Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya

Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya

Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya - phinemo.com

Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya – Dikenal sebagai sebuah kabupaten baru di Provinsi Aceh, Kabupaten Nagan Raya seakan menawarkan hal baru yang belum diketahui banyak orang. Tentu saja hal tersebut akan mengundang banyak rasa penasaran. Mulai dari, ada apa di sana? Bagaimana budaya dan masyarakatnya?

Lalu, seperti apa kuliner khas dan bagaimana rasanya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut kerap terlontar dari benak wisatawan yang gemar untuk berkeliling Indonesia untuk menikmati segala pesona yang ditawarkan.

Kabupaten Nagan Raya merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat di tahun 2002. Menurut catatan pembangunan Provinsi Aceh, kabupaten ini merupakan salah satu yang memiliki perkembangan yang sangat pesat.

Peta kabupaten Nagan Raya

Peta kabupaten Nagan Raya – foto wikipedia

Salah satu alasan dari pesatnya perkembangan Kabupaten Nagan Raya berkat kehadiran perkebunan sawit. Sawit menjadi komoditas utama yang diimpor dari kawasan ini. Selain itu masyarakatnya juga mengandalkan keberadaan perkebunan sebagai mata pencaharian mereka.

Pusat pemerintahan Kabupaten Nagan Raya berada di Suka Makmue. Lokasi Kecamatan Suka Makmue ini berjarak 287 kilometer dari Banda Aceh atau menghabiskan waktu 6 jam perjalanan.

Jika Anda baru pertama kali ingin mengunjungi dan mengeksplorasi Kabupaten Nagan Raya sebagai itinerary wisata Anda, ada baiknya untuk singgah sejenak, sekitar 2-3 hari di Suka Makmue. Sebagai kawasan pusat, Suka Makmue menawarkan banyak keragaman yang tersebar di Kabupaten Nagan Raya, terutama kulinernya.

Daftar makanan khas di Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya

Kota Suka Makmue

Kota Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya – foto youtube Harry Scout Picture

Di Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, Anda akan dapat menemukan kuliner khas yang biasa ditemukan di tempat-tempat lain di Pronvisi Aceh. Hal ini terjadi karena di Nagan Raya banyak dihuni oleh orang-orang keturunan Kerajaan Pedir. Sehingga cita rasa otentik Tanah Rencong bisa Anda nikmati di sini.

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk menemukan makanan khas yang sedikit berbeda. Berada di dekat kawasan pesisir Pantai Barat Aceh, tentu sajian khas laut menjadi primadona di Suka Makmue.

1. Gulai Ikan Lele

Eungkot Limbek , Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya

Eungkot Limbek , Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya – tastemade.com

Gulai ikan lele atau yang lebih dikenal dengan nama Eungkot Limbek oleh warga setempat merupakan salah satu Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya yang perlu Anda coba. Gulai ikan lele ini sudah terkenal jadi primadona bahkan di kalangan wisatawan.

Rumah makan yang menyediakan menu ini biasanya berada di dekat kawasan Bandara Cut Nyak Dhien, sehingga orang yang datang dan pergi dari Nagan Raya, akan sangat mudah untuk mendapatkannya. Anda pun juga dapat menemukan restoran di Suka Makmue yang menawarkan sajian khas ini.

2. Mie Kerang

Mie Kerang, Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya

Mie Kerang, Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya – historicalwaktu.blogspot.com

Sebagaimana yang telah diinfokan sebelumnya. Kabupaten Nagan Raya masuk ke dalam kawasan pesisir pantai. Oleh karena itu, hidangan berbasis makanan laut akan sering banyak ditemukan di sini. Begitu pula di Suka Makmue. Salah satu Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya dengan bahan makanan laut yang otentik adalah Mie Kerang.

Secara presentasi, makanan ini mirip dengan mie Aceh yang banyak ditemui di berbagai daerah. Namun untuk kuliner ini, keranglah yang menjadi topping utamanya. Cita rasa Tanah Rencong yang khas, seperti paduan bumbu kapulaga, jahe, dan rempah khas Aceh lainnya.

3. Seunicah Oen

Seunicah Oen, Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya

Seunicah Oen, Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya – aksi.id

Makanan ini baru-baru saja terkenal dan sangat diminati sebagai salah satu hidangan wajib buka puasa di Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya. Seunicah Oen atau rujak daun merupakan kuliner khas atau Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya yang hanya tersedia di saat bulan Ramadhan.

Dalam komposisi hidangannya, Seunicah Oen ini berisi dari daun-daun sayuran serta tanaman obat yang tumbuh di hutan atau perkebunan sekitar. Untuk memberikan rasa yang lebih segar, biasanya makanan ini disajikan dengan bumbu dari kelapa gongseng, serai dan cabe rawit yang diolah secara bersamaan.

4. Ikan Asin

6 Kuliner dan Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya 2

Sayur ikan Asin – detik.com

Mungkin ada di benak Anda, apa menariknya ikan asin sebagai kuliner khas di Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya? Namun, tahukah Anda jika, kabupaten ini merupakan produsen terbesar ikan asin di seluruh Sumatera?

Memiliki hasil nelayan yang sangat baik, jika Anda berkunjung ke sana, pastikan untuk membawa pulang ikan asin khas daerah tersebut sebagai oleh-oleh untuk dibagikan kepada seluruh anggota rumah. Jadi jangan heran jika banyak Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya  yang berbahan dasar dari ikan asin.

5. Kuah Beulangoeng

Beulangeoeng , Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya

Beulangeoeng , Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya – tripzilla.id

Kari merupakan makanan khas Aceh yang tidak bisa dipungkiri ketenarannya sudah terasa di seluruh penjuru Nusantara. Namun bagaimana kalau kari dari kuliner khas ini dibuat tanpa santan? Inilah Kuah Beulangoeng. Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya yang punya cita rasa yang cukup unik.

Makanan ini dinamakan Beulangeoeng karena cara memasaknya langsung di atas wajan yang sangat besar atau belanga. Biasanya sajian kari ini berisikan daging kambing yang sangat empuk dan gurih. Sajian ini juga terkenal untuk dihidangkan pada saat musim tanam padi tiba.

6. Gulai Bebek

Gulai Bebek, Makanan Khas di Suka Makmue Nagan Raya

Gulai bebek  Рsajiansedap.grid.id

Di Suka Makmue, Kabupaten Nagan atau di seluruh provinsi Aceh, hidangan gulai bebek dikenal dengan nama Pasak Tilu. Dalam proses memasaknya, biasanya bebek yang dipilih adalah bebek yang masih berumur muda namun bukan yang masih dalam bentuk itik. Rasa gurih dan cita rasa khas Tanah Rencong akan sangat terasa berkat paduan bumbunya yang khas.

Leave a Reply