Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Tidore

Makanan Khas Tidore

Makanan Khas Tidore

Makanan Khas Tidore – Tidore atau yang lebih dikenal dengan nama Kota Tidore Kepulauan adalah salah satu kota yang ada di provinsi Maluku Utara, indonesia. Kota ini sudah sangat terkenal sejak zaman penjajahan dahulu karena kota ini kaya akan rempah-rempah.

Sedikit pengetahuan sejarah untuk kamu, bangsa Eropa pertama yang menginjakan kakinya di Tidore adalah pelaut dari Spanyol yang sampai ke Tidore pada tahun 1512. Gubernur pertama yang menjabat menjadi pemimpin Tidore adalah Zainal Abidin Syah yang saat itu juga menjadi Sultan Tidore.

Banyak sekali hal menarik yang bisa kita temukan ketika kita berkunjung ke Kota Tidore Kepulauan. Selain keindahan alam yang mampu memanjakan mata Tidore memiliki pilihan wisata kuliner yang tidak kalah menarik. Ada banyak makanan yang unik bercita rasa nikmat yang bisa kita temukan di Tidore.

Kuliner khas Tidore menjadi salah satu hal yang menarik perhatian wisatawan ketika liburan ke sana. Tidak heran jika sering sekali terlihat turis lokal atau mancanegara yang berkunjung ke Tidore.

Makanan Khas Tidore

Makanan Khas Tidore – sumber : faktualnews.co

Makanan khas setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan keadaan wilayah di sana. Seperti halnya di Tidore, Tidore merupakan kepulauan yang menghasilkan rempah-rempah berkualitas unggul sejak dahulu kala sehingga menarik datangnya penjajah ke Indonesia.

Jenis rempah-rempah berkualitas yang berasal dari Tidore adalah lada, pala, cengkeh, dan masih banyak yang lainnya. Sehingga makanan khas yang berasal dari Tidore kaya akan rempah-rempah.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa kamu coba ketika kamu berkunjung ke Tidore.

1. Tela Gule, Makanan Khas Tidore

Tele gule adalah makanan khas Tidore yang hanya bisa ditemui di Tidore saja. Tela Gule ini adalah salah satu makanan pokok khas Tidore yang berbahan dasar jagung. Cara pengolahan Tela gule juga hampir sama dengan nasi jagung, namun yang membedakannya adalah Tela Gule ditumbuk kasar dan pada umumnya berbentuk kotak.

Tela Gule, Makanan Khas Tidore

Tela Gule, Makanan Khas Tidore – sumber : wisato

Meskipun dijadikan makanan pokok, Tela Gule juga sering dikonsumsi sebagai camilan. Yang membuat orang Tidore menjadikan Tela Gule sebagai makanan pokok adalah karena kaya akan kandungan karbohidrat yang membuatnya cukup mengenyangkan ketika dimakan. Karena dijadikan sebagai makanan pokok membuat Tela Gule mudah untuk di temui di Tidore.

2. Papeda / Popeda

Papeda adalah makanan olahan sagu yang dimasak dengan direbus. Papeda ini tidak ada rasanya, namun biasanya papeda dimakan dengan ditemani sayur berkuah atau yang paling umum dimakan bersama dengan ikan kuah kuning yang kaya akan rempah-rempah.

Papeda Kuah

Papeda Kuah – sumber : pesona travel

Banyak orang berpikir bahwa papeda ini makanan khas Papua. Tapi ternyata makanan ini berasal dari Tidore. Karena sejarahnya dulu wilayah persebaran Kesultanan Tidore mencapai Raja Ampat dan sebagian besar wilayah Pulau Papua, jadi orang Tidore lah yang memperkenalkan papeda ke masyarakat papua.

Baca juga ya :

Papeda ini juga menjadi salah satu makanan pokok sebagian masyarakat Tidore. Dan hidangan papeda ini sekarang mudah untuk ditemukan karena sudah banyak tempat makan khas Tidore yang menyediakan makanan ini. Kira-kira untuk menikmati satu porsi hidangan papeda kita hanya harus merogoh kocek sekitar 25 sampai 40 ribu. Sangat terjangkau bukan, dan hidangan ini juga lebih nikmat dimakan bersama keluarga atau kerabat.

