Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

6 Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Foto:mytrip123.com

6 Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Foto:mytrip123.com

Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Sikaping  – Kecamatan Lubuk Sikaping adalah sebuah kecamatan sekaligus menjadi ibu kota dari Kabupaten Pasaman di Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Daerah ini juga kaya akan kuliner dan juga wisata lainnya yang bisa kalian coba dan kunjungi jika kalian berkunjung ke daerah Lubuk Sikaping ini.

Kuliner Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Berikut 6 Kuliner Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman yang wajib kalian cicipi:

  1. Ikan Bakar Lubuk Sikaping

Kuliner Ikan Bakar Khas Lubuk Sikaping Foto:kulinerpku.co.id

Kuliner Ikan Bakar Khas Lubuk Sikaping Foto:kulinerpku.co.id

Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman yang pertama adalah Ikan Bakar. Ikan bakar yang disajikan sebagai hidangannya yaitu ikan mas atau ikan nila yang banyak terdapat di kolam atau di sungai yang ada di daerah tersebut.

Ikan ini memiliki rasa yang menonjol yaitu rasa kunyit, dan di bumbui dengan berbagai macam bumbu rempah yang semakin menambah cita rasanya. Ikan bakar ini juga disajikan dengan tambahan sambal pedas dan juga nasi panas yang semakin menambah dan membuat makan kita semakin nikmat.

Untuk kalian yang ingin mencoba kuliner makanan Ikan Bakar khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman,1 porsinya hanya dibanderol dengan harga 20.000 rupiah saja dan sudah termasuk dengan nasinya.

  1. Kue Pare Lubuk Sikaping

Kuliner Kue Pare Khas Lubuk Sikaping Foto:inews.id

Kuliner Kue Pare Khas Lubuk Sikaping Foto:inews.id

Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman  yang ke 2 adalah Kue Pare. Kue Pare memiliki bentuk unik mirip sayur pare, berwarna hijau dan bergelombang. Kue Pare dibuat dengan bahan dasar dari tepung beras, gula merah, parutan kelapa dan pandan . Kue Pare memiliki rasa yang enak, legit dengan isian kelapa parut bercampur gula merah.

Lihat Juga :

Dikalangan masyarakat Banjar, Kue Pare disebut dengan Wadai(Kue)Pare, Papare atau Papari. Kue Pare cocok untuk disajikan kapan saja dan biasa digunakan sebagai cemilan. Untuk kalian yang ingin mencoba kuliner makanan Kue Pare khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, dijual dengan harga berkisar 10.000 rupiah saja.

  1. Bakso Kelapa Makanan Unik dari Lubuk Sikaping

Kuliner Bakso Kelapa Khas Lubuk Sikaping Foto:ksmtour.com

Kuliner Bakso Kelapa Khas Lubuk Sikaping Foto:ksmtour.com

Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman  yang ke 3 adalah Bakso Kelapa. Bakso Kelapa ini sama halnya dengan bakso pada umumnya tetapi yang membedakannya yaitu wadahnya di ganti dengan kelapa muda, bakso ini memiliki rasa yang manis karena daging kelapa mudanya menyatu dengan bakso tersebut.

Sementara itu air kepala muda di tempatkan terpisah dan bisa di minum sebagai pengganti air putih. Karena rasa yang berbeda dan bentuknya yang unik membuat orang semakin  penasaran dan rame untuk mencobanya. Anda bisa menikmatinya sambil duduk di tepian laut sambil menikmati angin laut yang sejuk.

Untuk kalian yang ingin mencoba kuliner makanan Bakso Kelapa khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, dijual dengan harga 35.000 rupiah untuk bakso Kelapa sapi dan 38.000 rupiah untuk bakso Kelapa ikan.

  1. Sala Lauak Makanan Khas Lubuk Sikaping

Sala Lauak kuliner khas Lubuk Sikaping Foto:tastemade.com

Sala Lauak kuliner khas Lubuk Sikaping Foto:tastemade.com

Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman  selanjutnya adalah Sala Lauak. Sala lauak yaitu gorengan yang berbentuk bulat yang terbuat dari ikan asin yang dihaluskan dan dicampur dengan adonan tepung beras dan di tambah dengan bawang putih.

Sala lauak ini memiliki tekstur yang sedikit keras dan bagian dalam yang agak lebih lunak. Sala lauak biasanya disajikan dengan hidangan pelengkap ketika anda sarapan.  Biasanya orang mensajikan sala lauak ini dengan ketupat gulai yang semakin membuat rasanya semakin nikmat.

Untuk kalian yang ingin mencoba kuliner makanan Sala Lauak khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, dijual dengan harga berkisar 15.000-20.000 rupiah saja.

  1. Kipang Pulut Bonjol Ita Lubuk Sikaping

Kipang Pulut Bonjol Ita kuliner khas Lubuk Sikaping Foto:centangbiru.com

Kipang Pulut Bonjol Ita kuliner khas Lubuk Sikaping Foto:centangbiru.com

Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman  berikutnya adalah Kipang Pulut Bonjol Ita. Makanan ini memiliki rasa tersendiri dan harga jual kipang ini juga tidak mahal.

Kipang pulut bonjol ita ini adalah salah satu produk unggulan kota pasaman dan juga sudah ada dukungan dari pemko setempat. Kipang Pulut Bonjol Ita terbuat dari bahan ketan dan gula aren.

Untuk kalian yang ingin mencoba kuliner makanan Kipang Pulut Bonjol Ita khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman,dijual dengan harga berkisar 22.000-26.000 rupiah saja.

6. Sayur Gulai Singkong Khas Lubuk Sikaping

Kuliner Sayur Gulai Singkong khas Lubuk Sikaping Foto:resepkoki.id

Sayur Gulai Singkong khas Lubuk Sikaping Foto:resepkoki.id

Kuliner dan Makanan Khas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman  yang terakhir ada Sayur Gulai Singkong. Sayur Gulai Singkong adalah sayuran yang berbahan dasar utama daun singkong , ditambahkan dengan bumbu rempah-rempah yang kuat. Sayur Gulai Singkong memiliki rasa yang gurih , hampir sama dengan gulai pada umumnya yang membedakan hanya rempah-rempah yang digunakan Sayur Gulai Singkong lebih kuat.

**

Sumber: lancangkuning.com, covesia.com, kelanakecil.com

 

 

Leave a Reply