Kuliner

Liburan ke Kabupaten Wajo? Coba 6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Sengkang ini!

Barobbo, Makanan Khas Kota Sengkang

Barobbo, Makanan Khas Kota Sengkang - Sumber: cookpad.com

Makanan Khas Kota Sengkang – Wisata di Sulawesi Selatan tidak hanya Makassar. Kabupaten dan kota lain di Sulawesi Selatan pun menyimpan keunikan dan daya tarik tersendiri untuk didatangi. Salah satunya adalah Kota Sengkang yang ada di Kabupaten Wajo.

Wisata tidak hanya dengan mendatangi tempat wisata, bisa saja menyaksikan acara budaya atau mencicipi kuliner daerah setempat. Kota Sengkang menjadi tempat yang pas jika ingin berwisata kuliner. Pasalnya, di sini kamu bisa menjumpai berbagai kuliner unik yang memanjakan lidah. Apa saja itu?

Inilah 6 kuliner dan makanan khas yang wajib dicoba ketika berlibur di Kota Sengkat, Kabupaten Wajo.

1. Lawa Bale, Makanan Khas Kota Sengkang

Lawa Bale Makanan Khas Kota Sengkang

Lawa Bale, Makanan Khas Kota Sengkang – Sumber: merahnews.com

Lawa bale adalah Makanan Khas Kota Sengkang yang bahan utamanya ikan mentah. Ikan yang digunakan biasanya nila, kande, ikan doyo, serta ikan cambang. Lawa ikan dinikmati dengan campuran kelapa parut yang dibakar menggunakan arang atau pisang batu muda, sehingga menciptakan rasa gurih dan nikmat.

Membuat lawa bale sangatlah mudah, kamu perlu mempersiapkan 250 gram ikan yang telah dicuci bersih dan dipisahkan tulang dengan kepalanya. Kemudian, dipotong kecil – kecil dan campurkan dengan bahan – bahan penyedap, seperti jeruk nipis, kelapa parut yang telah dibakar, cabai rawit, serta belimbing wuluh.

Makanan ini seringkali dijumpai di acara pernikahan, saat ramadhan, atau di acara – acara tertentu. Seolah menjadi hidangan khas masyarakat, sehingga tidak lengkap rasanya jika masyarakat tidak menikmati lawa bale di acara penting.

2. Barobbo

Barobbo Makanan Khas Kota Sengkang

Barobbo, Makanan Khas Kota Sengkang – Sumber: cookpad.com

Makanan Khas Kota Sengkang Wajo yang kedua adalah Barobbo. Makanan Barobbo adalah makanan khas yang terbuat dari butiran jagung. Kemudian, dicampur dengan sayuran, udang, irisan ayam, serta bahan lainnya. Rasanya begitu lezat dan mengenyangkan. Bumbu yang digunakan untuk membuat barobbo pun begitu sederhana, dapat menggunakan penyedap rasa saja.

Makanan ini terlihat seperti bubur, rasanya begitu gurih dan semakin nikmat jika dinikmati saat masih panas. Sebagai tambahan, kamu dapat menambahkan taburan bawang goreng atau ayam suwir.

Baca Juga ya :

3. Sop Konro

Sop Konro Makanan Khas Kota Sengkang

Sop Konro,Makanan Khas Kota Sengkang Wajo- Sumber: indonesia.go.id

Ingin menikmati makanan yang segar berkuah, kamu bisa coba sop konro. Sop konro banyak sekali dijual di Sengkang. Yang mana, sop konro merupakan sop berkuah hitam dengan bahan utama adalah iga sapi. Tak heran jika sop konro ini juga masuk kedalam daftar kuliner atau Makanan Khas Kota Sengkang yang bisa kalian coba.

Rasa sop konro begitu nikmat, kaya akan rempah – rempah. Apalagi jika dinikmati saat hujan, dapat membuat tubuh menjadi hangat. Biasanya, sop konro dinikmati bersama dengan nasi putih hangat.

4. Nasu Palekko

Nasu Palekko,Makanan Khas Kota Sengkang wajo

Nasu Palekko,Makanan Khas Kota Sengkang Wajo- Sumber: dzargon.com

Nasu palekko jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah pedesan bebek. Nasu sendiri berarti ‘masak’ dan palekko berarti ‘panci’, yang jika diartikan secara harfiah adalah memasak dalam panci. Bahan utamanya adalah bebek, namun bisa juga diganti dengan ayam kampung.

Nasu palekko sendiri sudah ada sejak zaman dahulu dan diwariskan secara turun – temurun. Menjadi kuliner wajib ketika ada pertemuan atau acara penting. Cara membuatnya pun mudah, daging bebek atau ayam dipresto hingga lunak, kemudian dipotong – potong menjadi kecil.

Bumbu yang digunakan adalah rempah – rempah Nusantara seperti jahe, cabai, kunyit, dan lainnya. Kuliner ini sangat tepat bagi kamu yang menyukai makanan pedas. Rasanya yang lezat dan sering diburu wisatawan membuat Nasu Palekko menjadi salah satu Makanan Khas Kota Sengkang Wajo yang juga wajib kalian coba rasanya.

5. Kapurung

Kapurung Makanan Khas Kota Sengkang

Kapurung, Makanan Khas Kota Sengkang – Sumber: nusadaily.com

Kapurung dapat dibilang makanan khas tidak hanya Sengkang, tapi juga Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari sagu yang dibentuk bulatan – bulatan kecil. Kuahnya berwarna kuning menggoda, dengan tambahan sayuran dan ikan atau seafood.

Makanan ini begitu sehat dan kaya akan protein, rasanya gurih dan tentunya sangat mengenyangkan. Meski sudah ada sagu, beberapa masyarakat masih memakan kapurung dengan nasi hangat. Kapurung juga menjadi salah satu kuliner legendis atau Makanan Khas Kota Sengkang Wajo yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga ya :

6. Olahan Ikan Khas Sengkang

Ikan Bakar

Ikan Bakar khas sengkang wajo – Sumber: pinterest.com

Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, terkenal dengan olahan ikannya. Apalagi, kabupaten ini memiliki danau yang terkenal dan memiliki banyak hasil ikan, yaitu Danau Tempe. Ikan yang biasa diolah adalah ikan cambang, ikan mas, ikan mujair, hingga ikan gabus.

Masyarakat Sengkang biasa mengolahnya dengan cara dibakar. Bumbu yang digunakan pun sederhana, seperti minyak sayur untuk mengoles ikan sebelum dibakar, atau bahkan terkadang tidak dilumuri bumbu sama sekali. Kemudian diberi perasa dari sambal mangga yang sangat menggugah selera. Meski minim bumbu, namun rasa yang dihasilkan begitu nikmat dan nagih.

Sajian ikan ini biasanya dilengkapi dengan sayur bakkera atau sukun yang dimasak hanya dengan bumbu garam dan gula pasir. Diberi minim bumbu karena campuran bakkera, kacang hijau, dan kacang panjang dalam sayur sendiri sudah memberikan cita rasa alami yang begitu nikmat.

**

Sudah memutuskan kuliner mana yang akan kamu coba pertama kali di Kota Sengkang nanti?

Leave a Reply