6 Kuliner dan Makanan Khas Lewoleba Lembata - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Lewoleba Lembata

Kuliner dan Makanan Khas Lewoleba Lembata

Lori, Kuliner dan Makanan Khas Lewoleba Lembata

Makanan Khas Lewoleba Lembata – Salah satu surga tersembunyi yang dekat dengan kita berada di Indonesia tepatnya di belahan Indonesia Timur adalah di Lewoleba Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur. Penduduk Lewoleba sendiri mayoritas berprofesi sebagai nelayan karena kota ini berada dekat dengan laut dan memiliki Pelabuhan Lewoleba yang digunakan banyak kapal penumpang dan komersial untuk bersandar.

Lewoleba memiliki kekayaan alam yang indah, wisata bawah laut yang menawan sampai dengan kekayaan kulinernya yang menggoda selera.

Apa saja makanan khas dari daerah yang didiami oleh penduduk asli suku Flores ini? Berikut ini adalah 6 Kuliner dan Makanan Khas Lewoleba Lembata.

1. Lori, Makanan Khas Lewoleba Lembata

Makanan ini biasanya disajikan dalam perayaan adat.  Perayaan adat ini bisa berupa acara pernikahan, saat salah satu penduduk membangun rumah atau perayaan lainnya.

Kuliner dan Makanan Khas Lewoleba Lembata

Lori, Kuliner dan Makanan Khas Lewoleba Lembata

Karena filosofi makanan ini adalah untuk perayaan maka kebahagiaan dan harapan dari perayaan itu tercermin dari menu yang satu ini dengan banyaknya komponen makanan yang dapat kalian temukan.

Bahan makanan yang ada di menu ini terdiri dari pepaya, kelapa parut, jantung pisang, lalu ada juga bahan ikan seperti ikan kembung lalu gurita. Dilengkapi bumbu-bumbu bawang merah, bawang putih, dan daging yang sudah dihaluskan.

Sedangkan media untuk memasak Lori menggunakan batang bambu atau batang pisang. Gunanya batang bambu dan pisang ini adalah untuk menaruh bahan masakan yang sudah diolah lalu dibakar selama dua jam.

Baca Juga ya : Kuliner dan Makanan Khas Larantuka Flores Timur

2. Seafood Asam Manis Khas Lembata

6 Kuliner dan Makanan Khas Lewoleba Lembata 3

Seafood Asam Manis Lewoleba – Foto: instagram @hastuti_siti32

Karena Lewoleba adalah kota pelabuhan maka sudah barang tentu akan mudah sekali ditemukannya bahan baku makanan dari hasil tangkapan laut. Kekayaan pangan laut yang bisa ditemukan disini antara lain berbagai jenis ikan laut, gurita, cumi, sampai kerang dan udang.

Seafood di daerah Lewoleba banyak sekali variasinya, bisa menggunakan kerangnya saja, udang saja, atau bahkan bisa dicampur. Nah pada list ini kita bahas seafood secara umum ya.  Karena bahan bakunya bisa disesuaikan sesuai keinginan.

Seafood asam manis ini menggunakan bahan dasar olahan hasil laut yang dicampur atau disiram dengan bumbu asam manis berwarna kemerahan yang pastinya menggugah selera kalian.

Makanan ini mudah ditemui di rumah makan yang tersebar di daerah Lewoleba. Harga per porsinya mulai dari sekitar Rp. 20.000 saja.

3. Ikan Kuru Bakar, Makanan Khas Lewoleba Lembata yang lezat

Makanan Khas Lewoleba Lembata

Ikan Kuru Bakar Khas Lembata – Foto: instagram@lembatawonderful

Masih mengenai makanan olahan hasil laut, kali ini ada menu yang disebut ikan kuru bakar. Bagi orang awam mungkin lebih mengenal ikan kuro. Ikan jenis ini biasa hidup bergerombol di dalam lautan.

Ikan Kuru adalah salah satu tangkapan utama nelayan. Cara menangkap ikan ini bisa dengan dipancing atau menggunakan jala lalu dijual di pasar Lewoleba.

Untuk seporsi ikan bakar ini cukup dengan Rp.25.000 saja sudah dipastikan kalian bakal kenyang dengan lidah bergoyang.

4. Rumpu Rampe

6 Kuliner dan Makanan Khas Lewoleba Lembata 4

Rumpu Rampe – Foto: Instagram@sansanaq

Selain makanan dengan bahan baku hasil laut, di daerah Kabupaten Lembata juga banyak ditemui makanan dengan bahan baku hasil tanah. Di daerah ini banyak tumbuh pohon pepaya, singkong, berbagai jenis umbi-umbian dan banyak lagi.

Leave a Reply