Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Tabanan Bali

Makanan Khas Tabanan Bali

Makanan Khas Tabanan Bali

Makanan Khas Tabanan Bali– Bali bisa dibilang adalah tempat liburan favorit Indonesia dan Internasional bagi bahkan artis Indonesia dan artis luar negeri menjadikan Bali tempat liburannya. Memang tidak dapat dipungkiri, Bali memiliki pesona alam yang indah baik pantai maupun pegunungannya.

Salah satu lokasi favorit bagi traveler jika berkunjung ke Bali adalah Tabanan selain Denpasar. Di Tabanan banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Kami juga pernah membahas artikel tempat-tempat wisata favorit di Tabanan Bali. Memang jika berlibur ke Tabanan kita akan merasakan sensasi liburan yang luar biasa, stress dan kepenatan aktivitas sehari-hari biasa yang kita lakukan akan hilang. Dan setelah liburan dari Tabanan akan menjadi lebih fresh.

Banyak hal yang bisa dilakukan saat berlibur di Tabanan mulai dari menikmati pemandangan alam dan mengeksplorasi kebudayaan lokal, sampai dengan dapat mencicipi makanan khas Tabanan. Banyak makanan di Tabanan yang diwariskan secara turun- menurun menyimpan cita rasa yang sangat khas dan enak. Ciri khas dari makanan di Bali adalah rempah-rempahnya.

Kuliner dan Makanan Khas Tabanan Bali

Rempah-rempah dari masakan Bali begitu sangat berani sehingga memang miliki keunikan yang membuat makanan menjadi sangat enak dan membuat ketagihan. Melalui artikel ini kami akan merekomendasikan makanan apa saja yang wajib kalian coba ketika liburan ke Tabanan.

1. Lawar Kuwir, Makanan Khas Tabanan Bali

Lawar Kuwir Kuliner dan Makanan Khas Tabanan Bali

Lawar Kuwir, Kuliner dan Makanan Khas Tabanan Bali – foto liburanbali.net/

Lawar Kuwir salah satu Makanan Khas Tabanan Bali yang tentunya kalian wajib coba karena memiliki rasa yang sangat enak dan khas karena diolah dengan bumbu khas Bali dengan campuran sayur-sayuran dan daging cincang diolah menjadi satu.

Untuk sebutan Lawar jika dicampur dengan daging babi dan sebutan Kuwir jika dicampur dengan daging entog. Sayur yang dipakai biasanya kacang panjang dan parutan kelapa yang dilumuri bumbu khas Bali.

Lawar Kuwir biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dengan sate lilit, kacang tanah, suwiran ayam betutu, dan jukut ares atau sayur batang pisang. Harga untuk menikmati Lawar Kuwir tidak menguras kantong. Rekomendasi tempat makan Lawar Kuwir di Tabanan Bali di Warung Lawar Kuwir Men Koko atau di Warung Lawar Kuwir Bu Wit.

2. Entil, Makanan Khas Tabanan Bali yang gurih

Entil Kuliner dan Makanan Khas Tabanan Bali

Entil,Makanan Khas Tabanan Bali – foto bali.idntimes.com

Entil adalah ketupat tradisional khas Tabanan. Entil banyak ditemukan pada warung makan di Tabanan. Namun daun yang digunakan untuk membungkus Entil adalah daun Tengilidi. Daun tersebut membuat Entil memiliki rasa yang lebih enak dan khas karena zat hijau pada daun tersebut akan meresap ketika direbus.

Entil terbuat dari beras yang direbus selama hampir 2 atau 3 jam. Jika direbus lebih lama maka akan semakin awet. Dalam memasak beras untuk Entil juga tidak sembarangan, beras dimasak dengan bara api kayu bakar dari pohon kopi.

Entil biasanya disajikan dengan siraman kuah yang gurih, seperti ketupat dan dilengkapi denga urap khas Bali yang berisi kecambah, sayur bayam, irisan kacang panjang, sambal goreng, dan taburan sambal kelapa. Entil juga masuk kedalam daftar kuliner Tabanan atau Makanan Khas Tabanan Bali yang wajib kalian coba.

