Daftar Wisata, Bukit

5 Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues

Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues

Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues. Foto: busy.org

Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues – Bagi yang masih awam dengan Gayo Lues, daerah ini merupakan salah satu kabupaten yang ada di Aceh. Ada satu kota di Gayo Lues yang terkenal dengan keindahan alamnya, yaitu Blangkejeren.

Blangkejeren dijuluki oleh masyarakat Aceh sebagai ‘Negeri 1000 Bukit’ mengingat daerah ini didominasi oleh daerah perbukitan. Siapapun yang mengunjungi Blangkejeren pasti tidak akan berhenti terngaga menyaksikan indahnya alam ciptaan Tuhan tersebut. Hanya saja, kebanyakan wisata di Blangkejeren Gayo Lues masih belum dioptimalkan secara maksimal oleh pemerintah setempat.

Dari banyaknya macam wisata yang bisa ditemukan di Blangkejeren Gayo Lues, berikut ini akan diulas 5 tempat wisata di Blangkejeren Gayo Lues yang menjadi primadona andalan masyarakat setempat.

1. Bukit Cinta Blangkejeren

Dengan ciri khas dari Blangkejeren yang memiliki banyak perbukitan, wisata pertama yang diandalkan oleh masyarakat Blangkejeren adalah Bukit Cinta Blangkejeren. Tempat wisata ini sering dijadikan spot foto oleh wisatawan karena pemandangannya yang sangat Instagrammable sekali.

5 Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues 1

Bukit Cinta Blangkejeren. Foto: wisatasia.com

Jika ingin singgah ke Bukit Cinta Blangkejeren, silakan datang ke Desa Penggalangan, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues. Jaraknya juga cukup strategis dari pusat Gayo Lues yang hanya berjarak 5 kilometer saja. Selain itu, hanya butuh waktu 15-20 menit dalam perjalanan. Dengan jarak yang terjangkau, tentunya wisata ini bisa dijadikan pilihan utama saat berkunjung ke Blangkejeren.

2. Kala Pinang

Lokasi tempat wisata Kala Pinang terbilang sangat dekat dari pusat Blangkejeren dan hanya butuh 20 menit untuk sampai ke lokasi. Kala Pinang merupakan wisata alam yang berupa sungai dengan aliran air yang jernih dan pastinya menyegarkan.

5 Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues 2

Kala Pinang. Foto: lintasgayo.co

Di tempat wisata ini, wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas Gayo Lues yaitu Lemang Gayo. Disamping itu, ada juga ikan panggang serta ayam panggang yang ditawarkan. Wisatawan yang ingin menikmati santapan kulinernya juga bisa menyantap makanan di pondok atau gazebo yang disiapkan oleh pengelola wisata.

3. Kedah

Tempat wisata di Blangkejeren Gayo Lues yang wajib di singgahi adalah Kedah. Kedah merupakan nama dusun yang menjadi bagian dari Desa Penosan Sepakat, Blangjerango, Gayo Lues. Dusun Kedah ini juga menjadi gerbang wisatawan menuju ke Taman Nasional Gunung Leuser.

5 Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues 3

Aneka Flora di Kedah. Foto: steemit.com

Banyak sekali wisatawan asing yang menganggap jika Kedah bukanlah sekedar dusun biasa. Kedah menawarkan banyak sekali keindahan flora yang pastinya sangat layak untuk dijadikan spot foto. Untuk menuju ke Kedah pun tidak terlalu jauh dari Blangkejeren dan hanya butuh waktu sekitar 30 menit.

Selain itu, fasilitas di Kedah juga sudah cukup memadai dan sepertinya sengaja disiapkan oleh masyarakat setempat untuk keperluan para wisatawan. Fasilitas-fasilitas tersebut berupa toilet, musholla, hingga pondok untuk tempat istirahat wisatawan.

4. Agusen

Mendengar nama Agusen, desa ini memang dulunya terkenal sebagai desa penghasil ganja. Namun, oleh pemerintah setempat, Desa Agusen telah diubah menjadi Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues sekaligus pusat daerah penghasil kopi. Langkah pemerintah ini merupakan langkah yang sangat tepat dikarenakan keindahan alam Agusen sangat disayangkan bila tidak dimanfaatkan dengan baik untuk wisata.

5 Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues 4

Spot Foto di Agusen. Foto: yellsaints.com

Oleh masyarakat setempat, dibuatlah tulisan Agusen di atas perbukitan, dimana tempat ini sering dijadikan tempat berfoto oleh wisatawan yang berkunjung. Di bagian bawah bukit ini, terlihat sungai yang mengalir dengan air yang begitu jernih. Sungguh pemandangan yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan. Lokasi dari Desa Agusen ini juga tidak jauh dari Blangkejeren dan hanya berjarak 8 km.

5 Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues 5

Aliran Sungai di Agusen. Foto: busy.org

5. Kawah Kabut Bur Reko

Dibandingkan dengan Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues lainnya, lokasi Kawah Kabut Bur Reko termasuk tempat wisata yang punya jarak paling jauh yaitu 20 km. Untuk sampai di tempat wisata ini, wisatawan harus melewati perkebunan sere wangi serta hutan pinus. Selain itu, jalanan yang cukup berliku dan menanjak membuat para wisatawan harus lebih berhati-hati.

Baca Juga:

Suasanya yang sejuk dari Kawah Kabut Bur Reko banyak dimanfaatkan oleh wisatawan untuk ngopi-ngopi santai di sana terutama pada waktu sore hingga menjelang senja. Dari banyaknya wisatawan yang datang, lebih banyak didominasi oleh orang tua dan anak-anaknya, sehingga wisata ini lebih sering disebut sebagai wisata keluarga.

5 Tempat Wisata di Blangkejeren Gayo Lues 6

Sejuknya Kawah Kabut Bur Reko. Foto: wisatasia.com

Namun, berbicara masalah fasilitas, tempat wisata ini masih belum dilengkapi dengan fasilitas apapun. Nampaknya pemerintah setempat harus lebih mencurahkan perhatian untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada di Kawah Kabut Bur Reko ini.

Indahnya 5 tempat wisata di Blangkejeren Gayo Lues ini sering dieluh-eluhkan oleh wisatawan yang datang ke sana. Dengan potensi wisata yang begitu besar, sangat mungkin jika Blangkejeren, Gayo Lues akan menjadi destinasi wisata yang paling diminati oleh wisatawan nantinya.

 

Leave a Reply