Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Arosuka Solok

5 Tempat Wisata di Arosuka Solok 1

flickr.com

Tempat Wisata di Arosuka Solok – Arosuka adalah ibukota dari kabupaten Solok yang berada di Sumatera Barat yang termasuk 10 kota terbesar di Pulau Sumatera. Kota ini berjarak sekitar 40 km dari kota Padang. Solok berada di ketinggian 300 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut sehingga kabupaten ini berudara dingin khas pegunungan.

Jika membahas tentang wisata, Solok memiliki banyak tempat wisata yang indah seperti 5 tempat wisata di Gowa Sulawesi Selatan. Sudah penasaran ada apa saja di Solok? Yuk simak 5 tempat wisata di Arosuka Solok berikut ini.

1.  Danau Singkarak

Danau yang terkenal dengan keindahannya ini memiliki air yang sangat jernih. Tak heran jika di danau ini hidup beberapa jenis ikan. Jenis ikan yang paling terkenal dan kerap diolah oleh masyarakat setempat adalah Ikan Bilih.

Danau Singkarak adalah danau terbesar kedua di Sumatera sehingga danau ini membentang hingga ke kabupaten lainnya, yaitu kabupaten Tanah Datar. Salah satu dari 5 tempat wisata di Arosuka Solok ini dikelilingi oleh perbukitan hijau sehingga pemandangannya semakin indah.

Danau Singkarak

Danau Singkarak, Tempat Wisata di Arosuka Solok – foto histori.id

Banyak orang yang sekedar datang untuk duduk sambil menikmati pemandangan yang indah. Kegiatan yang bisa dilakukan di danau ini adalah berkeliling dengan sampan yang harga sewanya berubah-ubah sesuai dengan kesepakatan orang-orang setempat yang mengayuh sampan. Danau ini sangat mudah untuk didatangi karena letaknya strategis. Transportasi umum seperti minibus dan mobil travel bisa disewa dari Padang atau Padang Panjang. Jangan sampai lupa untuk berfoto atau mampir ke Dermaga Singkarang yang menjadi ikon danau ini. Keindahan danau ini bisa dilihat dari ketinggian, yaitu Puncak Gobah dan Puncak Bukik Pulau atau Puncak Thailand.

2.  Pulau Belibis

Tempat Wisata di Arosuka Solok yang kedua adalah Pulau Belibis. Kawasan seluas 4 hektar ini layak dikunjungi karena sudah dibangun dengan baik oleh Pemerintah Kota Solok.  Salah satu dari 5 tempat wisata di Arosuka Solok ini sebenarnya adalah taman rekreasi bernuansa alam.

Dahulu kawasan ini mati suri yang hidup segan mati tak mau, tetapi sekarang tempat ini begitu ramai dikunjungi terutama pada masa libur lebaran. Tempat ini terletak ini di Jalan Solok – Simpang Tanjung Nan IV, Kampung Jawa, Tanjung Harapan, tepatnya sekitar 3 km dari pusat kota Solok.

Pulau Belibis

Pulau Belibis – min.wikipedia.org/wikipedia minangkabau

Kawasan ini didukung oleh beberapa tempat wisata seperti Taman Pramuka dan Arena Pacuan Kuda.  Salah satu tempat terfavorit para pengunjung adalah telaga besar yang dihuni oleh beberap jenis ungags, terutama belibis. Atas dasar itulah, kawasan ini diberi nama Pulau Belibis.

Tersedia balon air untuk anak-anak dan perahu bebek untuk mengelilingi telaga dengan tarif Rp 10 ribu saja per wahana dengan durasi satu jam. Bahkan, tersedia juga flying fox yang memacu adrenalin karena permainan ini melintasi telaga yang luas. Uniknya, untuk merasakan keseruan, para pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Jika bawa kendaraan pribadi tentu harus bayar parkir. Untuk motor Rp 2 ribu dan mobil Rp 5ribu saja tanpa hitungan jam.

3.  Danau Diateh dan Danau Dibawah

Danau kembar yang kerap disebut Danau Diateh dan Danau Dibawah (Danau Diatas dan Danau Dibawah) ini terletak di Alahan Panjang, Solok. Danau Diatas berada di pinggir jalan Padang, Muara Labuh, sedangkan Danau Dibawah terletak di Bukit Sireh, kecamatan Lembang Jaya. Jarak keduanya hanya 300 meter sehingga para pengunjung bisa melihat keduanya dengan berjalan kaki saja.

Danua Kembar

Danau kembar – klikpositif.com

Uniknya, danau yang posisinya lebih tinggi justru disebut Danau Dibawah, sedangkan danau yang posisinya lebih rendah disebut Danau Diatas. Layaknya penampakan alam, danau ini bisa dilihat dan dinikmati keindahannya secara gratis.

Panorama di sekitar danau sangat indah dengan latar pegunungan yang berselimut kabut. Para pengunjung juga bisa melihat aktivitas para petani sayuran yang mengasyikkan. Jika hobi memancing, danau ini bisa dijadikan tempat untuk memancing. Suasana yang hijau dan asri pasti menjadi sarana rekreasi tersendiri.

4.  Bukit Cambai

Tempat Wisata di Arosuka Solok adalah Bukit Cambai. Jangan sampai melewatkan bukit indah ini ketika berada di kota Solok. Memangnya kenapa? Karena dari atas bukit ini bisa terlihat nyaris seluruh keindahan alam di Solok. Empat danau indah di Solok, yaitu Danau Singkarak, Danau Diatas, Danau Dibawah, dan Danau Talang bisa terlihat dari puncak Bukit Cambai.

Bahkan, bukit yang terletak di Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti ini bisa terlihat empat gunung termasyhur, yaitu Gunung Kerinci, Gunung Marapi, Gunung Talang, dan Gunung Singgalang.

Bukit Cambai

Bukit Cambai – foto twitter.com

Ada dua pilihan bagi para pengunjung yang ingin sampai di puncak bukit ini. Apa saja ya? Pertama, mengendarai motor trail yang disewa. Kedua, mendaki atau berjalan kaki. Tenang saja, namanya juga bukit, tentu saja tidak sesulit dan setinggi gunung untuk didaki.

5.  Danau Talang

Tempat Wisata di Arosuka Solok adalah danau Talang

Danau Talang, Tempat Wisata di Arosuka Solok – foto flickr.com

Sesuai dengan namanya, danau ini berada di kaki Gunung Talang. Danau talang adalah salah satu dari 5 tempat wisata di Arosuka Solok yang layak untuk dikunjungi. Pemandangan yang begitu indah dan udara yang sejuk tentunya sayang untuk dilewatkan.

Danau ini kerap disebut telaga sunyi karena airnya sangat tenang dan lokasinya yang cukup tersembunyi. Transportasi terbaik yang bisa digunakan untuk mengunjungi danau ini adalah motor karena jalannya cukup sempit dan kurang baik. Layaknya danau sebagai kenampakan alam, danau ini bisa dikunjungi secara gratis.

Itulah 5 tempat wisata di Arosuka Solok yang bisa menjadi referensi ketika pulang ke Solok atau sedang berada di Solok karena kepentingan tertentu. Buatlah momen yang indah selama di Solok dengan mengunjungi 5 tempat wisata di Arosuka Solok ini. Selamat berlibur!

 

Leave a Reply