City Tour, Kuliner

6 Tempat Kuliner Makanan Khas Muara Bungo Jambi

Takik Beruk, Makanan Khas Muara Bungo

Takik Beruk, Makanan Khas Muara Bungo -Sumber: Dinas Kebudayaan, Kemendikbud

Makanan Khas Muara Bungo – Muara Bungo merupakan salah satu kota yang ada di kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Kota Muara Bungo menarik untuk dikunjungi. Selain banyak berbagai wisata alam dan wisata budaya, di kota ini juga kita dapat menikmati kuliner-kuliner khas di kabupaten ini.

Kabupaten Bungo adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi, Indonesia. Kabupaten ini berasal dari hasil pemekaran Kabupaten Bungo Tebo pada tanggal 12 Oktober 1999. Suku Melayu adalah penduduk asli Kabupaten Bungo, mereka menetap di sepanjang aliran sungai yang ada di Kabupaten Bungo.

Luas wilayahnya 4.659 km² (9,80% dari luas Provinsi Jambi) dengan populasi 303.135 jiwa. Yuk Intip rekomendasi kuliner dan Makanan Khas Muara Bungo Jambi berikut ini :

1. Sate Mak Upik

Sate Mak Upik, Makanan Khas Muara Bungo

Sate Mak Upik, Makanan Khas Muara Bungo – Sumber: Youtube, Ulfa Kiray

Penggemar kuliner pedas wajib mampir di warung sate milik Mak Upik. Sate Mak Upik terkenal sebagai Makanan Khas Muara Bungo yang wajib dicicpi karena selain sangat pedas juga karna enak dan murah.

Bumbu sate Mak Upik tidak dicampur merica, melainkan ditambah dengan cabai rawit. Untuk mendapatkan bumbu sate yang pedas, Mak Upik menambahkan sekitar 1kg cabai rawit ke dalam panci besar tempat bumbu. Jika terlalu pedas, kamu juga bisa meminta bumbu kacang yang manis untuk mengurasi sensasi pedas.

Sate Mak Upik terletak di belakang Pasar Atas Muara Bungo. Letak tempat Mak Upik Berjualan berada di tengah-tengah pasa tradisional, tetapi mudah dikenali karena dekat dengan jalan masuk.

Untuk mencicipi sensasi pedas sate ini, kamu harus rela mengantri dari pagi karena biasanya pada siang hari sate akan habis diserbu pelanggan. Satu porsi sate ayam di warung ini seharga Rp14.000 dan satu porsi sate daging sapi seharga Rp15.000.

Baca Juga : 

2. Rumah Makan Koto Rajo

Rumah Makan Koto Rajo, tempat Makanan Khas Muara Bungo

Rumah Makan Koto Rajo, tempat Makanan Khas Muara Bungo – Sumber: Google Map, Agus Mon

Saat mengunjungi suatu tempat, kita pasti ingin mencicipi masakan otentik daerah tersebut. Salah satu tempat Makanan Khas Muara Bungo yang menyediakan kuliner khas daerah tersebut adalah Rumah Makan Koto Rajo.

Di rumah makan ini, terdapat beberapa kuliner khas dengan menu a la rumahan Muara Bungo. Kamu bisa mencicipi sambal tumis yang dicampur dengan daun katuk dan terong.

Rumah makan ini juga menyediakan ikan yang dimasak gulai kuning dan ikan tempoyak yang merupakan kuliner khas dari Provinsi Jambi.

Menu lain yang tersedia setiap hari lainnya antara lain sambal kabau dan sambal cabai hijau. Bahan masakan di rumah makan ini selalu segar setiap hari dan tanpa bumbu buatan. Rumakan Makan Koto Rajo terletak di Jalan Rang Kayo Hitam, Bungo Timur.

3. Rumah Makan Seafood Dua Nelayan

Rumah makan seafood Dua Nelayan juga menjadi salah satu tempat Makanan Khas Muara Bungo yang sering dikunjungi wisatawan. menyajikan berbagai macam tangkapan laut.

Aneka menunnya berupa masakan dengan bumbu bakar, asam pedas, atau digoreng. Selain seafood, rumah makan ini juga menyediakan pilihan untuk makan sayur seperti tumis kangkung dan capcai.

Jika sedang tidak ingin makan seafood, pelanggan juga bisa memilih menu yang terbuat dari ayam. Beberapa masakan juga ada yang dimasak pedas. Kalau kamu tidak tahan pedas, kamu dapat meminta untuk mengurangi level pedas makanan pesananmu.

Rumah makan ini berada di Jl. Bassaruddin, Bungo Timur. Harga makanan di warung ini mulai dari Rp10.000/ons – Rp50.000/ons untuk aneka seafood.

4. Buffet Taragak Salero

6 Tempat Kuliner Makanan Khas Muara Bungo Jambi 2

Kuliner Taragak Salero – Sumber: Facebook Taragak Salero

Buffet Targak Salero menyediakan berbagai macam kuliner dengan harga terjangkau. Jika kamu ingin sekadar nongkrong atau menghabiskan waktu bersama teman-temanmu, tempat makan di Kota Muara Bungo ini bisa menjadi pilihan.

Menu makanan yang ditawarkan beragam mulai dari martabak India, roti cane, teh telur, kopi telur, aneka masakan mie dan bihun, serta nasi sop. Taragak Salero memiliki dua cabang yaitu di Jalan Pramuka No.1 Pasar Bawah dan di Jalan Prof. Sri Sudewi, Kota Muara Bungo. Dengan harga mulai dari Rp10.000, kamu bisa mencicipi aneka kuliner di restoran ini.

Baca juga: 

5. Warung Kopi Sulita

Warkop Sulita, tempat Makanan Khas Muara Bungo

Warkop Sulita, tempat Makanan Khas Muara Bungo – Sumber: Google Map, Markus Sanarko

Mencari tempat sarapan di Kota Muara Bungo? Warung Kopi Sulita bisa menjadi pilihanmu. Warung kopi ini dari depan tampak seperti rumah biasa dan tampak sederhana.

Berbagai kuliner khas Muara Bungo yang disajikan antara lain teh telur, kopi telur, ketan rendang, bubur kacang hijau, hingga soto padang. Harga di warung makan ini juga terjangkau.

Warung kopi Sulita terkenal sebagai tempat sarapan karena warung ini mulai buka pukul 5 pagi setiap hari dan baru tutup pukul 11 malam. Untuk mencicipi kuliner yang terkenal di Muara Bungo ini, kamu bisa mampir di Jalan Prof. Moh. Yamin, Muara Bungo.

6. Takik Beruk, Makanan Khas Muara Bungo

Takik Beruk, Makanan Khas Muara Bungo

Takik Beruk, Makanan Khas Muara Bungo -Sumber: Dinas Kebudayaan, Kemendikbud

Takik Beruk adalah nama kuliner khas Muara Bungo atau Makanan Khas Muara Bungo yang berupa jajanan. Makanan ini berbentuk seperti cangkir, oleh karena sebutan lain dari makanan ini adalah cawan beruk atau cangkir monyet.

Kuliner ini menjadi khas di Muara Bungo karena berbentuk cawan yang berasal dari tanaman kantung semar. Tanaman ini didapat di sekitar rawa-rawa atau di Sungai Arang.

Isi jajanan takik beruk beragam mulai dari olahan tepung dengan pandan dan selai srikaya hingga ubi dengan gula merah. Kuliner khas Muara Bungo ini disajikan saat perayaan atau pesta tertentu seperti hari raya, Maulud Nabi, Isra’ Mi’raj dan upacara pernikahan.

 

Leave a Reply