Pengetahuan, Daftar Wisata, Gunung

Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar - Sumber: Tripadvisor

Pemandian Air Panas Gunung Pancar – Taman Wisata Alam Gunung Pancar merupakan kawasan konservasi alam dan kawasan hutan lindung yang dipenuhi dengan pohon pinus serta beberapa jenis tumbuhan lain seperti Rasamala, Beringin, Saninten, dan juga pohon Puspa.

Tidak hanya itu, area ini juga masih dipenuhi dengan satwa liar berupa unggas seperti burung jalak, elang, kutilang, dan juga ayam hutan merah. Satwa lain yang ikut mendiami area ini adalah kera, babi hutan, surili, dan juga jelarang.

Lokasi yang berada pada ketinggian 300 – 800meter di atas permukaan laut dengan memiliki kemiringan sekitar 15 – 40% ini memang masih sangat asri dan alami, udara sejuk dan bebas polusi menjadi suguhan yang pastinya dinikmati oleh setiap pengunjung yang datang.

Akses atau Cara menuju Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar – Sumber: Tripadvisor

Untuk dapat berkunjung kesini, banyak rute yang bisa ditempuh dari berbagai kota seperti dari Jakarta, Bandung, dan juga Kota Bogor. Untuk pengunjung yang berasal dari Jakarta kira-kira harus menempuh jarak sekitar 45 km diawali dengan melewati jalan tol menuju ke arah Bogor, dilanjutkan dengan memasuki tol Sentul City dan mengambil arah sebelah kanan yang menuju ke jalan Sentul Raya.

Setelah menempuh jarak kira-kira 8km, akan dijumpai bundaran berbentuk setengah dan lanjutkan perjalanan dengan mengambil arah kiri hingga jarak yang ditempuh sekitar 600 meter. Dari situ, pengungjung hanya perlu mengambil arah ke jalan ke babakan Madang.

Fasilitas yang ada di Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar – Sumber: Pesona Travel

Begitu sampai di lokasi, pengunjung dapat terlebih dahulu memilih kolam yang diinginkan sesuai keinginan dan kebutuhan. Terdapat tiga pilihan cara untuk menikmati air panas di sini. Pertama, kolam pribadi yang dapat disewa per jam untuk satu keluarga khusus satu kolam. Terlihat paling tidak ada tiga kolam yang dibatasi dengan tembok batu.

Lanjut ke cara selanjutnya yaitu terapi air panas yang dilakukan oleh terapis dengan cara menyemprotkan air panas ke bagian-bagian tertentu tubuh yang dikeluhkan oleh pengunjung. Terapi ini memang banyak digemari oleh pengunjung yang membutuhkan terapi khusus. Terapi akan dilakukan di dalam suatu ruangan kecil tertutup.

Baca juga:

Ada juga cara dimana pengunjung memilih sendiri kolam dengan tingkat kehangatan yang sesuai keinginan. Disebut dengan nama Kolam Tiga Rasa. Sesuai dengan Namanya, terdapat tiga kolam dengan tingkat kepanasan yang berbeda-beda yakni panas, hangat, dan biasa.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar – Sumber: Difa Indonesia

Bicara tentang fasilitas di taman ini, terdapat pondok lesehan yang bisa disewa pengunjung untuk tempat beristirahat dengan biaya sebesar Rp 10.000 perjam. Pihak pengelola pun menyediakan jasa pijat, masker, dan lulur tanpa mematok biaya, pengunjung hanya cukup membeli masker lumpur mineral dari warga sekitar Rp 15.000 perbungkus dan memberi tips yang pantas bagi warga yang membantu.

Untuk biaya retribusi, destinasi wisata pemandian air panas gunung pancar ini mematok tiket seharga Rp 5.000 untuk weekday dan Rp 7.500 untuk pengunjung pada weekend. Sedangkan untuk turis mancanegara akan diminta untuk membayar biaya retribusi sekitar Rp 100.000 pada weekday dan Rp 150.000 pada weekend.

 

Leave a Reply