Kuliner, Cafe, City Tour

6 Kuliner Dan Makanan Khas Dobo, Kepulauan Aru

kuliner dan makanan khas dobo

Foto Instagram: naftalanga

Sudah tahukah Anda, apa saja kuliner dan makanan khas Dobo, Kepulauan Aru? Kabupaten Kepulauan Aru merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Maluku, Indonesia. Dobo adalah ibukota Kepulauan Aru. Kepulauan Aru dikenal sebagai surganya mutiara dengan ratusan pulau yang menghiasi wilayahnya. Bagi pecinta travelling tidak akan masalah melakukan perjalanan jauh demi menuju Kepulauan Aru. Perihal wisata, tentunya Kepulauan Aru sudah banyak memiliki destinasi yang ternama. Namun selain wisata, Kepulauan Aru juga memiliki kuliner dan makanan khas Dobo, Kepulauan Aru yang dikenal akan lezatnya, 6 diantaranya adalah:

Ikan Asin Balobo

kuliner dan makanan khas dobo

Foto Instagram: naftalanga

Makanan satu ini cukup melegenda. Olahan ikan asin yang khas dipadukan dengan bumbu rempah yang diolah secara tradisional. Ikan balobo mirip dengan ikan tuna dengan tekstur yang padat, lentur dan warnanya putih. Proses pengolahan ikan asin ini juga cukup sederhana. Cocok untuk lauk pauk dan dipadukan dengan sambal. Jika membeli secara mentahan harganya berkisar 45.000/kg. Kuliner dan makanan khas Dobo, Kepulauan Aru ini sangat dikenal masyarakat.

Pallu Konro

Palu Konro

Foto Instagram: bataritodja

Masakan ini berisi daging yang dibumbui dengan rempah-rempah asli menciptakan cita rasa yang sedap dan istimewa. Makanan ini memang terbilang masih asing, namun kamu perlu mencobanya karena rasanya memang unik. Dengan kuah yang hitam bumbu kluwak dipadukan dengan rempah-rempah yang ditumbuk halus. Harum yang khas menambah keasrian kuliner dan makanan khas Dobo, Kepulauan Aru satu ini.

Sagu Khas Kepulauan Aru

Sagu Ambon

Foto Instagram: rabbit.inthekitchen

Makanan sagu sepertinya memang sudah tidak asing di Indonesia. Di Kepulauan Aru sendiri masyarakatnya memang menggunakan sagu sebagai makanan sehari-hari. Masyarakat tradisional umumnya memang menyukai sagu dan tanaman sagu pun banyak dijumpai di Kepulauan Aru. Sagu juga bisa diolah menjadi berbagai masakan seperti tumis ataupun direbus. Olahan sagu bakarĀ  dengan tambahan gula aren dan kelapa yang diparut akan sangat gurih dan khas. Dengan gizi yang tinggi dan langsung diambil dari alam, sagu merupakan salah satu makanan sehat yang sangat menarik untuk dicoba.

Sambal Colo-Colo

Sambal Colo-colo

Foto Instagram: Citradewipradita

Pecinta pedas wajib coba kuliner dan makanan khas Dobo, Kepulauan Aru yang satu ini. Namanya terbilang unik dan rasa sambal ini pun juga sangat nikmat. Sambal ini bisa menjadi teman lauk pauk dari gorengan ikan laut ataupun olahan sayuran. Karena bahan yang digunakan rempah asli tradisional, sambal ini bisa mengurangi bau amis pada olahan ikan. Yang berbeda dari sambal lain adalah bentuk dari sambalnya. Jika sambal pada umumnya akan menghaluskan rempah-rempah, jika Sambal Colo-Colo cukup memotong tipis bahan-bahan seperti bawang merah, tomat, cabai rawit dan seledri lalu menambahkan perasan jeruk nipis. Rasa sambal ini pedas namun sedikit asam.

Pizza Tuna dan Burger tuna, Fish and Chip

Pizza Tuna

Foto Instagram: slatkoislanosarajevo

Jika berkunjung ke Kepulauan Aru, akan banyak toko yang menjual oleh-oleh benda laut. Seperti halnya CV. Theodora, selain menjual sisik ikan sebagai souvenir, CV. ini juga menjual olahan ikan laut. Makanan yang dijual juga sangat modern seperti Pizza Tuna, Burger Tuna, Fish dan Chip. Hmm penasaran ya seperti apa rasanya!.

Nasi Lapola

Nasi Lapola

Foto Instagram: dapoermamakey

Dari namanya sulit ditebak nasi apakah nasi lapola itu. Nah, kuliner dan makanan khas Dobo, Kepulauan Aru ini merupakan nasi dengan beras yang dimasak setengah matang lalu ditambahkan dengan kacang tolo. Masakan ini juga cukup banyak disukai masyarakat karena rasanya yang khas. Nasi yang telah jadi tersebut akan ditaburi kelapa yang diparut dan ditambahkan sedikit rasa asin. Jika sudah, nasi akan dikukus sampai matang seutuhnya. Nasi ini akan tambah sedap jika dikonsumsi saat hangat ya.

Selain makanan diatas, Kepulauan Aru masih memiliki banyak lagi oleh-oleh yang bisa kamu temukan di banyak tempat utamanya kawasan wisata.

Nah readers, sebelum melakukan travelling, jangan lupa untuk lebih dulu mengenal daerah yang akan kamu kunjungi ya, agar liburanmu bisa lebih terencana dan tidak membuang waktu sia-sia.

Itulah daftar 6 kuliner dan makanan khas Dobo, Kepulauan Aru yang layak Anda coba, jangan sampai menyesal deh kalau berkunjung tanpa merasakan makanan-makanan di atas ya!

 

Leave a Reply