Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Menggala Kabupaten Tulang Bawang

Makanan Khas Menggala

Pindang baung - Sumber : FoodLampung

Kuliner dan Makanan Khas Menggala – Lampung merupakan salah satu daerah yang kaya akan wisata kulinernya. Tak heran banyak para pelancong yang berburu makanan di daerah ini. Meskipun hampir sama, setiap daerah di Lampung memiliki ciri khas masing – masing dalam sajian kulinernya.

Kali ini kami akan mengajak kalian untuk menjelajahi makanan khas dari salah satu daerah di Lampung yaitu di Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang. Kota Menggala merupakan satu – satunya kota yang berada di tepian Way Tulang Bawang.

Daftar Kuliner dan Makanan Khas Menggala

Berikut daftar makanan khas Menggala yang sudah kami rangkum untuk kamu semua pecinta kuliner.

1. Seruit

6 Kuliner dan Makanan Khas Menggala Kabupaten Tulang Bawang 3

Seruit – Sumber : IDN Times Lampung

Mungkin kamu yang berasal dari Lampung udah gak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ya, makanan ini bukan hanya terkenal di Menggala tetapi juga sudah menjadi makanan khas Lampung.

Seruit merupakan makanan berupa ikan yang dibakar kemudian disajikan dengan sambel dan lalapan. Biasanya sambal terbuat dari terasi dan dicampur dengan tempoyak durian. Ikan yang digunakan dalam seruit adalah ikan sungai seperti belide, baung, layis dan ikan sungai lainnya.

Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan dalam membuat seruit. Pertama, ikan dicuci bersih kemudian diberi bumbu berupa bawang putih, kunyit, garam dan jahe. Ikan yang telah di bumbui lalu dibakar setengah matang. Setelah itu lumuri lagi ikan dengan kecap manis dan bumbu yang terdiri dari bawang putih, garam dan ketumbar lalu bakar ikan hingga matang.

Setelah ikan matang, tahap selanjutnya adalah membuat sambalnya. Sambal terdiri dari bawang dan terasi bakar yang dicampur dengan cabe, gula dan garam kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, tambahkan tomat dan perasan jeruk limo.

2. Sayur Pisro

6 Kuliner dan Makanan Khas Menggala Kabupaten Tulang Bawang 4

Sayur Pisro – Sumber : jejamo.com

Makanan khas Menggala selanjutnya adalah sayur pisro. Kamu bisa menikmati perpaduan ikan bakar dengan kuah kental  yang menggugah selera. Bahan utama yang digunakan dalam makanan ini adalah ikan betok dan tembakang. Ikan tersebut dipilih karena memiliki rasa yang gurih, daging tebal dan teksturnya padat.

Sayur pisro memiliki cita rasa manis, asam, pedas dan gurih. Uniknya, rasa gurih pada masakan ini berasal dari terasi. Sedangkan untuk cita rasa manis, sayur ini menggunakan gula merah. Untuk kamu pecinta pedas, kamu bisa menambahkan cabe sesuai dengan seleramu ke dalam sayur pisro ini.

3. Stick Ikan Gabus

6 Kuliner dan Makanan Khas Menggala Kabupaten Tulang Bawang 5

Stick Ikan Gabus – Sumber : Instagram

Masih olahan ikan, sekarang kita beralih ke cemilan kekinian dari Menggala yaitu Stick Ikan Gabus. Makanan satu ini biasanya dijadikan oleh – oleh nih buat kamu yang abis berkunjung dari Menggala. Sesuai dengan namanya, stick ikan gabus ini berbahan dasar ikan gabus.

4. Pindang Baung

6 Kuliner dan Makanan Khas Menggala Kabupaten Tulang Bawang 6

Pindang baung – Sumber : FoodLampung

Pindang baung adalah salah satu makanan khas Menggala yang memiliki cita rasa gurih dan segar. Makanan ini berbahan dasar ikan baung. Tekstur ikan baung yang halus, tebal dan tanpa duri halus berpadu dengan bumbu rempah yang menggugah selera. Kamu bisa cobain masakan ini di sini.

5. Kerupuk Menggala

6 Kuliner dan Makanan Khas Menggala Kabupaten Tulang Bawang 7

Kerupuk Menggala – Sumber : Instagram

Orang Indonesia pasti familiar dengan makanan ringan yang satu ini. Apalagi kalau bukan kerupuk. Ada berbagai macam jenis kerupuk di Indonesia, salah satunya Kerupuk Menggala. Kerupuk ini terbuat dari ikan dan biasanya disajikan dengan sambal mercon yang mantul pedesnya. Cocok banget nih untuk oleh – oleh.

6. Ikan Kemudik Krispi

6 Kuliner dan Makanan Khas Menggala Kabupaten Tulang Bawang 8

Ikan Kemudik Crispy – Sumber : Instagram

Masih seputar cemilan kekinian dari Menggala, kali ini ada ikan kemudik crispy. Yap, sesuai dengan namanya, panganan ini berupa ikan kemudik yang digoreng kering sehingga teksturnya jadi renyah. Katanya, panganan ini juga menjadi  salah satu potensi Daerah Tulang Bawang lho.

Baca juga artikel kuliner dari daerah lainnya :

Leave a Reply