Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Tarempa Kabupaten Anambas

6 Kuliner dan Makanan Khas Tarempa Kabupaten Anambas 1

Luti Gedang | Foto : www.idntimes.com

Kuliner dan Makanan Khas Tarempa Kabupaten Anambas – Tarempa merupakan ibukota dari Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Secara geografis daerah ini terletak dibagian utara Pulau Siantan yang berbatasan langsung dengan Laut Natuna Utara sehingga tak heran bila daerah ini memiliki pemandangan alam yang begitu memanjakan mata. Apabila kalian berkunjung ke Terampa, maka kalian wajib untuk menyicipi kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas yang begitu beragam.

6 Kuliner dan Makanan Khas Tarempa Kabupaten Anambas

Berikut merupakan 6 kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas yang tidak boleh kalian lewatkan selama menjelajahi daerah ini.

1. Mie Tarempa

kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas

Mie Terampa | Foto : @hendri_ahin

Penamaan kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas ini memang diambil dari nama daerahnya, yaitu Mie Terampa. Mie ini menjadi ikon kuliner Kota Terampa yang sangat wajib untuk kalian cicipi. Mie dapat disajikan dengan kering, lembab, atau basah. Yang membuat mie ini unik ialah suiran ikan tongkol yang memberikan rasa gurih dan sangat pas untuk nikmati sebagai menu sarapan. Walaupun terlihat sederhana, mie berwarna kuning dan berbentuk pipih ini memiliki tekstur mie yang lembut dan kenyal, serta dimasak menggunakan bumbu khas Mie Terampa yang membuatnya semakin memikili cita rasa unik dan tak mudah untuk dilupakan. Kalian bisa menikmati mie ini dengan harga sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000.

2. Luti Gedang

kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas

Luti Gedang | Foto : www.idntimes.com

Selain Mie Tarempa, kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas yang juga bisa kalian menikmati ialah Luti Gedang sebagai menu sarapan. Penamaan Luti Gendang cukup unik dimana Luti merupakan dialek masyakarat Tionghoa untuk mengucapkan kata roti sedangkan Gendang dari kata ‘rendang’ yang mana dalam bahasa Terampa memiliki arti digoreng. Luti Gedang memiliki bentuk bulat dan lonjong yang memiliki isi abon ikan. Rasa gurih dan sedikit manis dapat membuat kalian ingin terus menyicipi roti goreng ini. Kalian dapat dengan mudah menemui roti ini di Tarempa dengan harga yang relatif murah yaitu Rp2.500, makanan ini dapat juga dibawa sebagai oleh-oleh ketika roti belum digoreng.

3. Kwetiau Sagu

kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas

Kwetiau Sagu | Foto : phinemo.com

Kwetiau yang dapat kalian nikmati selama di Tarempa ialah Kwetiau Sagu kuah ikan. Kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas ini disajikan dengan guyuran kuah merah dengan aroma ikan yang kuat serta potongan tuna dengan bumbu rempah lainnya yang membuat rasanya semakin lezat. Keunikan makanan ini terdapat pada mie yang berwana abu-abu kehitaman yang mana terbuat dari sagu sehingga tekstur mie ini terasa lebih kenyal. Untuk menyantap Kwetiau Sagu sebagai menu sarapan dan makan siang ini, kalian bisa dapatkan dengan harga Rp13.000 per porsinya.

4. Nasi Dagang

kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas

Nasi Dagang | Foto : kopitiam-tarempa.business.site

Kalian juga bisa menikmati kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas dengan menu nasi yaitu Nasi Dagang. Nasi Dagang disajikan dengan dibalut daun pisang yang disematkan kayu kecil pada bagian atasnya, makanan ini berisi nasi, telur setengah matang, serta tongkol kuah pedas. Untuk rasanya sendiri mirip seperti nasi lemak khas Malaysia. Kalian, dapat menjadikan menu ini sebagai sarapan yang ditemani dengan secangkir teh atau kopi hangat beserta makanan lain seperti gorengan atau risol. Nasi Dagang ini dapat kalian jumpai diwarung ataupun kedai di Kota Tarempa dengan harga Rp3.000 per porsi.

5. Seafood Anambas

kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas

Seafood Anambas | Foto : m.tribunnews.com

Dengan letak daerah yang dikelilingi lautan, maka kalian wajib menyicipi kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas yang merupakan olahan hasil laut. Seafood di daerah ini bergitu segar dan nikmat, salah satu olahan yang wajib kalian coba ialah olahan ikan Napoleon. Ikan ini memiliki rasa yang gurih serta daging yang lembut sehingga tak heran bila ikan ini menjadi salah satu jenis ikan yang diburu oleh para nelayan. Untuk menikmati masakan berbahan dasar ikan Napoleon, kalian dapat mengeluarkan uang sekitar Rp50.000 untuk satu porsi ikan. Makanan seafood ini bisa sebagai menu makan siang atau makan malam.

6. Martabak Prata

kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas

Martabak Prata | Foto : travel.detik.com

Kuliner dan makanan khas Tarempa Kabupaten Anambas lainnya yang tak bisa kalian lewatkan ialah Martabak Prata. Martabak ini merupakan makanan yang dibawa oleh masyarakat yang berasal dari Padang yang merantau ke Anambas. Yang membedaka martabak prata dengan martabak mesir lain ialah untuk pelengkapnya tidak menyertakan acar, sebagai gantinya menggunakan kuah kari kambing yang membuat rasa martabak menjadi begitu sedap dan lezat. Kalian dapat menyantap makanan ini selagi panas untuk mendapatkan rasa terbaiknya.

Artikel Terkait 

Leave a Reply