Lagu Daerah, Budaya, Pengetahuan

5 Lagu Daerah Kalimantan Tengah

Lagu daerah Kalimantan Tengah

Sumber : Youtube.com

Lagu daerah Kalimantan Tengah – Provinsi Kalimantan Tengah yang dikenal dengan Bumi Tambun Bungai adalah salah satu provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan. Palangkaraya merupakan ibukota Kalimantan Tengah.

Daerah ini kaya akan objek wisata dan hasil alamnya. Selain memiliki kekayaan alam, Kalimantan Tengah juga kaya akan seni dan budaya. Provinsi ini memiliki warisan budaya dan kesenian seperti tarian daerah, seni kriya, upacara adat, pakaian adat, alat musik dan lagu daerah.

Berikut 5 Daftar Lagu Daerah yang berasal dari Kalimantan Tengah

Lagu daerah merupakan lagu yang diciptakan oleh masyarakat setempat. Biasanya mengangkat kisah atau adat yang terdapat di daerah tersebut. Lagu daerah juga sarat akan makna dan pembelajaran. Akan tetapi, banyak lagu daerah yang tidak diketahui siapa penciptanya. Terkadang, lagu ini digunakan untuk mengiringi tarian daerah setempat.

Setiap lagu daerah memiliki ciri khasnya masing – masing. Berikut kami akan berikan daftar lagu daerah yang berasal dari daerah Kalimantan Barat yang bisa kalian pelajari.

1. Naluya

5 Lagu Daerah Kalimantan Tengah 1

Notasi dan Lirik Lagu Naluya – Foto : inotesweb.com

Naluya adalah salah satu lagu daerah Kalimantan Tengah. Lagu ini populer di kalangan anak – anak. Setiap liriknya sarat akan pembelajaran terutama untuk anak – anak.

Makna yang terkandung dalam lagu ini mengajarkan anak – anak untuk belajar teratur dan mandiri. Naluya memiliki birama 2/4 dan dinamika yang lambat. Klik disini untuk mendengarkan lagu Naluya.

2. Tumpi Wayu

5 Lagu Daerah Kalimantan Tengah 2

Notasi dan Lirik Lagu Tumpi Wayu – Foto : aamina1panhwar.blogspot.com

Lagu daerah Kalimantan Tengah selanjutnya yaitu Tumpi Wayu. Makna lagu ini yaitu memperkuat musik yang komposisinya disusun berdasarkan nilai Рnilai budaya atau tradisi turun-temurun.

Tumpi Wayu memiliki birama 3/4 dan dinamika yang sedang. Bahasa yang digunakan adalah bahasa manyaan. Biasanya bahasa ini digunakan oleh penduduk Suku Dayak yang tinggal di Kabupaten Barito. Kamu bisa dengarkan lagu Tumpi Wayu disini.

Mungkin kamu mau membaca ini :

3. Mamangun Mahagu Lewu

5 Lagu Daerah Kalimantan Tengah 3

Foto : Youtube.com

Mamangun Mahagu Lewu merupakan lagu daerah¬† asal Kalimantan Tengah. Lagu ini berisi nasehat untuk selalu menanamkan disiplin pada diri. Selain itu, lagu Mamangun Mahagu Lewu juga mengajarkan agar manusia tidak lalai. Dalam lagu terdapat kata “lewu” yang artinya berantakan. Konon jika kita lalai, maka hidup kita akan berantakan. Kamu bisa mendengarkan lagu Mamangun Mahagu Lewu disini.

Berikut lirik lagu Mamangun Mahagu Lewu :

Aku manyanyi manyampai kabujur
Maninting itah akan ije kapakat
Pakat mamangun mahaga lewu
Lewu maju kasanang maningkat

Tagal nahuang maraup amas
Lanting sedot mangarak baras
Himba pahewan lepah talampas
Metu karayap galabah uras

Ela laya yo ela laya
Mamangun mahaga lewu
Sanang mangat eka kahimat
Bahu himba harajur ihaga

4. Manari Manasai

5 Lagu Daerah Kalimantan Tengah 4

Notasi dan Lirik Lagu Manari Manasai – Foto : Seputarmusikal.com

Lagu daerah Kalimantan Tengah lainnya adalah Manari Manasai. Lagu ini merupakan hasil karya Holten. R. Biasanya lagu ini digunakan untuk mengiringi tari manasai. Nada yang digunakan cenderung ceria dan gembira.

Tari manasai merupakan salah satu tarian khas Kalimantan Tengah yang sering ditampilkan pada saat acara penyambutan. Tarian tersebut biasanya dibawakan oleh beberapa orang yang saling berselang – seling antar laki – laki dan perempuan. Lagu Manari Manasai memiliki birama 4/4. Kamu bisa dengar lagu Manari Manasai disini.

5. Malauk Manjala

5 Lagu Daerah Kalimantan Tengah 5

Notasi dan Lirik Lagu Malauk Manjala – Foto : seputarmusikal.com

Pulau Kalimantan memiliki potensi yang cukup besar pada sektor kelautan. Banyak masyarakat setempat yang berprofesi sebagai Nelayan. Keadaan tersebut menjadi inspirasi bagi pencipta lagu Malauk Manjala. Namun, si pencipta lagu ini tidak diketahui.

Lagu ini menceritakan tentang penjala ikan (nelayan). Kehidupan nelayan yang selalu bekerja sama dan saling menolong. Dalam liriknya juga diceritakan nelayan menyudahi pekerjaannya dan pulang ke rumah saat senja tiba. Lagu ini memiliki birama 4/4. Kamu bisa dengarkan lagu Malauk Manjala disini.

Baca juga :

Leave a Reply