Kuliner

6 Kuliner Dan Makanan Khas Dumai yang wajib dicoba

Makanan Khas Dumai

Makanan Khas Dumai

Makanan Khas Dumai – Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan adat dan kebudayan Melayu yang sangat kental.  Selain terkenal dengan budaya Melayu yang sangat kental, Riau juga memiliki beragam potensi, diantaranya adalah wisata, budaya, dan juga kuliner.

Salah satu kota di Riau yang memiliki banyak potensi didalamnya adalah Kota Dumai. Kota Dumai merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Riau, dan kamu akan menemui beragam tempat wisata dan juga budaya yang sangat beragam.

Selain memiliki tempat wisata dan budaya yang beragam, Kota Dumai di Riau memiliki kuliner yang sangat mengguggah selera, dan mungkin cocok di lidah kamu. Berikut adalah kuliner khas Kota Dumai yang sangat mengguggah selera dan harganya juga terjangkau.

1. Mie Sagu, Makanan Khas Dumai yang Lezat

Makanan Khas Dumai

Makanan Khas Dumai, Mie Sagu    Foto: pesona.travel

Mie Sagu merupakan mie  yang bahan utamanya terbuat dari sagu,  sehingga mienya memiliki tekstur yang sangat kenyal. Makanan khas Dumai yang satu ini biasanya digoreng atau bisa juga berkuah, lalu untuk topingnya bisa ditambahkan  telur dan juga tauge.

Jika kamu sedang berlibur ke Dumai jangan lupa ke kedai Mie Sagu yang ada di Jalan Kesehatan, Dumai, karena Mie Sagu disini sangat lezat dan harganya juga sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 11.000.

2.  Bubur Lambok Khas Dumai

Bubur Lambok

Bubur Lambok,Makanan Khas Dumai –  Foto: cookpad.com

Makanan Khas Dumai lainnya adalah Bubur Lambok khas Dumai. Bubur ini berbeda dengan bubur lain yang biasanya menggunakan kaldu ayam dan juga kecap, karena bubur lambok ini tidak menggunakan kaldu ayam dan juga kecap, namun bubur ini  menggunakan sagu lenggang kemudian bubur ini ditambah dengan kangkung dan juga ikan teri.

Jika kamu ingin mencoba Bubur Lambok khas Dumai, kamu bisa mencobanya dirumah. Bahan bahannya adalah beras, kangkung dan ikan teri. Beras dimasak hingga jadi bubur, dan jika sudah matang, kamu bisa tambahkan dengan kangkung yang sudah dimasak, kemudian ikan teri, lalu tambah sambal jika kamu suka pedas.

3.  Lempuk Durian Khas Dumai

Lempuk Durian

Lempuk Durian – Foto: quora.com

Lempuk Durian merupakan makanan khas Dumai yang mirip dengan dodol. Bahan utama dari Lempuk Durian adalah durian, kemudian durian tersebut ditambah dengan gula pasir sehingga rasanya jadi manis. Untuk bungkusnya, Lempuk Durian menggunakan daun jagung, sehingga oleh oleh khas Dumai ini menjadi salah satu makanan yang terbilang unik.

Lempuk Durian dapat kamu temui di toko oleh oleh yang ada di Dumai. Dengan harga Rp 30.000, kamu dapat menikmati manis dan lezatnya Lempuk Durian makanan khas Dumai Riau.

Baca Juga ya :

4.  Bolu Kemojo, Kue Dumai legendaris

makanan khas Dumai

Makanan khas Dumai, Bolu Kemojo –  Foto: tokopedia.com

Bolu Kemojo adalah bolu khas Dumai atau makanan khas Dumai yang biasa disajikan saat acara pernikahan. Bahan dasar dari bolu Kemojo ini adalah tepung terigu, kemudian diolah sedemikian rupa sehingga menjadi kue bolu hijau yang manis dan juga nikmat.

Saat ini Bolu Kemojo tidak hanya ditemukan saat acara pernikahan, dan kini telah banyak toko oleh oleh di Dumai yang menjual bolu Kemojo. Dengan harga sekitar Rp 35.000, kamu dapat menikmati bolu khas Dumai yang lezat ini.

5. Dodol Nenas Khas Dumai

Dodol Nenas 

Dodol Nenas  –  Foto: budaya-indonesia.org

Dodol Nenas merupakan makanan khas Dumai yang wajib kamu coba, karena Dodol Nenas berbeda dengan dodol yang lainnya.  Yang membedakan dodol Nenas khas Dumai dengan dodol lainnya adalah, rasa nanasnya yang sangat dominan dibanding dengan dodol yang lainnya.

Untuk kamu yang ingin menikmati dodol Nenas oleh oleh khas Dumai, kamu dapat berkunjung ke toko oleh oleh yang ada di Dumai, dan dengan harga Rp 20.000, kamu dapat merasakan manis dan nikmatnya Dodol Nenas.

6.  Dadar Guling

Dadar Guling Makanan khas dumai

Dadar Guling, Makanan khas dumai –  Foto: caramembuat.id

Dadar Guling merupakan kue dadar gulung khas Dumai yang sangat terkenal. Makanan khas Dumai ini berisi parutan kelapa manis  dan kemudian dibungkus dengan kulit yang lembut. Jika kamu ingin menikmati dadar guling yang nikmat ini, kamu hanya merogoh kocek Rp 1.000 saja.

Baca Juga ya6 Kuliner Dan Makanan Khas Dobo, Kepulauan Aru

Nah itu dia kuliner khas Dumai yang sangat nikmat dan juga harganya sangat terjangkau. Jangan lupa berkunjung ke kota  Dumai untuk berwisata sambil menikmati kuliner khasnya ya .

Leave a Reply