Tentang Kota

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Tebo

Gulai Kuning Belut, makanan Khas Muara Tebo

Gulai Kuning Belut, makanan Khas Muara Tebo - cookpad.com

Makanan Khas Muara Tebo – Muara Tebo adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi yang memiliki khasanah budaya, tempat wisata, dan kuliner lezat yang mirip dengan makanan khas Padang Panjang. Belum banyak yang mengetahui provinsi Jambi, khususnya Muara Tebo adalah surganya wisata kuliner yang sangat unik dan lezat.

Banyak sekali kuliner Jambi yang sangat lezat dan tidak ada di daerah lain. Ciri khasnya adalah rempah-rempah yang melimpah. Selain itu, wilayahnya yang dekat dengan Sumatera Barat membuat cita rasa makanannya mirip dengan kuliner khas Minangkabau.

Sudah penasaran kuliner khas Muara Tebo yang menggugah selera? Simak 6 kuliner dan makanan khas Muara Tebo berikut ini.

1. Loyang Dogan

Loyang Dogan, Makanan Khas Muara Tebo

Loyang Dogan, Makanan Khas Muara Tebo – m.blanja.com

Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan utama dari Dogan atau kelapa muda dalam Bahasa Indonesia. Makanan khas Muara Tebo ini adalah kue khas dari desa Semabu, Sumay di Muara Tebo.

Kue yang menyerupai bolu manis terbuat dari dogan atau kelapa muda yang diserut di loyang sehingga disebut Loyang Dogan. Kue ini biasanya dibuat untuk perayaan Idul Fitri.

Cara membuatnya, daging kelapa muda diambil dari batoknya, lalu dicampur dengan bahan-bahan lainnya, kemudian dimasak dengan loyang. Sudah penasaran mau coba?

2. Nasi Beibat atau Nasi Ibat

Nasi Baibat atau Nasi Ibat, Makanan Khas Muara Tebo

Nasi Baibat atau Nasi Ibat, makanan Khas Muara Tebo – jejakpiknik.com

Nasi Baibat atau Nasi Ibat adalah nasi putih yang dimasak seperti biasa, lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Nasi Baibat ini menjadi Makanan Khas Muara Tebo karena hampir seluruh desa di wilayah Kabupaten Tebo sering memasak Nasi Baibat.

Namun, di beberapa tempat sudah mulai hilang tradisi memasak nasi Ibat ini dan berganti menjadi nasi yang dibungkus dengan menggunakan pembungkus lainnya seperti plastik. Sejak zaman dahulu hingga sekarang, nasi ini sering disajikan pada acara pernikahan.

 3. Tempoyak

Tempoyak, makanan Khas Muara Tebo

Tempoyak, makanan Khas Muara Tebo – lifestyle.okezone.com

Tempoyak adalah salah satu hidangan khas Jambi, khususnya Muara Tebo yang harus dicicipi. Makanan ini terbuat dari buah durian asli yang telah difermentasi. Makanan Khas Muara Tebo yang satu ini memang dikhususkan bagi mereka yang menyukai duren terutama duren yang difermentasi.

Cara fermentasinya adalah buah durian disimpan dalam wadah tertutup hingga mengeluarkan aroma yang sangat pekat. Tempoyak ini biasanya dimasak dengan ikan yang berasal dai sungai seperti ikan Patin dan ikan Nila. Rasa dominan dari tempoyak adalah asin atau gurih dan asam.

Banyak orang yang menyukai tempoyak khususnya orang-orang Jambi karena rasanya membuat nafsu makan meningkat. Orang-orang Jambi biasa menyantapnya dengan lalapan mentimun.

Baca juga ya :

4.  Semur Itam

Semur Itam, makanan Khas Muara Tebo

Semur Itam, makanan Khas Muara Tebo – docplayer.info

Sesuai dengan namanya, semur itam berwarna hitam pekat. Jika salah membuatnya atau salah menambahkan bumbu maka rasa semur ini agak pahit. Semur ini berisi olahan daging yang dimasak dengan rempah-rempah.

Semur itam tentu saja berbeda dengan semur daerah lainnya karena bumbunya sangat banyak dan belum banyak orang yang mengetahui cara membuatnya. Semur Itam juga menjadi salah satu kuliner atau makanan Khas Muara Tebo yang wajib kalian cicipi.

5. Gulai Kuning Belut

Gulai Kuning Belut, makanan Khas Muara Tebo

Gulai Kuning Belut, makanan Khas Muara Tebo – cookpad.com

Makanan Khas Muara Tebo lainnya adalah Gulai Kuning Belut di Jambi khususnya Muara Tebo. Makanan ini memang sedikit berbeda karena isinya adalah belut. Uniknya, tidak ada bau dan rasa amis pada gulai kuning ini.

Penyebabnya adalah belut dimasak dengan irisan daun kunyit sehingga tak usah heran jika rasa amisnya menghilang. Rasaya begitu unik dan sepertinya Anda akan menyukai belut setelah makan kuliner ini.

6.  Kue Basah Padamaran

6 Kuliner dan Makanan Khas Muara Tebo 2

kumparan.com

Padamaran adalah kue tradisional khas Muara Tebo yang rasanya manis dan gurih. Kue basah ini terbuat dari bahan-bahan, yaitu tepung beras, kuah santan, gula merah, dan air perasan daun suji.

Cara membuat kue ini adalah dikukus dengan memakai daun pisang sebagai alasnya. Kue ini biasanya dibentuk cup atau menyerupai mangkuk kecil. Orang Jambi menyebut cangkir tersebut “Takir”.

Tekstur kue ini hampir menyerupai bubur, tetapi lebih padat. Rasa manis dan gurih dari kue basah ini dihasilkan dari campuran gula merah dan siraman kuah santan yang kental.

***

Itulah 6 kuliner dan makanan khas Muara Tebo yang begitu menggoda. Jika bosan dengan menu makanan di rumah yang itu-itu saja, beberapa kuliner khas Jambi mungkin bisa dicoba untuk dimasak di rumah.

Namun, ketika Anda sedang berada di Jambi, khususnya Muara Tebo, Anda wajib mencicipi beberapa kuliner khas yang menarik ini.

Tiada kesan dalam kunjungan tanpa merasakan makanan khas Kabupaten Muara Tebo. Wisata kuliner harus menjadi agenda dalam kunjungan ke kabupaten ini. Selamat menikmati kuliner nusantara!

 

Leave a Reply