3. Kopi Dabe

Kopi Debe adalah Makanan Khas Tidore atau Minuman Khas Tidore. Minuman yang terkenal dan menjadi ciri khas kota Tidore salah satunya adalah Kopi Dabe. Dalam bahasa Tidore “Dabe” memiliki arti baku tambah atau saling menambahkan. Apa yang ditambah? Ternyata kopi ini ditambah dengan rempah-rempah pilihan pilhan yang membuat rasanya berbeda dengan kopi yang lain.

Kopi Debe

Kopi Debe, Makanan Khas Tidore – sumber : majalah otten, otten coffee

Proses pembuatan Kopi Dabe tidak berbeda dengan kopi yang lainnya. Yakni dengan diseduh air mendidih dan diberi gula sebagai pemanis. Bedanya kopi ini adalah air yang dipakai untuk menyeduh kopi adalah air rebusan dari aneka rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, dan pala.

Kopi Dabe ini sudah ada sejak ratusan tahun silam. Bahkan dulu kopi ini digunakan sebagai minuman untuk tamu kehormatan Sultan Tidore. Kopi Dabe ini bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau dan mudah untuk ditemukan di kedai-kedai kecil di Tidore.

4. Air Guraka

Air Guraka ini adalah minuman khas Kepulauan Tidore yang terbuat dari olahan berbagai macam rempah-rempah. Rempah yang digunakan dalam pengolahan Guraka meliputi jahe, daun pandan, kayu manis, gula aren, pala, serta kenari.

Dari jenis rempah yang digunakan, minuman ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan minuman ini menjadi minuman wajib masyarakat Tidore sehari-hari. Oleh sebab itu semua kafe dan rumah makan di Tidore selalu menyediakan menu Air Guraka ini.

6 Kuliner dan Makanan Khas Tidore 3

sumber : tastemade

Cita rasa Air Guraka adalah rasa pedas yang berasal dari jahe dan rasa manis yang berasal dari gula aren. Ketika diminum Air Guraka membuat badan akan terasa hangat. Selain itu, rasa dari kacang kenari juga melengkapi cita rasa Air Guraka ini menjadi terasa renyah dan gurih.

5. Nasi Jaha, Makanan Khas Tidore yang Lezat

Walaupun orang tidore menjadikan papeda menjadi makanan pokok, tetapi mereka juga tetap makan nasi loh. Salah satu olahan nasi yang terkenal berasal dari Tidore adalah Nasi Jaha. Tidak banyak informasi yang mengenalkan Nasi Jaha ke ruang publik.

Nasi Jaha, Makanan Khas Tidore yang Lezat

Nasi Jaha, Makanan Khas Tidore yang Lezat – sumber : MerahPutih

Nasi Jaha ini adalah olahan nasi yang dimasak dengan bambu. Membuatnya terbilang sederhana, hanya masukan beras ke dalam bambu yang sudah dilapisi dengan daun pisang kemudian bambu dimasak dengan cara dibakar di atas api yang membara.

6. Kue Asidah

Makanan Khas Tidore berupa kue yang paling terkenal adalah kue asidah. Kue ini termasuk kedalam jajanan paling populer di kota Tidore. Pasalnya rasa asidah begitu lezat dan membuat ketagihan. Semua orang penasaran dengan kue asidah, karena kuenya memiliki bentuk yang berbeda dari kue lainnya. Dari bentuk yang berbeda, pasti cita rasa kue yang ditawarkan juga akan berbeda pula.

6 Kuliner dan Makanan Khas Tidore 4

sumber : bungeko.com

Kue asidah berwarna cokelat dikarenakan bahan yang dipakai adalah kurma. Ada beberapa orang Tidore juga membuat kue asidah dengan menggunakan gula aren namun, keduanya memiliki rasa yang nikmat. Hal menarik dari kue asidah yaitu penyajiannya, asidah disajikan dalam bentuk setengah lingkaran kemudian diletakkan pada piring. Ditambahkan dengan topping ghee atau disebut mentega India yang lezat.

***

Itulah 6 dari sekian banyak makanan khas yang berasal dari Tidore, menggugah selera bukan? Apakah anda berminat untuk berkunjung ke Tidore untuk mencicipi makanannya?

Leave a Reply