5 Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir Riau - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Alam, Air Terjun, Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir Riau

bukit berbunga, Tempat Wisata di Tembilahan

bukit berbunga, Tempat Wisata di Tembilahan - foto @andresaputra7

Tempat Wisata di Tembilahan – Tembilahan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Indargiri Hilir, Provinsi Riau. Namanya memang cukup asing, tapi tidak dengan potensi alamnya. Jangan salah, kecamatan ini merupakan salah satu kecamatan penghasil kelapa terbesar di Riau.

Bahkan, Tembilahan masuk dalam kategori kecamatan paling berpotensi di Riau. Hal tersebut dibuktikan dengan kondisi sekitar yang dipenuhi dengan kebun kelapa, baik milik pribadi maupun milik pemerintah.

Namun, di balik potensi alam yang melimpah itu, tahukah kamu bahwa Tembilahan juga punya segudang destinasi wisata yang bisa memanjakan mata? Ya, bukan cuma omong kosong belaka. Faktanya, kecamatan yang satu ini punya sederet tempat wisata yang selalu ramai diserbu pengunjung setiap hari libur tiba.

Penasaran apa saja wisata di Tembilahan? Simak informasinya berikut ini.

1. Agrowisata Indragiri Hilir

Agrowisata Kelapa, Tempat Wisata di Tembilahan

Agrowisata Kelapa, Tempat Wisata di Tembilahan – foto wisato

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Tembilahan Inhil adalah salah satu daerah dengan potensi alam yang luar biasa. Maka tak heran jika di setiap sudut terdapat perkebunan kelapa yang luas.

Potensi ini dikembangkan menjadi sebuah agrowisata. Selain menyenangkan, kamu juga akan mendapat edukasi tentang budidaya kelapa di tempat wisata ini. Ada banyak tempat agrowisata, mulai dari perkebunan di pinggiran, sampai dengan perkebunan yang terdapat di tepian air sehingga kamu membutuhkan perahu untuk dapat menyisirnya.

Jika kamu ingin bersantai di perkebunan darat, kamu tidak perlu mengeluarkan uang. Tapi jika kamu ingin menikmati keindahan agrowisata di pinggir air, kamu perlu menyewa sampan.

2. Air Terjun Tembulun Rusa

air terjun tembulun rusa, Tempat Wisata di Tembilahan

air terjun tembulun rusa, Tempat Wisata di Tembilahan – foto riau-hijau

Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir juga ada air terjunnya. Namanya adalah air terjun Tembulun Rusa. Memang namanya sedikit unik, tapi tempatnya sangat apik. Air terjun ini memiliki ketinggian 18 meter dengan kedalaman kedung sekitar 1,5 meter sehingga aman digunakan untuk berendam bagi orang dewasa.

Airnya sangat jernih karena langsung dari pegunungan yang akhirnya bermuara di sungai Reteh. Lokasi tak jauh, dari pusat kota Tembilahan, kamu bisa menggunakan kendaraan untuk sampai di Desa Batu Ampar.

Selanjutnya, kamu harus jalan kaki menuju lokasi. Rutenya sedikit menantang sehingga cocok buat kamu yang ngaku suka tantangan. Untuk dapat menikmati sejuknya air terjun, kamu tidak dipungut biaya, alias gratis.

Baca juga:

3. Kebun Jeruk Pulau Palas

Kebun Jeruk Pulau Palas, Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir

Kebun Jeruk Pulau Palas, Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir – foto agronet

Di Tembilahan juga ada kebun jeruk yang fenomenal, yaitu kebun jeruk di Pulau Palas. Bukan sekedar kebun jeruk biasa, tapi tempat ini sudah diubah menjadi sarana rekreasi untuk keluarga di akhir pekan.

Meski usianya masih tergolong baru, tapi nyatanya kebun jeruk ini cukup ramai dikunjungi oleh warga setempat maupun dari luar kota. Kebun jeruk Pulau Palas telah dijadikan sebagai salah satu Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir yang bisa kalian kunjungi.

Pada mulanya, tempat wisata ini adalah kebun jeruk milik pribadi. Tapi karena melihat antusias masyarakat yang tinggi, akhirnya si pemilik membukanya menjadi umum. Hingga saat ini begitu banyak orang yang berbondong-bondong mengunjungi kebun jeruk sembari bersantai ria. Untuk sampai ke objek wisata ini, kamu tidak perlu membutuhkan waktu lama sebab jaraknya dari kota cukup dekat.

4. Bukit Berbunga, Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir

bukit berbunga, Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir

bukit berbunga, Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir – foto @andresaputra7

Indragiri Hilir juga punya bukit yang sering dijuluki bukit berbunga. Hal tersebut dikarenakan ada salah satu Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir yakni sebuah bukit yang ditumbuhi banyak jenis tanaman bunga, khususnya Bunga Manik.

Uniknya, bunga-bunga itu hanya tumbuh di sekitaran lereng bukit sehingga tidak bisa dilihat disembarang tempat. Ketika musim semi tiba, pemandangannya sangat indah dan bisa buat betah berlama-lama di sana.

Lokasi Bukit Berbunga Indragiri Hilir berada di ketinggian 150 MDPL. Untuk sampai ke sana, kamu harus jalan setapak demi setapak melewati perbukitan dan sungai yang mengalir di tengah hutan. Memang butuh perjuangan. Tapi ketika sudah sampai di atas, kamu akan takjub dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Paling Hits di Maba Halmahera Timur

5. Kampoeng Selfie

kampoeng selfi, Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir

kampoeng selfi, Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir – foto riauonline

Kampoeng Selfie adalah sebuah tempat wisata yang dikembangkan oleh pemerintah Tembilahan. Di mana, tempat wisata ini menyediakan berbagai spot selfie unik untuk setiap pengunjungnya. Spot-spot selfie itu berupa lukisan-lukisan unik yang menempel di dinding.

Ketertarikan yang besar membuat Kampoeng Selfie diserbu pengunjung pada akhir pekan. Jika ingin ke sana, kamu tidak dipungut biaya, alias gratis. Kamu hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk jasa parkir saja. Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir ini kini telah mejadi salah stau wisata edukatif dan kreatif warga Inhil.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Selayar

Nah, itulah 5 Tempat Wisata di Tembilahan Indragiri Hilir Riau yang bisa kamu kujungi. Jangan lupa dimasukkan ke dalam jadwal liburanmu, ya!

Leave a Reply