Daftar Wisata

6 Tempat wisata di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara

Tempat wisata di Amuntai

Tempat wisata di Amuntai

Tempat wisata di Amuntai – Berkunjung ke Amuntai, ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan dan temukan tempat wisata menarik. Berjarak 190 KM di utara Kota Banjarmasin. Kota ini memiliki banyak tempat wisata khususnya wisata alam yang menawan.

Nama Amuntai berasal dari bahasa Belanda pada kependudukan Belanda yakni Amoentai, Amoenthaij atau Amoenthay. Selanjutnya pada masa Hindia Belanda Amuntau menjadi kawedanaan atau distrik atau Kabupaten. Kini menjadi ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Utara yang memiliki banyak potensi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan.

Penasaran? Berikut 6 tempat wisata di Amuntai yang bisa Anda pilih sebagai destinasi liburan yang akan datang:

1. Candi Agung

Candi Agung, Tempat wisata di Amuntai

Candi Agung, Tempat wisata di Amuntai – Sumber : Wikipedia.org

Tempat wisata di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara yang pertama adalah sebuah tempat wisata sejarah peninggalan Kerajaan Negara Dipa yakni Candi Agung. Dalam sejarahnya kerajaan ini berdiri pada masa Kerajaan Majapahit.

Candi Agung merupakan situs Candi Hindu yang berada di kawasan Sungai Malang, kecamatan Amuntai Tengah, Kota Amuntai, Kalimantan Selatan.

Pemandangan kawasan yang masih asri ditambah pesona saat mengunjungi Candi Agung. Belajar sejarah sekaligus menikmati indahnya kota Amunta. Tidak hanya berwisata tapi Anda juga bisa sambil mempelajari sejarah lokasi tersebut. Keren bukan?

2. Wisata Kerbau Rawa

Wisata Kerbau Rawa

Wisata Kerbau Rawa – Sumber : bisniswisata.co.id

Ada wisata unik yang dapat dikunjungi di Kecamatan Danau Panggang, Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Di sini Anda dapat melihat pemandangan unik yang tidak dijumpai di daerah lain. Pemandangan ratusan kerbau dengan pemandangan alam yang mempesona sungguh menakjubkan.

Daya tarik wisata kerbau rawa menarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Banyak di antaranya suka mengabadikan momen kehidupan penduduk dengan menyusuri hamparan rawa menggunakan perahu kelotok.

Waktu yang tepat untuk datang adalah di pagi hari saat gembala membuka pintu kandang kerbau menuju rawa atau sebelum senja saat kerbau beriring masuk ke dalam kandang.

Untuk sampai ke kerbau rawa atau Tempat wisata di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara ini, Anda dapat menempuh perjalanan selama 6 jam dari Kota Banjarmasin. Dari Amuntai Anda masih harus menempih perjalanan dengan menggunakan perahu klotok selama 30 menit untuk sampai ke kerbau rawa.

Baca Juga ya :

3. Danau Caramin, Tempat wisata di Amuntai

Danau Caramin, Tempat wisata di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara

Danau Caramin, Tempat wisata di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara – Sumber : Indonesia.trvlr.com

Tempat wisata di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara selanjutnya adalah wisata alam berupa danau yakni Danau Caramin. Danau ini berada di Desa Caramin di Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Danau yang sangat luas dengan pemandangan alam yang asri menjadi daya tarik wisatawan untuk datang.

Panorama alam yang mempesona dan udara yang sejuk membuat betah berlama-lama. Sangat cocok untuk bersantai menikmati suasana alam dan melepas penat.

4. Danau Biru Tabur

Danau Biru Tabur, tempat wisata di Amuntai Hulu Sungai Utara

Danau Biru Tabur, tempat wisata di Amuntai Hulu Sungai Utara – foto wartawisata.id

Masih wisata alam danau, Tempat wisata di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara berikutnya adalah Danau Biru Tabur. Seperti namanya saat melihat danau Anda akan melihat pemandangan menakjubkan berupa danau dengan air jernih berwarna biru yang sangat cantik.

Keindahan air danau dan pemandangan di sini sangat cocok untuk Anda yang suka fotografi atau untuk diunggah di media sosial. lokasi Danau Biru Tabur ini terletak di desa Tayur, Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan.

5. Danau Panggang

Danau Panggang dan kerbau rawa di Amuntai Hulu Sungai Utara

Danau Panggang dan kerbau rawa di Amuntai Hulu Sungai Utara – foto youtube Barry Kusuma

Masih tentang kemolekan danau, Tempat wisata di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara  berikutnya ada Danau Panggang. Suasana alam yang tidak kalah mempesona di Danau Panggang dengan suguhan pemandangan yang memanjakan mata.

Jika beruntung Anda juga dapat melihat pemandangan unik yang menarik yakni berupa kerbau-kerbau yang sedang berenang di danau. Danau Panggang berada di kecamatan Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara.

6. Titian Panjang

Titian Panjang Temat wisata di Amuntai Hulu Sungai Utara

Titian Panjang Temat wisata di Amuntai Hulu Sungai Utara – foto wisato.id

Tempat wisata di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara berikutnya yang jug atak kalah menarik untuk dikunjungi adalah titian panjang. Titian panjang adalah titian atau jembatan kayu panjang di atas rawa.

Anda dapat menikmati keindahan alam dari atas rawa saat menyusuri titian panjang ini. Pemandangan alam yang mempesona menjadi daya tarik tempat wisata ini. Berfoto dari atas titian dengan berbagai angle dapat menghasilkan foto yang indah.

Titian panjang ada di Desa Jingah Bujur, Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Tertarik untuk datang? Jangan lupa siapkan perlengkapan foto Anda ya.

Bagaimana, sudah cukup dengan enam wisata di Amuntai ini? Masih ada banyak lokasi wisata yang dapat Anda kunjungi. Pastinya tidak ada habisnya berjalan jalan di tempat- tempat menarik di Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Selamat berpetualang.

 

Leave a Reply