Air Terjun, Alam, Budaya, Daftar Wisata, Desa Wisata

5 Tempat Wisata Nunukan yang bisa kamu kunjungi

Tempat Wisata Nunukan

Tempat Wisata Nunukan - Sumber: Traveling Yuk

Tempat Wisata Nunukan – Nunukan, merupakan satu dari lima nama kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Utara. Berada di paling utara dan berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia, masyarakat Kabupaten Nunukan kerap menggunakan Bahasa Melayu pada kegiatan sehari-harinya di samping bahasa asli daerah setempat yaitu Lundayah, Kayan, dan Agabag. Kabupaten ini menyimpan banyak potensi wisata alam dan budaya.

1. Long Bawan, Tempat Wisata Nunukan yang indah

Tempat Wisata Nunukan

Tempat Wisata Nunukan – Sumber: Boombastis

Tempat Wisata Nunukan yang pertama adalah Long Bawan. tempat ini merupakan desa asri yang berada di daerah perbukitan, dengan ketinggian 700-1.200 meter di atas permukaan laut dan berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia. Pesawat komersil dari Tarakan atau Malinau dapat mengantarkan pengunjung ke Desa Long Bawan.

Kontur tanah yang rata walaupun terletak di perbukitan membuat desa ini dapat membangun rumah dan juga bercocok tanam. Tanah di Desa Long Bawan terkenal akan suburnya sehingga penduduk setempat dapat mengelolah ladang mereka dengan sistem organik dengan produk berkualitas seperti beras Adan dan juga buah apel.

2. Desa Balatikon

Desa Balatikon, Kecamatan Sebuku merupakan salah satu Tempat Wisata Nunukan lainnya yang harus kamu kunjungi. Tentunya bukan tanpa alasan, tapi tentu karena kondisi alamnya yang masih begitu asri dan hutannya yang masih terjaga, termasuk juga sungai dengan aliran air yang jernih.

Pada bagian-bagian tertentu sungai Desa Balatikon terbentuk seperti pemandian alami yang bisa bebas dinikmati pengunjung. Pengunjung dapat sekedar merendamkan badan atau juga berenang menikmati kolam alami. Sungai ini pun kerap menjadi tujuan bagi para pengunjung yang memiliki hobi memancing.  Di Desa Balatikon terdapat ikan air tawar seperti ikan toman dan ikan gabus berukuran cukup lumayan besar.

3. Air terjun Binusan, Tempat Wisata Nunukan yang menantang

Air terjun Binusan, Tempat Wisata Nunukan

Air terjun Binusan , Tempat Wisata Nunukan – Sumber: Traveling Yuk

Tempat Wisata Nunukan selanjutnya adalah Air Trjun Binusan. Destinasi wisata ini merupakan salah satu lokasi yang sedang difokuskan pengembangan fasilitasnya untuk menarik pengunjung. Fasilitas tersebut adalah seperti misalnya 5 buah gazebo kayu, 2 menara pandang, plaza kuliner, panggung hiburan, souvenir shop, dan juga mushola.

Pemandangan alami dan asri memang membuat air terjun dengan luas kawasan kurang lebih 74 hektar ini terlihat memukau. Pengunjung pun sudah tidak perlu khawatir mengenai kendaraan karena akses masuk ke lokasi wisata sudah dibuat mulus.

4. Kelenteng San Seng Kong

Waktu imlek adalah waktu yang paling tepat untuk mengunjungi klenteng San Seng Kong karena klenteng akan dihias dan ditata dengan cantiknya oleh warga Tionghoa setempat. Tempat Wisata Nunukan yang satu ini memang menawarkan nuansa religi bagi umat Budha di Nunukan.

Baca juga:

Begitu memasuki klenteng, pengunjung akan disambut oleh patung dua ekor naga di bagian kanan dan tiang utama. Rumah ibadah ini mulai dibangun sejak tahun 2006 dan akhirnya diresmikan pada tahun 2008 oleh Bupati Nunukan pada saat itu

5. Air Terjun Ubol Alung

Air terjun setinggi kurang lebih 3 meter Ubol Alung, berada di Lumbis Ogong, Nunukan, Kalimantan Utara. Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Ubol Alung, pengunjung dapat berangkat dari Malinau kemudian melanjutkan perjalanan ke Mansalong di Nunukan, sekitar satu jam dengan perjalanan darat.

Untuk menuju Ubol Alung, pengunjung harus melanjutkan perjalanan menelusuri Sungai Sembakung menggunakan perahu kecil. Ada kabar dari warga setempat bahwa kerap air terjun ini dijadikan tempat bertapa bagi mereka yang mencari petunjuk kepada yang disebut aki atau kakek dalam Bahasa Indonesia. Terlepas dari kebenaran kabar tersebut, Tempat Wisata Nunukan ini menawarkan kecantikan alami memang patut untuk dikagumi setiap mata yang memandang.

Leave a Reply