sering dijadikan spot selfie oleh para pengunjung.

Setiap bulannya, obyek wisata ini dikunjungi hingga 2000 orang wisatawan. Fasilitas yang telah tersedia di sini diantaranya adalah gazebo tempat berteduh dan kamar mandi. Untuk bisa mempertahankan hutan bakau ini, pengunjung diharapkan berpartisipasi dalam program tanam bakau yang disediakan oleh pengelola setempat.

Baca juga 6 Tempat Wisata di Siak Riau

2. Danau Bunga Tujuh

Teduhnya Danau Bunga Tujuh. Foto: www.menyapariau.com

Teduhnya Danau Bunga Tujuh. Foto: www.menyapariau.com

Danau Bunga Tujuh berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Bukit Barem. Jaraknya hanya 8 kilometer dari pusat kota Dumai. Di sini pengunjung bisa menikmati suasana danau yang menyegarkan di tengah panasnya Kota Dumai.

Fasilitas permainan air pun telah dipersiapkan oleh pengelola, salah satunya adalah perahu bebek kayuh. Pengunjung juga bisa duduk-duduk santai di bawah gazebo sembari menikmati barisan pepohonan di tepian danau. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi hari, ketika matahari belum terlalu terik.

3. Taman Bukit Gelanggang

Taman Bukit Gelanggang, Kebanggan Warga Dumai. Foto: wartawisata.id

Taman Bukit Gelanggang, Kebanggan Warga Dumai. Foto: wartawisata.id

Salah satu pusat aktivitas warga Dumai ada di Taman Bukit Gelanggang. Taman ini merupakan ruang terbuka hijau dengan segala fasilitas rekreasi ramah keluarga. Diantaranya adalah fasilitas jogging track dan panggung pertunjukkan. Banyak pula persewaan sepatu roda dan mobil-mobilan untuk anak-anak di sini. Masyarakat setempat sering memanfaatkan taman ini sebagai tempat berolahraga lari, senam bersama, konser musik, atau sekedar kumpul bersama keluarga.

Tak hanya di pagi atau sore hari, Taman Bukit Gelanggang juga bisa dinikmati di malam hari. Di beberapa acara, pasar malam dan berbagai permainan rakyat diadakan di taman ini. Di sekitar taman juga banyak ditemukan penjual makanan yang siap memanjakan lidah pengunjung.

4. Tugu Lancang Kuning

Tugu Lancang Kuning. Foto: www.liputan6.com

Tugu Lancang Kuning. Foto: www.liputan6.com

Masih berada di area Taman Bukit Gelanggang, pengunjung bisa menemukan sebuah tugu bernama Tugu Lancang Kuning. Tugu ini merupakan lambang kebanggan warga Riau. Lancang merupakan sebutan adalah kapal besar milik raja, sedangkan kuning merupakan warna kebesaran tradisi Melayu. Sehingga Lancang Kuning mengisyaratkan betapa hebatnya Riau dalam menguasai dunia maritim di masa lalu.

Di bawah Tugu Lancang Kuning, terdapat perpustakaan kecil. Biasanya perpustakaan ini dipadati pengunjung pada akhir pekan.

Baca juga 6 Tempat Wisata di Muara Tebo, Jambi

5. Pantai Teluk Makmur Dumai

Tepian Pantai Teluk Makmur. Foto: www.riaudailyphoto.com

Tepian Pantai Teluk Makmur. Foto: www.riaudailyphoto.com

Pantai Teluk Makmur atau Pantai Marina Puak menawarkan suasana pantai yang tenang. Bibir pantainya diisi pasir berwarna kecoklatan dan batu-batuan besar. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga bisa dijadikan tempat bermain air. Berbagai wahana permainan pun telah tersedia di pantai ini, seperti banana boat, speed boat dan doughnut boat.

Di tepian pantai, wisatawan juga bisa menemukan permainan untuk anak-anak, seperti jungkat-jungkit dan perosotan. Fasilitas pendukung seperti musholla dan toilet juga telah tersedia. Bagi wisatawan yang kelaparan tidak perlu khawatir, karena di sekitar pantai ada beberapa warung sederhana. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Dumai Timur dan hanya berjarak sekitar 15 menit dari pusat Kota Dumai.

6. Pantai Koneng

Berwisata di Pantai Koneng Dumai. Foto: pekanbaru.tribunnews.com

Berwisata di Pantai Koneng Dumai. Foto: pekanbaru.tribunnews.com

Pantai Koneng terletak tak jauh dari Pantai Teluk Makmur. Menghadap ke perairan Selat Malaka, membuat pantai ini memiliki pasir berwarna putih kecoklatan, serta air yang juga kecoklatan. Obyek wisata ini biasanya dipadati oleh wisatawan di akhir pekan. Biaya masuk ke pantai ini sekitar Rp30.000 untuk satu rombongan mobil roda empat.

Di pantai ini pengunjung bisa menikmati suasana pantai di gazebo yang disediakan. Pengelola juga membuat ayunan sederhana di tepi pantai sebagai tempat berfoto dan juga bersantai. Pantai Koneng berlokasi 19 kilometer dari pusat Kota Dumai.

Leave a Reply