Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Bukit, Danau, Museum

5 Tempat Wisata di Gowa Sulawesi Selatan

5 Tempat Wisata di Gowa Sulawesi Selatan 1

Tempat Wisata di Gowa – Gowa adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang menyimpan banyak keindahan seperti air terjun, lembah, pegunungan, dan masih banyak lagi. Semua tempat wisata ini begitu menyenangkan terutama tempat wisata alam.

Pemandangannya sangat indah sehingga memanjakan mata. Tempat-tempat wisata di Gowa ini seperti Bulukumba yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Sulawesi Selatan. Hasilnya, kunjungan Anda dijamin tidak akan terlupakan.

Simak  5 tempat wisata di Gowa Sulawesi Selatan berikut ini  yang bisa menjadi refensi kunjungan Anda.

1.  Danau Tanralili

Danau Tanralili

Danau Tanralili – foto ig @appink008

Tempat Wisata di Gowa yang pertama adalah Danau Tanralili. Danau Tanralili yang sangat eksotis ini terletak di Parigi, Manimbahoi, Gowa, Sulawesi Selatan. Tepatnya berada di di kaki Gunung Bawakaraeng.

Perjalanan menuju Danau Tanralili cukup sulit, tetapi akan terbayar lunas dengan keindahan yang dilihat ketika sampai di tempat ini.

Persiapkanlah kondisi fisik dan mental untuk menempuh perjalanan ini. Semua pengunjung harus menyusuri kaki gunung terlebih dahulu dengan medan yang cukup sulit.

Perjalanan Menuju Danau Tanralili dan Biayanya

Perjalanan dimulai dari Desa Lengkese yang cukup mudah ditempuh karena ada petunjuk yang lengkap sehingga tidak tersasar.

Jika membawa kendaraan pribadi maka harus diparkir terlebih dahulu. Biaya parkir untuk motor Rp 5ribu dan mobil Rp 10.000 tanpa hitungan jam. Simaksi atau karcis masuk sebelum trekking sekitar Rp 5 ribu per orang.

Baca Juga :

Waktu tempuh untuk sampai di danau ini sekitar 3 jam. Hati-hati ketika melintasi jalan setapak yang terbuat dari tanah. Dilanjutkan dengan melewati danau kecil dan jalan berbatu yang terbuka.

Gunakan topi ketika melakukan perjalanan pada siang hari karena lokasinya begitu terik. Setelah itu, ada beberapa tanjakan yang cukup terjal dengan kondisi jalan yang berbatu dan becek ketika hujan.

Selamat datang di Danau Tanralili. Para pengunjung akan disambut oleh bukit hijau dengan aliran air di bawahnya. Kabut tipis akan terlihat pada pagi hari sehingga tempat ini terlihat sangat eksotis.

Udara sejuk akan memeluk para pengunjung yang datang. Semua rasa lelah hilang dan digantikan dengan rasa takjub yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

2.  Lembah Ramma

Lembah Ramma

Lembah Ramma Tempat Wisata di Gowa – mediawarta.com/

Tempat Wisata di Gowa yang kedua adalah Lembah Ramma. Lembah yang terletak di Bonto Lerung, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi Selatan ini sangat unik. Para pengunjung yang berjanji untuk kembali lagi ternyata memang bisa kembali ke tempat ini.

Lokasinya berdekatan dengan Danau Tanralili. Jalan yang harus dilalui untuk menuju lembah ini sangat berkelok.

Daya tarik yang luar biasa seperti magnet membuat lembah ini ramai dikunjungi. Cuaca yang sejuk khas pegunungan membuat semua orang betah berada di lembah ini.

Ketika mendaki Gunung Bawakaraeng harus menyempatkan diri ke Lembah Ramma, sebelum atau setelah berkunjung ke Danau Tanralili.

Perjalanan yang dilakukan oleh orang-orang yang berasal dari luar Sulawesi Selatan biasanya dimulai dari Makassar menuju Malino sekitar 2 jam.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Lembanna untuk memarkir kendaraan. Biaya parkir untuk motor Rp 5ribu dan mobil Rp 10.000 tanpa hitungan jam. Simaksi atau karcis masuk sebelum trekking sekitar Rp 5 ribu per orang.

