Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Jeneponto, Sulawesi Selatan

Tempat Wisata di Jeneponto

Air Terjun Tama’lulua, Tempat Wisata di Jeneponto – Foto by @muhyaserrparawansa

Tempat Wisata di Jeneponto – Jeneponto adalah salah satu kabupaten di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, dengan nama ibukotanya Bontosunggu. Kondisi topografi Kabupaten Jeneponto pada bagian utara merupakan lereng pegunungan.

Sedangkan bagian tengah dan bagian selatan merupakan pesisir serta dataran rendah. Daerah Jeneponto identik dengan kuda. Tapi saat ini kita tidak akan bercerita tentang kuda, melainkan 5 Tempat Wisata di Jeneponto  yang wajib kamu sambangi saat kamu datang kekota ini.

1. Air Terjun Tama’lulua

Tempat Wisata di Jeneponto yang pertama adalah adalah Air Terjun Tama’lulua. Terletak di Desa Bontomanai, Kec Rumbia, Kab. Jeneponto dengan rute Makassar-Gowa-Takalar-Jeneponto. Waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Jeneponto. Untuk sampai ke air terjun Tama’lulua kamu harus treking sekitar satu jam. Siapkan sepatu atau sandal gunung yang nyaman.

Air Terjun Tama'Lulua, Tempat Wisata di Jeneponto

Air Terjun Tama’Lulua, Tempat Wisata di Jeneponto – Foto by @muhammad_rais_alfandy

Jalan yang dilalui tidak mudah, cukup terjal dengan bebatuan. Tetapi kelelahan yang kamu rasakan akan terbayar begitu melihat air terjun setinggi kurang lebih 30 meter dengan air yang mengalir deras. Biaya parkir motor Rp. 2.000 dan kendaraan mobil Rp. 5.000, sementara untuk tiket masuk dikenakan tarif Rp. 10.000/orang.

Keindahan air terjun Tama’lulua juga bisa kamu nikmati dari bukit Bossolo, itulah kenapa air terjun Tama’lulua juga dikenal dengan nama air terjun Bossolo. Pemandangan hijau dipadu derasnya air terjun dapat menjadi pil penenang buat kamu yang penat dengan rutinitas sehari-hari sekaligus mengagumi keindahan alam ciptaan Tuhan.

2. Batu Siping

Tempat Wisata di Jeneponto selanjutnya yang bis akamu kunjungi adalah Batu Siping. Siping sendiri artinya sempit. Jadi Batu Siping adalah Batu Sempit. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata eksotis yang terletak di Desa Garassikang, Kec Bangkala, Kab Jeneponto.

Dari Makassar waktu tempuh ke Batu Siping adalah dua jam. Sedangkan rute menuju ke Batu Siping dari Jeneponto sekitar 7 km dengan waktu tempuh satu jam. Masuk ke wisata Batu Siping, pengunjung tidak dikenakan biaya.

Batu Siping, Tempat Wisata di Jeneponto

Batu Siping, Tempat Wisata di Jeneponto – Foto @srihriytigus___?

Bebatuan karst yang terbentuk dari proses alami, abrasi laut disekelilingnya menjadikan Batu Siping tempat wisata dengan keunikan sendiri. Kamu bisa berswafoto disini, untuk pencinta fotografi, Batu Siping adalah The best place. Areanya berupa sungai-sungai yang tampak dipermukaan hilang dan terputus oleh bebatuan.

Yang unik jika kamu ingat dengan program tayangan telivisi Benteng Takeshi, bebatuan ini dapat dijadikan permainan loncat batu seperti Benteng Takeshi tapi tentunya kamu tidak usah khawatir ada jebakan batu ringan yang dapat membuat kamu jatuh ke sungai.

Sebelum masuk tempat wisata Batu Siping, kamu akan mendapati juga hamparan luas pohon lontar, dan karena terletak di pesisir pantai, indahnya sunset sangat cocok kamu nikmati di sini.

Baca juga ya :

3. Danau Bulu Jaya, Tempat Wisata di Jeneponto

Danau Bulu Jaya, Tempat Wisata di Jeneponto

Danau Bulu Jaya, Tempat Wisata di Jeneponto – Foto by @jauhjalan

Danau Bulu Jaya adalah Tempat Wisata di Jeneponto selanjutnya. Terletak di Desa Bulu Jaya, kec. bangkalan barat, Jeneponto. Sekitar delapan kilometer dari Jeneponto. Hamparan bukit luas dan tempat asri, danau dengan air yang jernih menjadi ekstasi bagi wisatawan yang datang ke Danau Bulu Jaya.

Tempat ini cocok dikunjungi pada musim penghujan, karena rumput-rumput yang menghijau menjadikan panorama di Danau Bulu jaya segar sejauh mata memandang yang kontras dengan warna biru langit. Kamu dapat menikmati keindahan alam dengan hanya duduk atau berdiri di atas bukit. Tempat wisata ini cocok juga untuk para pencinta swafoto.

4. Pulau Libukang

Pulau Libukang, Tempat Wisata di Jeneponto

Pulau Libukang, Tempat Wisata di Jeneponto – Foto by radarselatan.fajar.co.id

Pulau Libukang juga masuk kedalam daftar Tempat Wisata di Jeneponto yang juga sayang untuk kalian lewatkan. Pulau Libukang yang artinya pulau harapan, seluas delapan hektar terletak tidak jauh dari Kabupaten Jeneponto.

Rute perjalanan dimulai dari Kota Makssar ke Kabupaten Jeneponto, sekitar dua jam perjalanan dan dilanjutkan dengan menyeberang ke Pulau Libukang menggunakan perahu berjarak kurang lebih 500 meter dengan waktu 15 menit. Biaya menggunakan perahu kecil Rp. 5.000/orang.

Pulau Libukang memiliki makam leluhur yang bernama makam Puang Hawang, jika menjelang bulan ramadhan warga keturunan Pulau Libukang masih sering berziarah ke Puang Hawang.

Kamu dapat menikmati jernihnya air laut dan sejuk angin serta melihat jejeran pohon kelapa kokoh di pinggir pantai yang beralaskan pasir putih. Di Pulau Libukang kamu dapat berswafoto karena banyak titik tempat yang eksotis disini.

5. Pantai Garassikang

Pantai Garassikang juga menjadi salah satu Tempat Wisata di Jeneponto selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Pantai ini terletak di Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Sekitar 30 km dari Jeneponto. Untuk menuju pantai kita harus melewati jalan sempit tak beraspal sejauh 3 Km.

Pantai Garassikang, Tempat Wisata di Jeneponto

Pantai Garassikang, Tempat Wisata di Jeneponto – Foto by @Gadispelosok

Memang Pantai Garassikang kurang terekspos, dan agak minim dari segi perawatan, jika berkunjung ke sini lebih seperti berkunjung ke alam liar dibanding tempat wisata tapi tidak usah khawatir gugusan bebatuan kapur putih dapat kamu nikmati disini saat sunrise maupun sunset akan jadi penawar lelah kamu saat berkunjung kesini.

Jangan lupa, siapkan kamera atau ponsel terbaik kamu untuk berswafoto di Pantai Garassikang. Enjoy your trip!

 

 

 

Leave a Reply