Air Terjun, Alam, Daftar Wisata

Curug Pangeran, Serunya Saat Liburan di Bogor

curug pangeran

Bogor, salah satu kota terdekat dari Jakarta. Bahkan, kota ini termasuk sebagai kota satelit. Banyak warga Bogor yang bekerja di Jakarta. Namun, Bogor juga menjadi pilihan bagi warga ibukota untuk menghabiskan waktu liburan. Pasalnya, bogor memiliki wisata alam yang indah dan cukup mudah untuk di datangi.

Pilihan wisata di Bogor sangat banyak. Mulai dari bermain di kebun teh, hingga bermain air di air terjun. Air terjun atau dalam Bahasa Sunda disebut curug, cukup banyak ditemukan di Bogor. Hal ini karena Bogor dikelilingi banyak gunung. Masing-masing gunung bisa jadi memiliki curug. Curug inilah yang bisa menjadi salah satu pilihan untuk berwisata. Salah satu curug yang cukup dikenal bernama Curug Pangeran.

Baca juga : Panorama Pelangi di Curug Cibungbulang Bogor

Bagaimana Cara Untuk Sampai Ke Curug Pangeran?

curug pangeran

sumber : driveinworld.com

Curug Pangeran terletak di Taman Wisata Gunung Bunder tepatnya di Desa Gunung Pincung, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi banyak sarana transportasi umum yang bisa menjadi pilihan. Sayangnya, jika menaiki transportasi umum tidak bisa langsung turun tepat dilokasi. Harus melalui pergantian kendaraan beberapa kali atau naik ojek untuk bisa mencapai lokasi.

Berbeda jika membawa kendaraan pribadi. Akan lebih mudah untuk menjangkau curug pangeran karena lokasi yang cukup terkenal. Jika sudah sampai di Pamijahan, bisa bertanya pada masyarakat setempat untuk ditunjukan lokasi ini. Nah, kendaraan yang datang ke curug pangeran harus menempati lokasi parkir dengan jarak 500m dari lokasi air terjun.

Apa saja yang bisa dilakukan di sekitar curug pangeran?

Curug Pangeran, Serunya Saat Liburan di Bogor 1

sumber : wisatabagus.com

1. Wisata bermain air

Sesuai dengan lokasi yang berupa air terjun tentu hal yang wajib dilakukan adalah bermain air di kolam. Namun harus berhati-hati karena kedalamanan kolam yang bisa mencapai 5 meter. Ada aturan seperti tali pembatas untuk alasan keamanan. Aliran airnya tidak terlalu deras sehingga masih bisa dinikmati untuk bermain. Selain itu airnya juga masih sangat jernih ditambah alam yang masih sangat asri. Di pinggiran air terjun masih ada tanaman hijau yang makin membuat suasana sangat estetik. Ada juga bebatuan di pinggir untuk tempat istirahat untuk memandangi indahnya alam. Lokasi ini sangat cocok untukmu yang ingin relaksasi sejenak.

2. Trekking

Siapa yang suka jalan santai sambil menghirup segarnya udara pegunungan? Ya, disekitar lokasi ini kamu bisa mencoba trekking. Untuk mencapai lokasi curug memang harus ditempuh dengan cara jalan kaki. Jaraknya sekitar 150 meter dari jarak lokasi parkir kendaraan menuju ke curug. Jalur yang dilewati tidak terlalu berat, hanya perlu menuruni anak tangga dan melintasi jembatan. Namun, selama perjalanan ini kamu bisa melihat indahnya pemandangan dari pepohonan sekitar. Keseruan saat perjalanan trekking juga menjadi pengalaman tersendiri. Sambil mengamati hijaunya alam, kamu bisa berolahraga sekaligus berfoto ria.

3. Spot Foto yang Menarik

Curug Pangeran, Serunya Saat Liburan di Bogor 2

sumber : liputan6.com

Di era digital ini, pasti seringkali butuh untuk mengabadikan momen tertentu. Seperti saat liburan misalnya, tentu ingin diabadikan dalam bentuk foto. Nah, di sekitar curug pangeran ada spot foto gardu pandang atau disebut juga Ranggon Hills. Gardu pandang ini sengaja dibuat oleh pengelola sebagai spot foto kekinian. Pengunjung bisa berfoto sambil melihat pemandangan alam sekitar curug dari ketinggian. Wah, harus berani dong ya! Karena, meski ada pengaman tetap saja gardu ini cukup tinggi.

Tak cuma spot foto gardu pandang, sebenarnya banyak spot foto alami disekitar curug. Mulai dari di bebatuan sekitar aliran air, pemandangan di sekitar jalur trekking, dan masih banyak lagi. Hanya perlu kreativitasmu saja karena banyak lokasi yang bisa dibuat menarik.

4. Area Perkemahan

Curug Pangeran, Serunya Saat Liburan di Bogor 3

sumber : Googlemaps/Danni Kurniawan

Ada area yang tanahnya cukup landai dan bisa dijadikan lokasi kemah. Lokasi ini jaraknya bisa ditempuh dalam waktu 5 menit saja dari curug. Jika ingin berkemah harus membawa perlengkapan sendiri dari rumah. Jangan lupa untuk membayar sewa jika ingin berkemah disini.

Biaya yang Harus Disiapkan

Jika ingin berkunjung ke curug pangeran, kira-kira inilah biaya yang harus dikeluarkan :

Tiket Taman Nasional                                        15.000 – 20.000/org

Tiket Curug Pangeran                                          7.500 – 10.000/org

Tiket Ranggon Hills                                             30.000

Parkir Motor                                                              5.000

Parkir Mobil                                                             10.000

Area Kemah                                                             10.000 per orang / malam

Sewa Gubug                                                          300.000 per unit / malam

Sewa Villa/Barak                                            1.200.000 per unit / malam

Harga bisa berubah sewaktu-waktu terutama saat musim liburan!

Selain itu yang harus diingat adalah jam buka 08.00 – 18.00 . Fasilitas lain adalah pedagang makanan dan gazebo untuk beristirahat.

Baca juga : Kampung Salaka, Desa Wisata di Sukajaya Ciapus Bogor

Nah, itulah tentang curug pangeran. Siapa nih yang jadi tak sabar ingin berkunjung?

Leave a Reply