Air Terjun, Alam

9 Curug di Bogor yang lagi ngehits

9 Curug di Bogor yang lagi ngehits 1

sumber-superadventure.co.id

Curug di Bogor – Mungkin sebagian dari kamu masih ada yang bertanya apa itu curug. Sebenarnya curug itu adalah air terjun. Dalam bahasa sundanya Air terjun itu adalah curug. Jadi, jangan bingung lagi ya gaes, hehe.

Nah kali ini kita akan bahas tentang curug yang keren-keren nih di Bogor. Kamu tau kan, selain dikenal sebagai kota hujan Bogor juga dikenal sebagai kota seribu Curug.

Mau tau 9 Curug di Bogor yang lagi ngehits ? Yuks baca sampai habis ya

 1. Curug Lontar

curug lontar, Curug di Bogor yang ngehits

curug lontar, Curug di Bogor yang ngehits – foto ig @atef_afrinjie

Curug di Bogor yang ngehits pertama adalah Curug Lontar. Curug  yang memiliki ketinggigan sekitar 37 meter dengandebit air yang cukup deras namun sangat mempesona.

Air terjun ini mengalir dari sungai Cianten dan bermuara di aliran sungai besar Cisadane yang dijadikan sebagai sumber air untuk PLTA.

Di curug Lontar tentunya ada air ya gaes. Nah disini kamu bisa bermain air dan berenang namun harus tetap waspada.

Jangan berenang terlalu tengah, karena apabila mendadak hujan, debit air akan dua kali lipat dari sebelumnya. Jangan lupa untuk menggunakan pelampung karena kolamnya dalam sekali.

Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk bisa kesini dari Bogor.

Dari stasiun Bogor, pergilah ke arah Leuwiliang dan melewati kampus IPB. Setelah sampai di Jembatan Sungai Cianten, arahkan kendaraanmu menuju PLTA unit Kracak. Curug Lontar berada sekitar 200 meter dari PLTA unit Kracak.

Harga Karcis atau harga tiket masuk Curug di Bogor Tenang saja, dengan harga yang murah yaitu Rp 5000 per orang kamu bisa menikmati indahnya pemandangan alam dan segarnya air terjun.

Jika ingin menyewa pelampung, kamu bisa menyewanya dengan harga Rp 10000

2. Curug  Walet

Curug di Bogor yang lagi ngehits selanjutnya adalah curug walet. Curug Walet Bogor merupakan salah satu obyek wisata alam yang menawan.

Tempat wisata ini masih begitu alami, namun sudah ditata sedemikian rupa sehingga bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Curug Walet Pamijahan

Curug Walet Pamijahan – foto ig @aahmad_86

Tempat yang tersembunyi dengan track yang menantang menjadi bonus tersendiri.

Bahkan sebelum sampai ke air terjun, kamu pun akan disuguhkan dengan hamparan sawah hingga perbukitan.

Curug Walet Ini berada di Kecamatan Pamijahan. Lebih tepatnya di Desa Ciasihan.

Lokasinya pun bisa dicapai hingga areal parkir dengan roda dua maupun roda empat. Jarak tempuh dari pusat ibu kota Jakarta sepajang 91,6 km atau sekitar 2- 3 jam perjalanan.

3. Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung , Curug di Bogor yang lagi ngehits

Curug Cikuluwung , Curug di Bogor yang lagi ngehits – sumber-superadventure.co.id

Curug di Bogor yang lagi ngehits selanjutnya adalah Curug Cikuluwung. Curug ini sangat indah dan sangat dingin airnya.

Di Curug Cikuluwung ini tentu saja kamu bisa bermain air dan berenang sepuasnya serta mengambil poto karena disini pemandangan dan pepohonannya sangat menarik.

Ditambah lagi dengan kicauan burung dan derasnya air yang mengalir menjadikan suasana alamnya sangatlah menenangkan.

Lokasi nya terletak di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan.

Kamu bisa berangkat dari Kota Bogor menuju ke Cemplang. Kemudian dalam waktu tempuh 1 jam, kamu akan sampai di Curug Cikuluwung menggunkan kendaraan roda dua.

Untuk Harga Karcis atau harga tiket masuk ke Curug Cikuluwung sama saja dengan curug yang lainnya, yaitu sekitar Rp 10000. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan dan biaya izin camping.

4. Curug Balog Endah

Curug Balog Endah, Curug di Bogor yang keren

Curug Balog Endah, Curug di Bogor yang keren – sumber-idntimes.com

Curug Balog Endah adalah salah satu Curug di Bogor yang keren daan memiliki warna air yang sangat bening.

Curug Balog Endah mulai populer ebberapa tahun belakangan setelah banyaknya wisatawan yang datang memposting Curug Balog Endah di media sosialnya.

Di Curug Balog Endah terdapat sebuah kolam yang jernih dengan kedalaman sekitar 1,5 meter cocok banget buat kamu yang takut akan kedalaman. Kamu bisa berenang sepuasnya dan mengabadikan foto di tempat kece ini.

Lokasi Curug Balog Endah berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Slak (TNGHS), Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan.

Aksesnya cukup sulit gaes, jaraknya sekitar 29 km dari kota Bogor yang bisa ditempuh menggunakan mobil atau motor dalam waktu 1 jam lebih.

