Alam, Pantai

Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung - Sumber: Arah Jalan

Pantai Gunung Payung – Pulau Dewata Bali memang identik dengan pantainya. Beberapa diantaranya sebut saja Pantai Kuta maupun Pantai Seminyak merupakan dua diantara banyaknya pantai tersohor di Pulau Bali.

Untuk sebagian pengunjung yang mengingkan suasana pantai yang lebih tenang, jangan khawatir. Selalu ada sesuatu untuk setiap pengunjung di Bali. Ternyata masih ada beberapa pantai yang memang belum banyak dikenal pengunjung, salah satunya adalah Pantai Gunung Payung.

Lokasi dan Akses ke Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung

Pura yang ada di Pantai Gunung Payung Sumber: Wikimedia

Sebagian besar pantai pasir putih di Bali berlokasi di Bali bagian Bali Selatan dan juga Bali Timur. Salah satu pantai pasir putih di Bali Selatan yang terkenal adalah pantai Pandawa, di Desa Kutuh Bali.

Baca juga : Kunjungi Pantai Mertasari  di Bali yang indah ini

Siapa sangka masih di satu wilayah sama, sekitar 4,5kilometer dengan waktu tempuh selama 20 menit, terdapat Pantai Gunung Payung ini. Nama pantai ini diambil dari nama sebuah pura dekat lokasi pantai tepatnya di sebelah kiri jalan yang bernama Pura Gunung Payung.

Pantai Gunung Payung, Potensi Wisata baru di Bali

Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung – Sumber: Arah Jalan

Bagi para pengunjung penyuka olahraga, ada banyak tersedia tempat penyewaan olahraga paragliding di sekitar pantai ini. Bagi pengunjung yang baru akan mencoba olahraga ini tidak perlu khawatir karena akan ada tenaga ahli yang siap mendampingi. Tidak hanya itu, pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai tumbuhan yang ditata rapi dan masih dapat terlihat banyaknya monyet liat berkeliaran di area pantai.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan pengunjung adalah tentu saja berenang di air yang biru jernih. Namun tetap harus diwaspadai ketinggian ombak karena pantai ini merupakan salah satu pantai di wilayah selatan Pulau Bali. Ketika ombak sedang tinggi, pantai ini menjelma menjadi pantai favorit para peselancar.

Fasillitas yanga da di Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung – Sumber: Kintamani

Pantai yang belum terjamah ini memiliki potensi tinggi menjadi destinasi popular di Bali. Saat ini destinasi pantai yang belum banyak dikenal ini sedang mengalami penataan, berbagai infrastruktur pendukung dibangun dan ditata dengan baik.

Untuk para pengunjung yang membawa kendaraan sudah tidak perlu lagi khawatir tentang tentang tempat parkir karena sudah tersedia area parkir yang cukup luas. Bahkan, dari tempat parkir ini pengunjung sudah bisa menyaksikan keindahan pantai.

Sarana toilet juga sudah disediakan oleh pengelola destinasi wisata ini. Terdapat juga panggung yang sedang dipersiapkan untuk tempat pementasan tari Kecak dengan latar belakang Samudera Hindia, menjadi tambahan pilihan tempat menonton tari Kecak setelah pilihan tari kecak  selain di Uluwatu, GWK dan di Ubud. Terdapat juga pedagang makanan dan minuman bagi para pengunjung yang datang tanpa persiapan bekal.

Untuk dapat menikmati pantai ini, pengunjung akan dikenakan biaya Rp sebesar 5.000 pada gerbang utama. Sedangkan untuk sampai di bibir pantai, pengunjung harus menuruni anak tangga berjumlah sekitar 300.

Tenang saja, anak tangga tersebut sudah aman dengan adanya pagar besi di pinggir anak tangga. Tidak perlu juga khawatir akan rasa letih, karena sudah pasti semua keringat terbayar setelah memandangan laut lepas berwarna biru jernih.

 

Leave a Reply