Tari Adat

Tari Patutudu

tarian patutudu

tarian patutudu - Foto dictio.id

Tari Patutudu – Kita tahu bahwa Indonesia adalah suatu negara yang kaya. Di mana kekayaan yang di miliki Indonesia itu sangat kaya dan juga unik. Adapun salah satu kekayaan yang di miliki Indonesia yang sangat terkenal adalah kekayaan sumber daya. Namun rupanya di sini tak hanya itu sebab Indonesia itu sendiri juga kaya akan wilayah.

Tentu di dalam wilayah itu sendiri memiliki beraneka macam jenis budaya. Salah satu jenis unsur dari penyusun budaya adalah tari. Biasanya tari itu di tampilkan pada acara adat atau juga pada acara penyambutan tamu. Tentu dari masing masing tarian itu mempunyai Gerakan, makna, dan juga lagu yang berbeda.

Salah satu jenis tarian yang adat di Indonesia adalah tari patutudu. Mungkin bagi banyak  orang nama tarian itu terasa sedikit asing. Anda penasaran kan? Buat anda yang megaimana rasa penasaran dan ingin tahu seperti apa dan bagaimana tari Patutudu itu. nah maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda tentang tari patutudu.

Apa sih Tari Patutudu ?

Image result for tari patuddu

tari patutudu- negerikuindonesia.com

Tari Patuddu adalah salah satu jenis tarian tradisional yang berasal dari Sulawesi Barat. Tarian ini biasanya di bawakan dan di tarikan oleh para penari wanita. Adapun tarian ini di tampilkan dengan gerakannya yang lemah gemulai dan menggunakan kipas sebagai alat menarinya.

Tari Patuddu merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di Sulawesi Barat dan sering ditampilkan di berbagai acara seperti acara penyambutan, pertunjukan seni, dan festival budaya.

Sejarah dari Tari Patutudu

Image result for tari patuddu

tari patutudu- negerikuindonesia.com

Sama seperti tarian lain pada umumnya yang juga mempunyai sejarah dalam munculnya tarian itu. demikian juga dengan tarian patutudu ini juga memiliki sejarah tertentu. Adapun sejarah dari kemunculan dari patutudu ini yaitu adalah:

Tari Patuddu dulunya ditampilkan untuk menyambut para prajurit yang pulang dari medan perang. Menurut sejarahnya, pada zaman dahulu di daerah Sulawesi Barat pernah terjadi peperangan antara Kerajaan Balanipa dan Passokorang. Sepulangnya dari perang, Kerajaan Balanipa mempunyai caranya tersendiri untuk menyambut para pasukan yang pulang dari medan perang tersebut, salah satunya dengan menampilkan Tari Patuddu ini.

Baca juga :

Selain sebagai wujud penghormatan untuk para pahlawan, tarian ini digunakan untuk hiburan bagi para pasukan. Seiring dengan berakhirnya peperangan, Tari Patuddu ini kemudian lebih difungsikan sebagai tarian penyambutan Raja maupun para tamu penting yang datang ke sana. Hal tersebut berlanjut dan menjadi tradisi masyarakat Mandar hingga sekarang.

Fungsi dan manfaat dari tarian patutudu

Setiap tarian tentu mempunyai makna dan juga fungsi tertentu. Begitu pula dengan tarian patutudu  yang juga mempunyai makna. Adapun di fungsi dan juga manfaat dari  tarian patutudu yaitu adalah.

Tari Patuddu merupakan salah satu jenis tarian yang lebih bersifat tarian penyambutan atau hiburan. Adapun tarian patutudu ini sering di tampilkan atau di tarikan untuk acara penyambutan tamu terhormat maupun tamu kenegaraan.

tarian patutudu

tarian patutudu – Foto dictio.id

Tarian  patutudu  ini adalah jenis tarian yang di maknai sebagai ungkapan rasa syukur dan gembira atas kedatangan para tamu. Hal tersebut terlihat dari senyum dan ekspresi para penari saat menari. Selain itu gerakannya yang lemah lembut menggambarkan sifat wanita yang suci dan penuh kasih.

Musik yang di pakai sebagai pengiring Tari Patuddu

Dalam pertunjukan Tari Patuddu biasanya diiringi dengan iringan musik tradisional seperti Genderang dan Gong.

 

Leave a Reply