5 Tempat Wisata di Tidore - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, Budaya, Daftar Wisata, Desa Wisata, Museum, Pulau

5 Tempat Wisata di Tidore

Kota Soa Siro dari Puncak Benteng Torre, Tidore

Kota Soa Siro dari Puncak Benteng Torre, Tidore - sumber : kieraha.com

Tempat Wisata di Tidore – Tidore atau Kota Kepulauan Tidore merupakan sebuah kota yang termasuk ke dalam 10 kabupaten besar yang berada di Halmahera, Maluku Utara. Sejak zaman penjajahan, Tidore sudah terkenal hingga Eropa karena terkenal sebagai penghasil cengkeh dan pala. Pelaut pertama yang berhasil merapatkan perahunya di dataran Tidore adalah pelaut dari Spanyol pada tahun 1512. Tidore dulunya juga sempat menjadi ibu kota Provinsi Perjuangan Irian Barat namun setelah Papua masuk ke dalam wilayah Indonesia maka statusnya berubah menjadi Ibu Kota Daerah Administratif Halmahera Tengah dengan Soa Sio Tidore sebagai Ibu Kotanya. Nah pada tahun 2003, Tidore kemudian menjadi Kota Kepulauan Tidore.

Kota yang dulunya memiliki pemerintahan dalam bentuk kesultanan ini menyimpan banyak surga-surga dunia loh. Ada beragam bangunan bersejarah, pantai, desa, pulau hingga pegunungan yang patut masuk dalam daftar liburan kalian nih.

Kira-kira apa saja sih tempat wisata yang tersimpan di Tidore? Berikut daftarnya!

5 Tempat Wisata di Tidore

1.Benteng Torre dan Benteng Tohula

Benteng Torre di Tidore

Benteng Torre – sumber : petualang.travelingyuk.com

Tak lengkap rasanya jika membahas mengenai Tidore tanpa mengulas mengenai tempat bersejarah yang satu ini. Benteng Torre dan Tohula merupakan bangunan yang menjadi saksi bisu kehadiran Bangsa Portugis dan Spanyol di Tidore.

Kedua benteng ini letaknya berdekatakn loh yakni terletak di Soa Sio, Kota Tidore. Benteng Torre dibangun pada tahun 1578 oleh Bangsa Portugis. Nama Torre sebenarnya berasal dari nama Kapten Portugis saat itu yakni De La Torre. Saat masih berfungsi sebagai benteng nih, Benteng Torre kerap digunakan untuk melihat kapal yang hendak menyerang markas Portugis di mana pada saat itu letak markas Portugis ini dekat dengan kedaton Kie Kerajaan Tidore.

5 Tempat Wisata di Tidore 1

Benteng Tahula – sumber : instagram @emyebpj

Sedangkan Benteng Tahula atau Benteng Tohula dibangun oleh Bangsa Spanyol pada thaun 1610 dan menjadi tempat pertahanan hingga tahun 1662. Pendirian benteng ini bertujuan untuk menggeser pengaruh Portugis di Tidore. Benteng Tohula ini didirikan di atas batuan karang yang merupakan titik tertinggi yang sangat strategis unutk mengamati wilayah perairan serta daratan Tidore. Tak ayal pemandangan dari Benteng Tohula sangatlah indah.

Benteng Tohula ini memiliki tiga bastion yang masing-masing terdapat di sudut bentengnya. Namun seiring berjalannya waktu ketiga bastion ini sudah tak lagi terlihat, sudah tertutup tumbuhan. Sedangkan pada Benteng Torre, kalian perlu melewati puluhan anak tangga untuk bisa mencapai puncak dari benteng ini. Tenang, walaupun panas namun kalian akan tetap merasa sejuk karena ada barisan pepohonan yang melindungi kalian dari panas. Sampai puncak kalian akan disuguhkan pemandangan indah dari Gunung Kie Matubu yang berpadu dengan Gunung Halmahera dan lautan. Benar-benar pemandangan yang memukau!

Untuk menuju Benteng Torre dan Tohula kalian perlu menuju Ternate dulu nih sebab Tidore belum mempunyai bandara sendiri. Setelah itu dari Bandara Sultan Baabullah, kalian bisa menuju Pelabuhan Rum Pulau Tidore menggunakan speedboat ataupun kapal Ferry. Perjalanan dapat ditutup dengan menggunakan becak motor (bentor) atau mikrolet menuju Benteng Torre dan Tohula.

2. Gunung Kie Matubu

5 Tempat Wisata di Tidore 2

Gunung Kie Matubu, Gunung yang hampir menduduki seluruh Pulau Tidore – sumber : heikaku.com

Gunung Kie Matubu atau yang sering dikenal sebagai Gunung Tidore ini merupakan sebuah gunung berapi tidak aktif yang berada di tengah-tengah Pulau Tidore. Memiliki ketinggian 1.730 meter di atas permukaan laut membuat Gunung Kie Matubu ini lebih tinggi 15 meter dari Gunung Gamalama di Ternate. Hal ini dikarenakan puncaknya berbentuk lebih lancip dari Puncak Gunung Gamalama.

Kaki Gunung Kie Matubu sudah dapat terlihat dari Pelabuhan Rum, dari sini pula kalian sudah dapat memilih rute pendakian yang ingin kalian gunakan yakni antara melewati Desa Gurabunga atau Desa Mareku.

Leave a Reply