Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues Aceh

Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues

Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues - foto sukamakancom.wordpress.com

Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues – Indonesia terkenal dengan keberagaman suku dan adatnya. Dari ujung barat hingga ujung timur, akan terlihat perbedaan baik yang kontras maupun halus pada setiap kehidupan bermasyarakatnya. Bahkan untuk berada di dalam satu provinsi pun, perbedaan itu akan tetap dapat ditemukan.

Salah satunya bisa ditemukan di Provinsi Aceh. Di Aceh, kita mengenal tentang suku Gayo. Suku Gayo merupakan salah satu suku asli di Aceh yang bermukim dan tersebar di Kabupaten Aceh Tengah, Gayo Lues, dan Bener Merimpah.

Berbicara mengenai Kabupaten Gayo Lues, tahukah Anda jika sebagian besar wilayah di kabupaten ini telah dicanangkan sebagai warisan dunia untuk UNESCO? Pencanangan tersebut sebenarnya menjadi salah satu upaya untuk memperkenalkan daerah ini kepada masyarakat luas.

Baca Juga ya :

Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues

Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues. Foto: busy.org

Pasalnya, Kabupaten Gayo Lues merupakan kabupaten yang paling terisolasi di Aceh menurut statistiknya. Selain itu, bagi yang belum familiar, ternyata kabupaten Gayo Lues merupakan tempat di mana Tari Saman berasal dan terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia.

Sebagai salah satu suku asli di Aceh, suku Gayo memiliki beragam daftar kuliner khas. Namun sayangnya, akses untuk mencicipinya masih sangat sulit ditemukan di mana-mana. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara mengunjungi daerah Blangkejeren.

Blangkejeren merupakan nama dari sebuah kecamatan di Kabupaten Gayo Lues. Daerah ini juga berfungsi sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan di kabupaten tersebut.

Tentu dengan menjadi kawasan terpusat, akan mudah sekali menemukan segala macam yang khas dari suku Gayo di sini. Tentunya Anda pun akan sangat gampang mencicipi kuliner khas Gayo di Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh.

Daftar kuliner/ Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues Aceh

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Blangkejeren di Kabupaten Gayo Lues, pastikan Anda mencicipi segala kuliner atau masakan khas yang ada di dalam daftar ini.

1. Masam Jeng

Masam Jeng, Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues Aceh

Masam Jeng, Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues Aceh – busy.org

Sebagian besar masyarakat Indonesia yang juga merupakan masyarakat kepualauan memiliki beragam sajian ikan sebagai makanan khasnya. Tentu saja tidak terkecuali dengan masakan khas Gayo Lues yang bisa ditemukan di Blangkejeren. Di daerah tersebut, Anda akan dapat menemukan Masam Jeng atau Masam Jing.

Sekilas, mungkin makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues Aceh ini sangatlah tidak asing. Masakan khas ini identik dengan hidangan asam padeh. Namun, yang membedakannya adalah sajian ini menggunakan rempah khas suku Gayo yang memberikan cita rasa berbeda. Untuk ikannya, banyak pilihan yang bisa digunakan, seperti bawal, mujair, lele, serta bandeng.

2. Pengat

Pengat, Masam Jeng, Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues Aceh

Pengat, Masam Jeng, Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues Aceh – ig @susanty.nurul

Kuliner khas Gayo Lues atau Masam Jeng, Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues Aceh lainnya yang menggunakan bahan dasar ikan adalah Pengat. Pengat merupakan sejenis hidangan pepes yang juga bisa ditemukan di Blangkejeren. Yang membedakan hidangan ini dengan pepes biasa adalah, sajian ini dimasak menggunakan teknik gulai.

Hal tersebut memungkinkan agar ikan yang dimasak memiliki bumbu serta lemak yang lebih meresap. Sebagai penyedap hidangan, masyarakat Gayo Lues menggunakan campuran air jeruk dan asam sunti untuk hidangan ini. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan bawal hitam atau ikan bawal merah.

3. Brahrum atau Boh Rom-rom

Brahrum atau Boh Rom-rom

Brahrum atau Boh Rom-rom – steempeak.com

Brahrum atau Boh Rom-rom ini adalah salah satu jajanan pasar khas dari Gayo Lues. Mungkin jika awam, Anda akan menyangka kuliner ini adalah klepon. Secara teknis, masakan ini memang diolah layaknya sebuah klepon.

Untuk membuat Brahrum atau Boh Rom-rom, biasanya menggunakan tepung ketan berwarna hijau yang dibentuk bulat layaknya bola. Di bagian tengah adonan, diisi gula aren. Untuk memasaknya, makanan ini direbus dan dibiarkan hingga mengapung.

Pengat, Masam Jeng, Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues Aceh ini Disajikan dengan parutan kelapa yang renyah, membuat makanan ini terasa unik di lidah. Jangan lupa tambahkan Gula merah didalamnya.

4. Dedah Boh Itek

Dedah Boh Itek

Dedah Boh Itek – negerikuindonesia.com

Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues Aceh lainnya yang sekilas mirip dengan hidangan populer di Indonesia adalah Dedah Boh Itek. Sajian khas ini sekilas identik dengan martabak telur. Namun yang membedakannya ada pada bahan masakan yang digunakan.

Selain telur bebek, kuliner yang bisa Anda temukan di Blangkejeren ini menggunakan kelapa parut yang dicampur dengan adonan telurnya. Lalu adonan tersebut diberi daun jeruk, irisan serai, dan bumbu khas suku Gayo. Sajian ini di masak di atas wajan tanah liat dan biasa dikonsumsi untuk sarapan.

5. Apam Khas Gayo

Apam Khas Gayo

Apam Khas Gayo – cookpad.com

Saat pertama kali melihat, mungkin orang-orang akan menyangka Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues Aceh ini adalah serabi. Ternyata makanan yang dikategorikan sebagai jajanan pasar ini memiliki nama Apam.

Yang membedakan Apam khas Gayo dengan yang lainnya ada pada saus hidangannya. Saus yang digunakan untuk menemani santapan apam adalah saus santan manis yang gurih.

6. Cecah Ries

Cecah Ries, Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues Aceh

Cecah Ries, Makanan Khas Blangkejeren Gayo Lues Aceh – lintasgayo.co

Mungkin bagi beberapa orang, menyantap hidangan tanpa sambal akan terasa kurang sedap. Masyarakat suku Gayo pun memiliki beragam sajian sambal yang khas. Salah satunya adalah Cecah Ries. Untuk membuat Cecah Ries, bahan yang paling diperlukan adalah batang pisang bagian dalam.

Untuk mengolahnya, bumbu-bumbu yang dipersiapkan di antaranya adalah bumbu halus dari campuran merica, ketumbar, garam, bawang merah, bawang putih, jeruk nipis dan kelapa gongseng. Sajian ini merupakan sebuah tradisi yang diturunkan secara terus menerus ke setiap generasi suku Gayo.

Leave a Reply