3. Es Waneng, Wedang Khas Tabanan

es waneng Kuliner dan Makanan Khas Tabanan Bali

Es Waneng Minuman & Makanan Khas Tabanan Bali – foto travelingyuk.com/

Es Waneng adalah salah satu minuman khas tabanan yang wajib kalian coba. Kuliner satu ini adalah minuman favorit yang sudah lama berada di Tabanan sejak tahun 1983. Es Waneng adalah es tradisional dan es legend Tabanan.

Es Waneng merupakan es serut yang dicampur dengan gula merah dan disantap dengan cara dicelupkan roti ke dalam es. Untuk mencicipi Es Waneng kalian bisa datang ke lokasi penjualnya di Jalan Mawar No. 25, Delod Peken, Tabanan, Bali. Buka setiap hari mulai jam 10.00-18.00 WITA.

4. Laklak Pisang

lak-lak pisang, Kuliner dan Makanan Khas Tabanan Bali

Laklak Pisang, Makanan Khas Tabanan Bali – www.idntimes.com/

Makanan satu ini adalah jajanan cemilan khas Tabanan dan mirip seperti serabi namun lebih tipis seperti crepes. Adonan dari Laklak Pisang adalah tepung terigu, tepung beras, tepung kanji, dilengkapi pisang yang dipotong tipis-tipis diletakan di atas adonan kemudian ditaburkan kelapa parut dan dilipat.

Adonan tersebut dipanggang di atas tungku kayu bakar sehingga rasa dari Laklak Pisang sangat tradisional, manis dan gurih. Terdapat varian rasa juga, yaitu ada rasa cokelat, strawberry, keju, dan nanas. Untuk mencobanya kalian bisa datang ke Laklak Men Bayu di Jalan Raya Babahan Sengaan No. 13, Penebel, Tabanan dan buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WITA.

Baca Juga ya :

5. Nasi Angin, Makanan Khas Tabanan Bali

6 Kuliner dan Makanan Khas Tabanan Bali

Nasi Angin, Makanan Khas Tabanan Bali – foto .idntimes.com

Makanan Khas Tabanan Bali lainny ayang harus kalian coba adalah Nasi Angin. Nasi Angin  adalah makanan di Tabanan yang paling sederhana, murah, dan kenyang. Namun, rasanya jangan diragukan karena lauk Nasi Angin terdapat daging babi yang diolah dengan bumbu khas Bali sehingga memiliki cita rasa yang enak.

Harga dari Nasi Angin sekitar Rp.10.000,-. Lokasi Nasi Angin kalian dapat berkunjung ke Warung Nasi Angin di Jalan Raya Denpasar, Gilimanuk, Tabanan, Bali. Buka 24 jam, namun biasanya Nasi Angin sangat cocok dinikmati malam hari atau ketika tengah malam perut keroncongan.

6. Sambal Bejek Belayu

6 Kuliner dan Makanan Khas Tabanan Bali

Sambel Bejek Belayu, Makanan Khas Tabanan Bali – foto idntimes.com

Bagi sebagian besar orang Indonesia sangat suka dengan sambal ketika makan bahkan ada orang yang tidak bisa makan tanpa sambal. Di Tabanan Bali juga ada sambal khas yang sangat special dan wajib kalian cicipi, yaitu Sambal Bejek Belayu. Daun serai dan daun kecombrang bahan yang digunakan dalam membuat sambal ini sehingga menciptakan rasa dan aroma yang khas.

Biasanya Sambal Bejek Belayu ini cocok dihidangan dengan nasi ayam. Jika kalian ingin mencobanya bisa datang ke tempat makan Ayam Sambel Bejek Belayu di Jalan Wisnu Belayu, Peken, Marga, Tabanan Bali dan jam bukanya hanya dari jam 09.00 sampai dengan 14.00 WITA.

Itulah 6 Kuliner dan Makanan Khas Tabanan Bali yang kami rekomendasikan. Kalian wajib coba dan datang untuk mencicipinya karena rasanya yang enak akan membuat ketagihan. Namun, selain itu masih banyak kuliner yang kalian wajib coba di Tabanan Bali, seperti Bubur Tridatu dan Teh Beras Merah.

Leave a Reply