Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada

Makanan Khas Bajawa

Jagung Bose, Makanan Khas Bajawa - sumber: merahputih.com

Makanan Khas Bajawa – Kota Bajawa ini terletak di Provinsi Flores, tepatnya di kawasan Indonesia bagian Timur. Salah satu tempat wisata menarik di Flores adalah Pulau Komodo yang berada di Kabupaten Manggarai Barat. Pulau Komodo menjadi destinasi travelling bagi para wisatawan lokal bahkan mancanegara.

Namun, jalan-jalan rasanya kurang afdol apabila tidak mencicipi kulinernya juga. Flores juga kaya akan wisata kulinernya yang konon lezat, unik dan jarang dijumpai di daerah lainnya.

Daftar Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada Flores

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi makanan dan hal apa saja di wisata kuliner yang ada di Bajawa Kabupaten Ngada, Flores yang wajib kalian cicipi.

1. Jagung Bose Khas Flores

Jagung Bose, Makanan Khas Bajawa kabupaten Ngada

Jagung Bose, Makanan Khas Bajawa kabupaten Ngada – sumber: wisatakuliner.org

Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada yang pertama adalah Jagung Bose. Kuliner Jagung Bose adalah bubur jagung yang berasal dari Flores. Makanan ini terbuat dari jagung yang dimasak dengan bahan lain yaitu kacang merah, santan dan juga kacang tanah.

Jagung Bose umumnya tersaji dengan makanan lain yaitu ikan bakar atau se’i. Makanan ini juga biasanya dijadikan menu sarapan atau makan malam. Tidak hanya di Flores saja, kuliner ini juga ada Nusa Tenggara Timur.

2. Rumpu Rampe, Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada

Rumpu Rampe, Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada

Rumpu Rampe, Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada – sumber: Gotravelly.com

Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada selanjutnya adalah Rumpu Rampe. Makanan ini bahan dasarnya adalah daun ubi dan juga daun pepaya. Kuliner khas Flores ini banyak terdapat di Maumere dan umumnya tersaji dengan ikan bakar.

Makanan ini pasti rasanya lezat sekali karena adanya perpaduan rasa khas daun pepaya dan gurihnya ikan bakar. Jika kalian liburan ke Flores, jangan lupa untuk mencicipi kuliner Rumpu Rampe.

Baca Juga ya :

3. Kuliner Kolo

Kolo, Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada

Kolo, Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada – sumber: Gotravelly.com

Makanan Kolo ini adalah nasi bakar yang dimasak dalam sebilah bambu. Kemudian untuk bambunya sendiri juga tidak boleh asal, karena Kolo harus dimasak dalam bambu muda sepanjang 30 cm.

Yang namanya nasi pasti kurang lengkap apabila tidak ada lauknya. Kebetulan makanan Kolo ini dihidangkan pada saat upacara adat dengan berbagai jenis lauk. Kelezatan Nasi Kolo membuatnya masuk kedalam daftar kuliner atau Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada yang menjadi buruan wisatawan.

4. Jagung Titi, Oleh-Oleh Khas Flores

Jagung Titi, Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada

Jagung Titi, Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada – sumber: Kompasiana.com

Keadaan geografis Flores yang mempunyai curah hujan yang tidak tinggi, menyebabkan tanaman jagung yang tumbuh di sini punya cita rasa yang berbeda dari daerah lainnya.

Rasa jagung di Flores lebih gurih dan teksturnya yang kering sehingga cocok diolah menjadi jagung titi. Makanan ini adalah sejenis keripik jagung yang bisa digoreng tanpa dibumbui. Soal rasa sudah pasti lezat dan kalian pasti tertarik ingin membawanya pulang.

5. Kuliner Se’i Sapi Khas Flores

Se'i Sapi Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada

Se’i Sapi Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada – sumber: Idntimes.com

Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada yang satu ini adalah makanan khas Flores NTT yang bahan utamanya adalah daging asap. Daging yang digunakan bisa daging sapi ataupun daging babi. Yap makanan ini dinamakan Se’i.

Proses pengasapan dilakukan agar makanan atau daging tersebut lebih awet. Setelah proses pengasapan, se’i akan diolah dengan cara digoreng atau bisa juga ditumis dengan bahan lain yaitu bunga pepaya. Tertarik untuk mencicipi , sebaiknya kalian liburan ke Flores dulu.

6. Kopi Bajawa Oleh-Oleh Khas Flores

6 Kuliner dan Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada 3

Kopi Bajawa, Flores-sumber: Lintaskopi.com

Selain Jagung Titi, oleh-oleh lain yang bisa kalian beli saat liburan ke Flores adalah Kopi Bajawa. Kopi Bajawa yang berasal dari Kabupaten Ngada ini memang sudah populer tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di kalangan dunia.

Kopi Bajawa Flores ini berasal dari dataran tinggi 900-1200 mdpl dan merupakan komoditas terbaik di Flores. Makanya tidak mengherankan apabila Kopi Bajawa ini juga sering dipakai oleh merk kopi terkenal.

Hmm, pasti kalian penasaran dan makin tertarik untuk membeli kopi Bajawa khas Flores ini. Oleh karena itu jika liburan ke Flores belilah Kopi Bajawa ini sebagai buah tangan di rumah.

Harga Kopi Bajawa Oleh-Oleh Khas Flores

Apabila kalian liburan ke Flores dan ingin membeli Kopi Bajawa ini harganya cukup ramah dikantong. Harga kopi kemasannya 50.000 rupiah per bungkus untuk kemasan 250 gram.

Lokasi Kopi Bajawa Oleh-Oleh Khas Flores

Kopi Bajawa ini bisa kalian beli di pusat oleh-oleh yang berada di sekitaran kota Flores. Kopi Bajawa ini adalah komoditas yang berasal dari Kabupaten Ngada, Desa Bajawa. Makanya kopi tersebut diberi nama Kopi Bajawa yang disesuaikan dengan daerah asalnya.

Sumber: tribunnews.com, foodnesia.net

Leave a Reply