Daftar Wisata

6 Tempat Wisata Di Muara Tebo

6 Tempat Wisata Di Muara Tebo 1

Tempat Wisata Di Muara Tebo – Muara Tebo merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Wilayahnya dikelilingi oleh banyak perbukitan sehingga menawarkan obyek wisata dengan panorama alam yang asri.

Kalau kamu lagi di Muara Tebo, wajib banget kamu buat mengunjungi 6 tempat wisata di Muara Tebo berikut ini nih!

Atau bisa juga jalan – jalan ke 12 Tempat Wisata Di Jambi ini.

Daftar Tempat Wisata Di Muara Tebo Terbaik

  1. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Foto: sengpaku

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh terletak di dua provinsi, yaitu provinsi Riau dan provinsi Jambi. Untuk menuju Siberida (Indragiri hulu) dapat ditempuh dengan waktu 3 jam dari kota Tembilahan.

Taman nasional ini memiliki beragam macam jenis flora dan fauna yang jarang ditemukan. Salah satu tumbuhan khas dan endemic yang hidup di taman ini adalah Cendawa Muka Rimau. Kemudian, terdapat suku asli yang tinggal di dalam taman nasional ini, yaitu Suku Kubu dan Suku Talang Mamak.

Suku – suku ini lah yang menjadi daya tarik pariwisata karena para pengunjung sekaligus bisa mempelajari budaya mereka dan mengetahui cara mereka berinteraksi dengan alam. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional ini antara bulan Maret – bulan Juli.

  1. Taman Nasional Bukit Dua Belas

Taman Nasional Bukit Dua Belas

Taman Nasional Bukit Dua Belas, Foto: the7summitsindonesia.com

Taman Nasional Bukit Dua Belas berlokasi di tiga kabupaten yaitu kabupaten Sarolangun Bangko, Kabupaten Bungo Tebo dan Kabupaten Batanghari. Di taman nasional ini juga terdapat berbagai macam jenis flora dan fauna langka.

Kamu bisa menikmati obyek wisata alam di sini, seperti Puncak Bukit Dua Belas, Sumber Air Terjun Aek Manitik, Air Terjun Desa Lubuk Jering, Goa Sungai kelelawar dan Goa Tereng.

Selain keasriannya yang masih sangat terjaga, masih ada suku asli di taman nasional ini dan dapat menemani para wisatawan, yaitu Suku Anak Dalam Jambi. Waktu terbaik untuk berkunjung di antara Juni – Oktober.

  1. Danau Sigombak

Danau Sigombak

Danau Sigombak, Foto: andimahaputra40

Tempat wisata di Muara Tebo selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Danau Sigombak yang terletak di Desa Teluk Kembang Jambu. Danau ini menyimpan seribu pesona alam dengan belasan keramba ikan terapung serta ratusan bunga teratai air yang menutupi pinggiran danaunya.

Terdapat bangunan kayu yang dibangun terapung menambah teduhnya suasana dan menjadi spot terbaik untuk kamu berfoto – foto ria. Air danau yang jernih, hutan dengan pohon arau yang besar di tengah danau dan pada waktu senja ada nelayan yang melintas memancarkan kealamian danau ini. Pas banget buat kamu yang ingin bisa berlibur sambil melepas kepenatan.

  1. Kebun Raya Bukit Sari

6 Tempat Wisata Di Muara Tebo 3

Kebun Raya Bukit Sari, Foto: kebunrayadaerah

Kebun Raya Bukit Sari merupakan hutan sekunder dengan vegetasi yang masih baik dan didominasi oleh Pohon Plajau, Tenggeris. Meranti, Jelutung, Kedondong, Kenari dan Terap.

Di dalam kebun raya ini sudah ada jalan setapak untuk mempermudah para pengunjung sambil menikmati teduhnya keberagaman jenis pohon yang tumbuh alami dan bisa juga berkesempatan melihat berang – berang, lutung dan owa-owa. Daya tarik lainnya adalah kamu dapat menikmati sumber air panas dan air terjun Bukit Karendo yang terletak dekat dari wilayah ini.

  1. Air Terjun Gajah Mati

6 Tempat Wisata Di Muara Tebo 4

Air Terjun Gajah Mati, Foto: teguhhidayaat

Air terjun gajah mati terletak di Dusun Benteng Makmur, Desa Muara Kilis.  Dari Kota Jambi, kamu perlu menempuh jarak kurang lebih 184 untuk sampai ke air terjun ini.

Rangkaian perjalanan menuju Air Terjun Gajah Mati tersebut dapat menjadi aktivitas menarik buat kamu yang memiliki hobi menyusur hutan dan berpetualang. Di tengah perjalanan menuju Air Terjun Gajah Mati, para wisatawan akan bertemu dengan medan jalan yang vertikal sehingga harus memanjat.

Beberapa fasilitas sudah tersedia di kawasan ini, seperti gerbang masuk, jalan setapak menuju lokasi air terjun, serta warung yang berada di depan gerbang kawasan.

Keasrian wilayah di sekitar air terjun juga masih sangat terjaga bahkan untuk jumlah pengunjungnya pun dibatasi demi menjaga lingkungannya. Dengan biaya tiket masuk perorang 5000 rupiah, kamu sudah bisa menikmati sejuknya dan segarnya udara di kawasan ini. Bisa juga mengunjungi goa kelelawar dan goa harimau yang berada tidak jauh dari air terjun lho!

  1. Taman Tanggo Rajo

6 Tempat Wisata Di Muara Tebo 5

Taman Tanggo Rajo, Foto: adesaputra9799

Taman Tanggo Rajo berada persis di depan Rumah Dinas Gubernur Jambi. Salah satu tempat wisata di Muara Tebo ini sudah menjadi kawasan wisata kuliner untuk warga Kota Jambi.

Selain Muara Tebo, 6 tempat wisata di Siulak Kabupaten Kerinci juga jadi favorit kalau sedang main ke Jambi loh!

Lokasinya ramai pada sore hingga malam hari, baik untuk sekadar menikmati matahari terbenam di pinggir ataupun jajan makanan yang dijajakan karena sudah tertata rapi. Taman ini cocok banget untuk dikunjungi bersama keluarga.

Sekian rangkuman mengenai 6 tempat wisata di Muara Tebo yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menghabiskan hari libur. Selamat jalan – jalan!

Leave a Reply