Untuk rute menuju Curug Balog Endah kamu bisa dari dermaga IPB, kemudian ke Ciampea, dan langsung ke TNGHS. Untuk harga tiket masuk ke Curug Balog Endah adalah  karcisnya Rp 10000 saja. Cukup Murah bukan?

5. Curug Cikaracak, Curug di Bogor yang masih tersembunyi

Curug Cikaracak, Curug di Bogor

Curug Cikaracak, Curug di Bogor – sumber-backpackerjakarta.com

Curug di Bogor yang lagi ngehits selanjutnya adalah curug cikaracak. Seperti biasa, kamu bisa berenang atau hanya bermain air gaes.

Namun karena curug ini belum begitu populer, maka sedikit pengunjungnya. Padahal curug ini sangatlah unik karena memiliki banyak curug kecil disektiarnya.

Curug Cikaracak terletak di Dsun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Bogor. Jarak yang ditempuh dari Ciawi sekitar 15 km. Kamu bisa menggunakan mobil dan juga motor denga waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

6. Curug Lembah Tepus Bogor

Curug Lembah Tepus

Curug Lembah Tepus – Sumber : Instagram.com/lembahtepus

Lembah Tepus berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepatnya di Kampung Cimudal, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Kamu bisa cek lokasi lengkapnya di sini.

Untuk sampai ke sini, dibutuhkan kira – kira 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari pusat kota Bogor.

Untuk kamu yang tidak membawa kendaraan pribadi, disarankan untuk menyewa kendaraan jika hendak berkunjung ke sini. Hal ini di karenakan belum adanya transportasi umum yang menuju ke kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

7. Curug Cigamea

Curug Cigamea adalah salah satu curug di Bogor yang juga cukup ngehits dikalangan wisatawan. Cigamea dalam bahasa sunda yang artinya bergemuruh. Sudah bisa dibayangkan bagaimana gemuruh dari air terjun yang satu ini.

curug cigamea

curug cigamea – foto ig @cikal_0110

Di Curug Cigamea terdapat dua kolam, yang pertama memiliki dinding curam dan yang kedua tidak bergitu curam dan memiliki ketinggian 50 meter dari dasar air terjun.

Ukurannya juga lebih luas daripada air terjun yang pertama. Oleh karena itu, jika kamu ingin berenang, berenanglah di kolam yang kedua.

Curug Cigamea terletak di Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Salah satu rute yang bisa ditempuh adalah melintasi jalur Cikampak hingga sampai di kawasan Salak Endah. Dimulai dari Cibatok atau bisa juga lewat jalur Tamansari hingga Gunung Bunder dan akhirnya tiba di Salak Endah.

Dengan hanya membayar Rp 10000, kamu bisa menikmati indahnya Curug Cigamea yang akan menyambut kedatanganmu. Dari pintu masuknya saja kamu akan merasakan takjub apalagi jika sudah sampai di curug nya.

8. Curug Lembah Pelangi

Curug Lembah Pelangi / Curug Cibungbulang Bogor

Curug Lembah Pelangi atau Curug Cibungbulang Bogor – catatan pringadi

Curug Lembah Pelangi atau biasa disebut sebagai Curug Cibungbulang adalah salah satu curug di Bogor yang juga sedang ngehits. Curug ini berada di Jatake, Cmanggu, Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat

Eksotisme yang ditawarkan oleh Curug Cibungbulang harus dibayar mahal dengan sulitnya rute menuju lokasi tersebut.

Jalan masuknya begitu kecil hanya muat untuk satu mobil saja dan sedikit merepotkan saat berpapasan dengan mobil lain. Dari kota Bogor bisa melewati Jalan Dramag menuju arah Ciampea.

Sekitar sepuluh menit melewati perkampungan warga ada sebuah plang yang menunjukkan kearah curug.

Butuh waktu sebentar untuk menemukan lokasi parkir dan pos retribusi. Sedangkan dari pos tersebut ke arah curug tidak terlalu jauh hanya membutuhkan waktu lima menit dengan berjalan kaki.

9. Curug Love Bogor

curug love bogor

Curug Love Bogor

Curug Love identik dengan pemandangan yang asri serta air terjun yang jernih. Bahkan saking beningnya ikan yang berenang di dasar sungai terlihat ke permukaan.

Keistimewaan selanjutnya adalah curug berpagar bebatuan terjal yang seakan dipahat dengan rapi. Padahal batu karang yang tersusun tersebut hasil dari seleksi alam yang terbentuk secara alami.

Karena berada di wilayah pedesaan maka suasana di curug sangat sejuk serta kondisinya masih minim polusi. Maka dari itu, jika pelesir ke sini tidak hanya mata yang dimanja dengan pemandangan tetapi juga pikiran tenang dan tubuh santai.

Curug Love Bogor Jawa Barat berada di Desa Bantar Karet Nanggung Kabupaten Bogor. Sebuah wilayah yang masih asri yang lokasinya tidak jauh dari Jakarta.

Baca Juga ya :

***

Itulah tadi beberapa Curug di Bogor yang lagi ngehits dan sebenarnya ada banyak sekali curug-curug baru lainnya yang juga tak kalah ngehitsnya.

Leave a Reply