Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Siau Tagulandang Biaro

Kuliner Kawok khas Siau Foto:bobogrid.id

Kuliner Kawok khas Siau , Makanan Khas Siau Tagulandang Biaro Foto:bobogrid.id

Makanan Khas Siau Tagulandang Biaro – Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau disingkat Kabupaten Sitaro Provinsi Sulawesi Utara, terkenal akan surga wisatanya yang menakjubkan. Namun tidak hanya wisatanya saja, kuliner khas Siau Tagulandang Biaro juga tidak kalah enak. Berikut 6 Kuliner dan Masakan Khas Siau Tagulandang Biaro Sulawesi Utara:

6 Kuliner dan Makanan Khas Siau Tagulandang Biaro

1. Abon Ikan Tuna Bumbu Khas Pala Siau

Abon Ikan Tuna Bumbu Khas Pala Siau Foto:Tokopedia.com

Abon Ikan Tuna Bumbu Khas Pala Siau Foto:Tokopedia.com

Abon Ikan Tuna Bumbu Khas Pala Siau adalah Masakan Khas Siau Tagulandang Biaro yang wajib kalian cicipi. Makanan ini berbahan dasar daging ikan tuna segar yang memiliki cita rasa unik dan gurih, dibumbui dengan bumbu khas Pala Siau.

Untuk kalian yang ingin mencicipi Abon Ikan Tuna Bumbu Khas Pala Siau, dapat langsung mengunjungi toko oleh-oleh yang ada di Siau. Untuk 1 kemasan Abon Ikan Tuna Bumbu Khas Pala Siau dibanderol dengan harga 30.000-35.000 rupiah saja.

2. Rumah Makan Ba’Mie Tahuna

Ba’Mie Tahuna Foto:dimanaja.com

Ba’Mie Tahuna Foto:dimanaja.com

Rumah Makan Ba’Mie Tahuna cukup terkenal di daerah Siau . Di rumah makan Ba’Mie Tahuna menyediakan berbagai makanan Indonesia yang enak-enak. Terdapat juga Menu makanan Ba’Mie Lao-Lao, Pisang  Goreng  Goroho dengan Dabu Roa, Ba’Mie Kuah termasuk beragam jenis Masakan Khas Siau Tagulandang Biaro lainnya  yang wajib kalian coba.

Lihat Juga  :

Rumah Makan Ba’Mie Tahuna terletak di 2,43 KM dari Siau Tengah, Lebih tepatnya di Paniki Paniki Ondong Sulawesi Utara. Untuk 1 porsi Ba’Mie Lao-Lao tanpa Telur dibanderol dengan harga 40.000 rupiah , sedangkan untuk Pisang Goroho dengan Dabu Roa dibanderol dengan harga 19.000 rupiah saja.

3. Klapatart

Klapatart Foto:tribunews.com

Klapatart Foto:tribunews.com

Klapatart atau sering ditulis Klappertaart ini merupakan makanan khas Sulawesi Utara. Klapatart yang dipengaruhi Bahasa Belanda ini merupakan modifikasi dan perpaduan cita rasa barat dan bahan tradisional di Provinsi Sulawesi Utara. Klapatart memiliki cita rasa manis dan gurih karena adanya tambahan kelapa muda dan keju didalamnya.

Untuk 10 gr Klapatart dibanderol dengan harga 14.000 rupiah saja, dengan tambahn toping keju dan kelapa muda yang gurih dan manis. Klapatart dapat ditemukan ditoko oleh-oleh lokal dan ditoko Online shop, sehingga tidak sulit untuk kalian yang ingin mencicipi cita rasa dari Klapatart.

4. Saut, Makanan Khas Siau Tagulandang Biaro

Kuliner Saut dari pelepah pisang muda Foto:weebly.com

Kuliner Saut dari pelepah pisang muda , Makanan Khas Siau Tagulandang Biaro – Foto:weebly.com

Kuliner dari Siau atau Makanan Khas Siau Tagulandang Biaro Provinsi Sulawesi Utara yang berikutnya adalah Saut. Saut merupakan sayuran yang berasal dari batang pisang muda(batang bagian paling dalam setelah pelepahnya dikeluarkan)dan diris kecil-kecil  kemudian dibumbui. Saut sering menjadi makanan khas setiap kali pesta pernikahan di gelar di Provinsi Sulawesi Utara.

Saut biasa dicampur dengan potongan daging ayam, ikan cakalang, atau untuk yang versi non halal dicampur dengan daging babi. Proses pemasakan Saut membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam.

Saut biasanya hanya dapat ditemukan dipasar tradisional Siau Tagulandang Biaro,oleh Karena itu jika kalian ingin mencicipi Makanan Saut, kalian harus mengunjungi langsung ke Siau.

5. Nasi Jaha

Nasi Jaha Kuliner khas Siau Foto:merahputih.com

Nasi Jaha Kuliner khas Siau Foto:merahputih.com

Kuliner yang khas dari Siau atau Makanan Khas Siau Tagulandang Biaro Provinsi Sulawesi Utara berikutnya adalah Nasi Jaha. Nasi jaha atau Nasi Jahe  merupakan makanan yang berbahan dasar beras ketan dan santan, yang di bakar setelah sebelumnya diisi kedalam batang bambu berlapis daun pisang kemudian dibakar.

Sekilas Nasi Jaha mirip dengan Lemang dari Sumatra Barat , yang membedakannya hanya penambahan bumbu jahe pada nasi . Nasi Jaha merupakan oleh-oleh wajib selain dodol setiap perayaan pengucapan syukur.

Dalam penyajiannya, Nasi Jaha dipotong dengan ukuran 8 sampai 10 cm karena ukurannya yang cukup praktis dan memudahkan dalam memakannya. Nasi Jaha bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional khususnya penjual-penjual kue yang menyertakan Nasi Jaha sebagai salah satu item jualan terutama di pagi hari.

6. Kawok(Tikus) , Khas Siau

Kuliner Kawok khas Siau Foto:bobogrid.id

Kuliner Kawok khas Siau Foto:bobogrid.id

Kuliner yang khas dari Siau Tagulandang Biaro Provinsi Sulawesi Utara yang terakhir adalah Kawok(Tikus). Kawok atau Tikus merupakan makanan yang cukup di gemari masyarakat Sulawesi Utara. Namun tidak semua tikus dapat diolah menjadi makanan yang memanjakan lidah. Tikus yang diolah menjadi masakan adalah tikus yang ditangkap dari hutan apa terlebih yang mempunyai ekor berwarna putih.

Sebelum dimasak, tikus(kawok) terlebih dahulu dibersihkan dengan cara dibakar dan dikeluarkan sebagian isi perutnya kemudian barulah diolah. Oleh wisatawan local maupun maancanegara makanan khas Sulawesi Utara ini dikategorikan sebagai salah satu kuliner ekstrim.

Untuk kalian yang ingin mencicipi kuliner ekstrim dari Siau Tagulandang Biaro Sulawesi Utara, Kawok(Tikus) dibanderol dengan harga 7.000-8.000 rupiah jika ingin ditambahkan nasi kalian hanya menambah 2.000 rupiah saja.

**

Sumber: selerasa.com, seputarsulut.com, wisatatempat.com

Leave a Reply