Kuliner, Cafe, City Tour, Tentang Kota

6 Kuliner dan Makanan Khas Bangil

6 kuliner dan makanan khas bangil

foto Instagram: khuwailied_doyle

6 Kuliner dan Makanan Khas Bangil.  Sudah tahukah Tahukah Anda jika ada sebuah kota di Pasuruan yang dijuluki kota santri? Ya, namanya adalah Kota Bangil, disebut sebagai kota santri karena banyaknya pesantren di wilayah Bangil.  Kota Pasuruan sendiri merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang terletak sekitar 60 km sebelah tenggara dari kota Surabaya.

Letak kota ini berada diantara jalur Surabaya menuju Banyuwangi. Sebagai kota jalur transportasi tentu banyak sekali kuliner dan makanan Khas yang muncul dari daerah ini, yang khusus di peruntukan bagi para pelancong. Sudah tahukah Anda, apa saja makanan khas tersebut? Ini dia daftar 6 kuliner dan makanan khas Bangil sebagai refensi ketika Anda bepergian :

Nasi Punel Bangil

nasi punel

Foto instagram: love_micha.pc

6 Kuliner dan makanan khas Bangil yang pertama adalah Nasi Punel Bangil. Makanan ini sangat banyak yang merekomendasikan. Sebenarnya nasi ini tidak jauh beda dengan nasi campur, namun lauk yang digunakan didalamnya sangat beraneka ragam.

Mengapa disebut nasi punel? Karena nasi yang digunakan lembek namun lembut. Lauk pauk yang biasanya jadi campuran adalah tempe, tahu, ayam bumbu bali, sambel kacang panjang, sayur nangka muda, pepes kelapa dan lauk berupa gorengan lainnya seperti babat, telur dadar, dan usus. Namun kamu juga bisa request jika tidak menginginkan beberapa lauk.

Bagi kamu pecinta pedas akan menyukai rasa khasnya, rempah-rempah yang digunakan cukup kuat sehingga baunya pun juga lebih terasa. Sebagai pelengkap akhir akan ditaburi serundeng parutan kelapa. Umumnya penyajian nasi punel dengan piring yang diberi alas daun pisang.

Makanan ini bisa ditemukan di beberapa warung di Bangil, yang paling tersohor adalah Nasi Punel Bu Hj. Lin yang beralamatkan di Dr. Soetomo Nomor 9, Gempeng, Bangil atau di Jalan Jaksa Agung Suprapto atau depan kantor Telkom Bangil. Warung Bu Lin buka 06.30 – 20.00. Harga sepiring nasi punel ini berkisar 20.000.

Gulai Kacang Hijau

gulai kacang ijo

Foto Instagram: nomnom7712

Salah satu dari, 6 Kuliner dan makanan khas Bangil selanjutnya berada di restoran ini gaes, yakni Restoran Cairo. Dari namanya saja sudah kentara ya jika restoran ini memang menyajikan makanan khas Timur Tengah. Restoran ini letaknya di Jalan Untung Suropati, nomor 678. Buka mulai pukul 08.00 – 23.00, setiap hari. Salah satu menu andalan di restoran ini adalah gulai kacang hijau. Gulai ini perpaduan antara tulang kambing dengan santan dan kacang hijau.

Rawon

Rawon Bangil

Foto by alayla.basyaiban

Kalau pergi ke Bangil rasanya tidak lengkap sebelum mencoba rawon bangil. Adapun diantara 6 kuliner dan makanan khas Bangil satu ini mengandung banyak rempah-rempah dengan kuah hitam yang pekat. Rawon terbuat dari daging yang dicampurkan dengan rempah-rempah seperti jinten, bawang putih, laos, tumbar, sere, daun jeruk purut, dan juga kluwek yang menyebabkan kuah berwarna hitam. Rawon akan tambah lezat jika ditambahkan dengan tauge, sambal dan disajikan dalam keadaan hangat.

Untuk tempat yang bisa kamu coba kunjungi adalah Rumah Makan Setia yang terletak di Jalan Tol Bangil. Porsi rawon di tempat ini cukup bikin kenyang dengan daging yang lezat dan empuk. Untuk kamu yang mencari menu sarapan, tempat ini sangat tepat karena Rumah Makan Setia buka pagi sejak pukul 06.00 – 18.00.

Lontong Kupang

Lontong Kupang

foto Instagram: surabaya_foodies

Daftar dari 6 kuliner dan makanan khas Bangil selanjutnya yakni lontong. Lontong ini biasa digunakan sebagai pengganti nasi. Lontong Bangil sangat lezat dan lembut, ditambahkan dengan olahan kupang yang dibumbui menambah sedap menu ini. Kupang sendiri adalah salah satu jenis kerang laut berwarna coklat pusat. Kupang juga banyak dijumpai di daerah pantai utara Jawa Timur.

Ikan Asap Bangil

kuliner dan makanan khas bangil

foto Instagram: khuwailied_doyle

Para pecinta ikan asap tentunya tidak asing dengan bagian dari menu paling favorit 6 kuliner dan makanan khas Bangil ini. ikan yang diasap sangat beranekaragam seperti mujair, nila, bandeng, patil dan banyak lagi. Tempat yang paling direkomendasikan adalah di daerah Kedungboto, Bangil. Kisaran harga dari ikan Asap ini adalah 30.000/ kg. Karena rasanya yang sudah terkenal enak, readers harus sabar antre ya jika ingin makan ikan Asap khas Bangil ini.

Ayam Bakar Solo Pak Manteb

Ayam Bakar Solo

foto instagram: ayambakarpakmanteb

6 kuliner dan makanan khas Bangil yang terakhir adalam ayam bakar solo pak manteb. Rasa dari ayam bakar ini sangat enak dan porsinyapun cukup mengenyangkan, sangat sesuai dengan harga. Berlokasi tidak jauh dari Alun-alun Bangil yakni Jalan Jeruk, Kiduldalem, Kidul Dalem. Rumah makan ini buka pagi mulai jam 09.00 – 21.00, setiap hari.

Itulah daftar 6 kuliner dan makanan khas Bangil yang tentu sangat menggoyang lidah Anda, manakah yang sudah pernah Anda coba? Yuk, share pengalaman Anda di komentar ya.

Leave a Reply