6 Kuliner dan Makanan Khas Siau Tagulandang Biaro - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Siau Tagulandang Biaro

Kuliner Kawok khas Siau Foto:bobogrid.id

Kuliner Kawok khas Siau , Makanan Khas Siau Tagulandang Biaro Foto:bobogrid.id

Saut biasanya hanya dapat ditemukan dipasar tradisional Siau Tagulandang Biaro,oleh Karena itu jika kalian ingin mencicipi Makanan Saut, kalian harus mengunjungi langsung ke Siau.

5. Nasi Jaha

Nasi Jaha Kuliner khas Siau Foto:merahputih.com

Nasi Jaha Kuliner khas Siau Foto:merahputih.com

Kuliner yang khas dari Siau atau Makanan Khas Siau Tagulandang Biaro Provinsi Sulawesi Utara berikutnya adalah Nasi Jaha. Nasi jaha atau Nasi Jahe  merupakan makanan yang berbahan dasar beras ketan dan santan, yang di bakar setelah sebelumnya diisi kedalam batang bambu berlapis daun pisang kemudian dibakar.

Sekilas Nasi Jaha mirip dengan Lemang dari Sumatra Barat , yang membedakannya hanya penambahan bumbu jahe pada nasi . Nasi Jaha merupakan oleh-oleh wajib selain dodol setiap perayaan pengucapan syukur.

Dalam penyajiannya, Nasi Jaha dipotong dengan ukuran 8 sampai 10 cm karena ukurannya yang cukup praktis dan memudahkan dalam memakannya. Nasi Jaha bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional khususnya penjual-penjual kue yang menyertakan Nasi Jaha sebagai salah satu item jualan terutama di pagi hari.

6. Kawok(Tikus) , Khas Siau

Kuliner Kawok khas Siau Foto:bobogrid.id

Kuliner Kawok khas Siau Foto:bobogrid.id

Kuliner yang khas dari Siau Tagulandang Biaro Provinsi Sulawesi Utara yang terakhir adalah Kawok(Tikus). Kawok atau Tikus merupakan makanan yang cukup di gemari masyarakat Sulawesi Utara. Namun tidak semua tikus dapat diolah menjadi makanan yang memanjakan lidah. Tikus yang diolah menjadi masakan adalah tikus yang ditangkap dari hutan apa terlebih yang mempunyai ekor berwarna putih.

Sebelum dimasak, tikus(kawok) terlebih dahulu dibersihkan dengan cara dibakar dan dikeluarkan sebagian isi perutnya kemudian barulah diolah. Oleh wisatawan local maupun maancanegara makanan khas Sulawesi Utara ini dikategorikan sebagai salah satu kuliner ekstrim.

Untuk kalian yang ingin mencicipi kuliner ekstrim dari Siau Tagulandang Biaro Sulawesi Utara, Kawok(Tikus) dibanderol dengan harga 7.000-8.000 rupiah jika ingin ditambahkan nasi kalian hanya menambah 2.000 rupiah saja.

**

Sumber: selerasa.com, seputarsulut.com, wisatatempat.com

Leave a Reply