Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara

Makanan Khas Amuntai

Makanan Khas Amuntai Sumber: WordPress.com

Makanan Khas Amuntai – Amuntai merupakan ibukota dari Kabupaten Hulu Sungai Utara yang terdapat di Provinsi Kalimantan Selatan. Mayoritas penduduknya bekerja di bidang agraris seperti bertani, mencari ikan, berkebun, dan beternak.  Kecamatan Amuntai mempunyai sejumlah kuliner mewah yang wajib untuk dicoba.

6 Kuliner dan Makanan Khas Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara

1. Itik Panggang

Kuliner Amuntai

Itik Panggang – Sumber: Tentang Radarindo

Itik panggang selalu disajikan bersama semangkuk sup. Sup ini istimewa karena memiliki cita rasa yang khas dan unik. Dibanding dengan sup yang lain, sup itik panggang memiliki cita rasa asin yang lebih kuat pada kaldu dan daun sopnya. Dan kayu manis pada sup itik panggang lebih terasa bahkan aromanya juga lebih wangi.

Itik panggang ini memiliki lemah tak jenuh, jadi aman dikonsumsi. Hampir di setiap warung makan di Amuntai pasti menyajikan menu itik panggang dengan harga sekitar Rp.50.000,00 per porsi. Meski terbilang cukup mahal tapi sebanding dengan kelezatan yang diberikan.

2. Bebek Goreng Kalijo

Bebek Goreng Kalijo

Bebek Goreng Kalijo, Makanan Khas Amuntai – foto grabfood

Bebek Goreng Kalijo adalah Makanan Khas Amuntai yang tak ketinggalan harus kalian cicipi. Menikmati lezatnya citarasa bebek goreng yang empuk, dilumuri sambal ijo yang khas, rasanya tidak akan mengecewakan. Untuk bisa menikmati bebek goreng kalijo ini Anda bisa datang ke Antasari, Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Baca juga:

Berada di lokasi yang strategis, di sini juga menyediakan area parkir yang luas. Ditambah pelayanan yang memuaskan dan lokasi yang bersih berhasil menjadikan tempat ini sebagai tempat makan favorit Amuntai Tengah. Soal harga jelas relatif terjangkau. Tempat makan bebek goreng kalijo buka jam 09.00 sampai jam 22.00 WITA.

3. Waroeng Steak

Kue Amuntai

Kuliner – Sumber: WordPress.com

Tempat kuliner yang satu ini terletak di Kebun Sari, Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Jam operasional rumah makan buka setiap hari mulai jam 11.00 WITA sampai 22 WITA.

Waroeng Steak dikenal memiliki banyak menu andalan yang siap menggoyang lidah. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Berbagai keunggulan waroeng steak yaitu memiliki tempat yang bersih, nyaman untuk bersantai bersama keluarga atau teman, dan yang pasti memiliki menu steak yang lezat tiada tara.

4. Alua (Manisan Pepaya)

Alua atau lebih akrab disebut dengan manisan pepaya merupakan Makanan Khas Amuntai atau oleh-oleh khas Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara yang wajib dibeli saat berlibur ke tempat ini. Selain harganya yang murah, alua atau manisan pepaya ini memiliki kandungan gizi yang cukup baik.

Manisan Pepaya Amuntai

Manisan Pepaya Amuntai – FOTO suarabandung

Keunikan alua di sini adalah bisa disimpan berbulan-bulan. Alua biasanya ramai dipesan bila tiba musim kawin karena alua ini dapat diolah menjadi berbagai bentuk dan diletakkan berdampingan dengan kue pengantin. Meski begitu Anda bisa membeli alua di pasar.

5. Gula-Gula

Amuntai juga terkenal dengan jajanan gula-gula yang berbentuk bunga, itik dengan anak-anaknya, kapal layar, dan berbagai macam bentuk lainnya. Gula-gula juga ramai dipesan apabila tiba musim kawin. Semakin besar bentuk gula-gula maka semakin lama pula waktu pembuatannya.

Jajanan ini berbahan dasar gula pasir asli. Gula harus dibuat karamel terlebih dahulu. Setelah itu barulah gula-gula bisa dibentuk, dan bentuk harus sudah jadi ketika karamel tersebut masih panas. Harga gula-gula bevariatif tergantung ukuran. Gula-gula memiliki rasa yang cukup manis.

Pengemasan gula-gula yaitu dibungkus rapi dengan kertas sehingga terlihat begitu menarik. Maka tak heran banyak para wisatawan lebih memilih gula-gula ini sebagai alternatif untuk dijadikan oleh-oleh khas Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara.

6. Minuman Sari Sehat Alkarimi

Minuman Herbal

Makanan Khas Amuntai, Minuman Herbal alkarimi – Sumber: Banjarmasin Post

Minuman sari sehat alkarimi adalah minuman herbal berbahan dasar rempah-rempah produksi bapak Aripim. Berbahan dasar jahe merah, hingga saat ini ada lima varian minuman herbal berbentuk serbuk siap saji yang sudah dipasarkan hingga ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.Kelima varian tersebut adalah sari kunyit putih, sari temulawak, sari jahe, sari kunyit kuning, dan sari kencur. Cara pembuatan minuman di awali dengan mengaduk ramuan cair yang ada di dua wajan besar di atas dua tungku kompor gas dengan nyala api yang biru. Selanjutnya ramuan tersebut di beri gula secukupnya dan tunggu hingga matang.

Pada pertengahan tahun 2012 minuman herbal ini berhasil memenuhi persyaratan sebagai home industri. Hal ini berarti minuman sari sehat alkarimi resmi terdaftar dan berlabel halal. Minuman sari sehat alkarimi bisa ditemukan dalam beberapa ajang pameran baik di level provinsi maupun nasional.

Leave a Reply