Air Terjun, Daftar Wisata, Pantai

5 Tempat Wisata di Maba Halmahera Timur

Pantai jara-jara Tempat Wisata di Maba

Pantai jara-jara Tempat Wisata di Maba- foto wartawisata

Tempat Wisata di Maba – Maba adalah sebuah kecamatan sekaligus Ibu Kota Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, Indonesia. Halmahera Timur sendiri merupakan wilayah pemekaran dari Kabupaten Halmahera Tengah sejak 2003 lalu.

Kabupaten Halmahera Timur terkenal akan sejarahnya ketika Sultan Nuku dari Kesultanan Tidore melawan kolonial Belanda. Oleh karenanya, di Kabupaten ini banyak situs-situs bersejarah yang kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata.

Namun, tidak hanya memiliki wisata sejarah saja, Halmahera Timur juga memiliki banyak surga tersembunyi yang tersebar di beberapa wilayah, salah satunya adalah Maba. Ada banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi di sana. Apa saja wisata di Maba Halmahera Timur? Berikut diantaranya.

1. Pantai Jara Jara

Pantai jara-jara, Tempat Wisata di Maba

Pantai jara-jara, Tempat Wisata di Maba – foto wartawisata

Pantai Jara Jara adalah salah satu Tempat Wisata di Maba Halmahera Timur yang masih tersembunyi dan sunyi. Pantai Jara-jara tepatnya di Desa Jara Jara, Kecamatan Maba Utara.

Pantai ini memiliki pasir putih yang elegan dan halus sehingga wisatawan bisa berjemur dengan nikmat setelah puas bermain air. Pantai ini juga kaya akan terumbu karang yang luas sehingga sangat cocok digunakan untuk berswafoto.

Untuk dapat ke sana, pengunjung bisa menggunakan speed boat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Harga sewa speed boat sekitar 300 ribuan. Di pantai ini belum banyak warung yang berjualan sehingga alangkah baiknya kamu membawa bekal sendiri dari rumah untuk berjaga-jaga.

Tapi jangan lupa untuk menyimpan sampahnya ya sebab pantai ini masih sangat asri sehingga sangat sayang jika harus dikotori.

Baca juga: Pantai Bul-Bul Balige: Versi Ancol Paling Terkenal di Danau Toba

2. Air Terjun Lembah Ayu

air terjun lembah ayu, Tempat Wisata di Maba

air terjun lembah ayu, Tempat Wisata di Maba – direktoridinaspariwisata

empat Wisata di Maba juga punya air terjun yang bernama Lembah Ayu. Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer di kalangan muda mudi. Ketinggian air terjun mencapai 10 meter dengan debit air yang cukup deras. Airnya juga sangat jernih sehingga kamu bisa berendam sepuasnya.

Untuk sampai ke tempat ini, kamu harus melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua sekitar 20 menit menuju Desa Buli. Sesampainya di sana, kamu bisa menitipkan kendaraan pada masyarakat sekitar yang membuka jasa parkir. Kemudian, kamu akan berpetualan menuju lokasi. Diimbau untuk hati-hati agar tidak tergelincir karena medan yang ditempuh cukup terjal dan licin.

3. Pulau To

pulau to, tempat Wisata di Maba Halmahera Timur

pulau to, tempat Wisata di Maba Halmahera Timur – foto alifsanblog

Tempat Wisata di Maba Halmahera Timur selanjutnya adalah Pulau To. Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang berada di Teluk Buli, Kecamatan Maba Selatan.

Teluk ini sering dijadikan tempat rekreasi oleh pengunjung yang rindu akan suasana pantai asri dan alami. Tapi untuk dapat ke sana, kamu perlu menyewa speed boat dengan kisaran harga 350 ribuan.

Akses terdekat untuk dapat ke tempat ini adalah melalui Pelabuhan Buli. Di sana, ada beberapa warga setempat yang menyewakan speed boat sekaligus memandu perjalanan kalian. Disarankan juga untuk membawa perlengkapan sendiri dari rumah, misalnya makanan dan minuman karena di Pulau To tidak ada orang yang berjualan.

4. Pantai Tapalo, tempat Wisata di Maba

pantai tapalo, Tempat Wisata di Maba Halmahera Timur

pantai tapalo, tempat Wisata di Maba Halmahera Timur – foto Instagram/ssnsadli

Pantai Tapalo termasuk sebagai objek wisata bahari yang menjadi andalan Tempat Wisata di Maba Halmahera Timur. Pantai ini terkenal dengan pantai berpasir putih yang dikelilingi oleh pohon cemara.

Lokasinya berada di Desa Gotowasi, Kecamatan Maba Selatan. Jika beruntung, wisatawan akan menemui burung sikekel karena konon katanya pantai ini adalah tempat bersarangnya burung sikekel sejak zaman dulu.

Selain itu, Pantai Tapalo juga ditumbuhi banyak pohon bakau sebagai tempat bertelurnya ikan dan kembang biak siput dengan berbagai jenis. Di pantai ini ada banyak penjual makanan dan minuman sehingga kamu tidak perlu membawa bekal dari rumah.

Baca juga: 4 Pantai di Sukabumi yang Menjadi Destinasi Wisata Terbaik

5. Air Terjun Cibcebi

air terjun cibcebi, Tempat Wisata di Maba Halmahera Timur

air terjun cibcebi, Tempat Wisata di Maba Halmahera Timur – foto jalanwisata

Air Terjun Cibcebi adalah salah satu air terjun paling tinggi di daerah Halmahera Timur. Tinggi airnya mencapai 15 meter dengan debit air yang cukup deras. Aliran dari air terjun ini langsung ke Sungai Waci dan bermuara di pantai yang berada di Desa Waci.

Airnya sangat jernih dan menyegarkan. Udaranya pun sejuk sehingga kamu akan betah berlama-lama di tempat ini. Untuk sampai ke air terjun cibcebi, Tempat Wisata di Maba Halmahera Timur ini kamu harus menempuh perjalanan sekitar 7 kilometer dari Waci menggunakan perahu bermotor.

Kamu bisa mengajak warga setempat sebagai pemandu. Tapi mitosnya, sungai ini dihuni oleh buaya sehingga kamu harus ekstra hati-hati jika mengarunginya. Air Terjun Cibcebi ini cukup sepi dan sunyi saat hari biasa, jadi kalian lebih berhati-hati.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Maba Kabupaten Halmahera Timur. Semoga bisa menjadi referensi untuk jadwal liburanmu, ya!

Leave a Reply