Tari Adat, Budaya, Pengetahuan

Asal-usul dan Sejarah Tari Bidadari Teminang Anak

Tari Bidadari Teminang Anak

Tari Bidadari Teminang Anak - Sumber : Netralnews.com

Tari Bidadari Teminang Anak – Dalam perjalanannya, setiap daerah di Indonesia sejak jaman dahulu memang banyak sekali melahirkan budaya tarian yang biasa digunakan untuk kepentingan-kepentingan tertentu seperti penyambutan tamu ataupun sebagai bagaian dari rangkaian acara sebuah upacara adat. Begitu juga halnya dengan daerah Bengkulu di sebelah barat pantai Sumatera yang mempunyai beberapa tarian-tarian tradisional yang khas, salah satunya adalah Tari Bidadari Teminang Anak.

Tari Bidadari Teminang Anak merupakan tarian tradisional yang berasal dari Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Tarian ini kerap dipentaskan pada berbagai macama acara seperti penyambutan tamu penting, upacara perkawinan dan berbagai acara lainnya.

Tentang Tari Bidadari Teminang Anak

Tentang Tari Bidadari Teminang Anak

Tari Bidadari Teminang Anak Sumber : www.pandri-16.blogspot.com/

Tari Bidadari Teminang Anak atau dalam bahasa Bengkulu juga disebut Bidadei Teminang adalah sebuah tarian yang menggambarkan seorang bidadari cantik yang turun dari langit dan menuju bumi untuk meminang seorang anak.

Tarian ini biasa dilakukan oleh beberapa orang perempuan, dengan salah satunya mengenakan kostum yang berbeda. Penari dengan kostum yang berbeda itu adalah gambaran seorang anak dari bumi yang diangkat sebagai anak oleh bidadari.

Seperti halnya tarian-tarian tradisional di Indonesia yang penuh akan makna dan filosofi, Tari Bidadari Teminang anak pun juga memiliki makna yang tersirat di dalamnya, yaitu sebuah keberkahan yang datang dari langit pada manusia di bumi.

Kostum dan Properti pada Tari Bidadari Teminang Anak

Kostum dan Properti Tari Bidadari Teminang Anak

Sumber : Netralnews.com

Pada tari Bidadari Teminang Anak ini para penari menggunakan kostum berupa pakaian khas wanita bengkulu dengan dilengkapi selendang. Selain itu para penari juga mengenakan hiasan di bagian kepala. Biasanya dalam Tari Bidadari Teminang Anak para penarinya menggunakan kostum dengan warna-warna yang cerah.

Baca juga ya : 

Par penari Tari Bidadari Teminang Anak juga akan dilengkapi aksesoris yang beragam. Keramaian yang terlihat pada kostum para penari tarian Bidadari Teminang Anak ini sebenarnya adalah gambaran kekayaan serta karakter yang dimiliki oleh Rejang Lebong.

Pertunjukkan Tari Bidadari Teminang Anak

Tari Bidadari Teminang Anak

Tari Bidadari Teminang Anak – Sumber : Ujiansma.com

Pada pertunjukkanya, Tari Bidadari Teminang anak biasa dilakukan oleh 8 hingga 16 orang penari. Dalam variasinya, pada Tari Bidadari Teminang Anak juga tak jarang menggunakan penari pria yang berperan sebagi pengiring yang berada dibaris belakang dari penari perempuan.

Gerakan dan Iringan Musik Pada Tari Bidadari Teminang Anak

Tari Bidadari Teminang Anak

Sumber : Taritradisionalbengkulu.blogspot.com

Gerakan yang disajikan dalam pertunjukkan Tari Bidadari Teminang Anak sangatlah dinamis harmonis dan ritmis antara satu penari dengan penari lainnya. Namun seiring perkembangan jaman, gerakan pada Tari Bidadari Teminang Anak ini juga mengalami perkembangan agar terlihat lebih menarik. Namun meski begitu penambahan gerak ini tidak menenggelamkan gerakan lama dan tetap sesuai dengan makna awal tarian ini.

Untuk iringan musiknya, Tari Bidadari Teminang Anak menggunakan iringan musik khas Daerah Rejang Lebong. Sama seperti gerakan tarinya, seiring perkembangan waktu iringan musik dalam Tari Bidadari Teminang Anak pun juga mengalami perkembangan dan penambahan, sehingga menjadi suasana saat pertunjukkan tari menjadi semakin meriah.

Perkembangan Tari Bidadari Teminang Anak

Tari Bidadari Teminang Anak

Gerakan Tari Bidadari Teminang Anak – Sumber : Ummayustika.blogspot.com

Dalam perkembangannya, hingga kini Tari Bidadari Teminang Anak masing dilestarikan dengan baik di daerah Provinsi Bengkulu. Tari Bidadari Teminang Anak sering kali disajikan dalam berbagai macam acara seperti penyambutan tamu, upacara adat, resepsi pernikahan ataupun di acara pentas seni.

Selain itu agar tarian ini tetap lestari, tak sedikit juga sekolah-sekolah dan juga sanggar tari di provinsi Bengkulu mengajarkan Tari Bidadari Teminang Anak kepada para murid-muridnya. Dengan begitu harapannya mereka akan menjadi penerus yang akan menjaga dan memperkenalkan Tari Bidadari Teminang Anak di masa mendatang.

***

Itulah tadi informasi mengenai Tari Bidadari Teminang Anak dari Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Sebagai bangsa Indonesia tentu saja menjadi sebuah kewajiban bagi kita semua untuk mempelajari dan merawat Budaya yang dimiliki oleh nusantara, salah satunya adalah Tari Bidadari Teminang Anak ini.

Selain itu makna dan filosofi yang tertanam di dalam Tari Bidadari Teminang Anak ini tentang keberkahan di bumi juga sangat baik sebagai pengingat bagi kita untuk selalu mensyukuri keberkahan yang diberikan oleh alam.

Leave a Reply