3.  Malino Highland

Tempat Wisata di Gowa Malino Highland

Malino Tempat Wisata di Gowa – jalanwisata.id

Salah satu dari 5 tempat wisata di Gowa Sulawesi Selatan adalah Dataran Tinggi Malino (Malino Highland).

Malino Highland terletak di Pattapang, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi Selatan. Para pengunjung akan melewati hutan pinus yang tinggi dan bertemu hewan-hewan liar seperti kuda ataupun rusa.

Kalau ditanya tentang keindahannya, tentu saja tempat ini sangat indah. Ada tempat nyaman untuk bersantai sambil rileks, minum teh atau kopi, dan makan cemilan. Tempat yang dimaksud adalah Kafe Green Kepo. Kafe ini begitu unik dan memiliki arsitektur khas Jepang.

Perjalanan yang dilakukan oleh orang-orang yang berasal dari luar Sulawesi Selatan biasanya dimulai dari Makassar menuju Malino sekitar 2,5 jam.

Ciri khas dari tempat ini adalah hamparan kebun teh yang begitu hijau dan udaranya yang begitu segar. Tak heran jika semua pengunjung pasti menyukai tempat ini.

Harga karcis masuk untuk wisata khusus ke Dataran Tinggi Malino adalah Rp. 25.000 untuk anak-anak dan Rp 50.000 untuk orang dewasa. Jika ingin menghabiskan waktu di hutan pinus saja, cukup bayar  Rp 3.000 saja per orang dan ada biaya tambahan untuk wahana rekreasi di hutan.

4.  Air Terjun Parangloe, Tempat Wisata di Gowa Yang Menantang

Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe – idntimes.com

Tempat Wisata di Gowa yang ke empat adalah Air Terjun Parangloe. Air terjun ini berada di Belapunranga, Parangloe, Gowa, Sulawesi Selatan. Bentuk air terjun ini sangat unik karena ada batu-batu yang bersusun begitu unik. Air terjun setinggi 20 meter ini begitu jernih dan segar airnya.

Lokasi air terjun ini tidak begitu mudah untuk dilalui karena harus melewati jalan berbatu dan jalan setepak yang cukup terjal.

Jangan berkunjung ke air terjun ini ketika musim hujan karena sering ada air bah yang tiba-tiba datang sehingga membahayakan para pengunjung.

Air terjun ini juga berada di kaki Gunung Bawakaraeng sehingga jalannya juga cukup sulit dilewati. Masuk melalui Perhutani Gowa, dilanjutkan dengan mendaki.

Kemudian bayar uang retribusi Rp10.000 per orang, perjalanan belum selesai karena masih harus berjalan sekitar 30 menit. Para pengunjung akan sampai di warung yang meminta uang Rp 6000 per orang sebagai pungutan liar (pungli).

5.  Museum Balla Lompoa, Tempat Wisata di Gowa yang bersejarah

Museum Balla Lompoa

Tempat Wisata di Gowa yakni Museum Balla Lompoa – ihategreenjello.com

Salah satu dari 5 tempat wisata di Gowa Sulawesi Selatan adalah Museum Balla Lompoa. Museum ini terletak di Sungguminasa, Somba Opu, Kabupaten Gowa. Seperti Museum Radya Pustaka, tempat bersejarah ini adalah bangunan rekonstruksi yang berasal dari istana kerajaan Gowa ke tiga puluh satu pada tahun 1936.

Ada banyak bukti sejarah peradaban kerajaan Gowa di tempat ini. Selain itu, museum ini menyimpan koleksi benda kerajaan seperti mahkota, keris, perhiasan, dan benda lainnya yang terbuat dari emas murni yang juga dihiasi dengan batu berlian, ruby, maupun permata.

Museum ini terletak di Jl. K. H. Wahid Hasyim No.39, Sungguminasa, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan. Museum ini bisa dikunjungi hanya dari Senin hingga Jumat dengan harga tiket masuk Rp 5.000 saja per orang. Jadwal Senin hingga Kamis buka dari pukul 08.00-16.00 dan Jumat buka dari pukul 08.00-11.00.

***

Itulah 5 tempat wisata di Gowa Sulawesi Selatan yang begitu menarik untuk dikunjungi. Jagalah kebersihan dan kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selamat berlibur dengan gembira!

 

 

Leave a Reply