5 Baju Adat pengantin Jawa Barat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Pakian Adat, Budaya

5 Baju Adat pengantin Jawa Barat

Baju Bedahan, Baju Adat pengantin Jawa Barat

Baju Bedahan, Baju Adat pengantin Jawa Barat - foto essay.co.id

Baju Kebaya pengantin adat Sunda yang kerap didominasi warna putih membuatnya identik dengan kesan busana pengantin. Karakter inilah yang membuat kebaya adat Sunda kemudian digunakan oleh banyak orang, termasuk yang tidak berasal dari Sunda.

4. Beskap Untuk pengantin Pria

Beskap Untuk pengantin Pria

Beskap Untuk pengantin Pria – foto wedingku.com

Yang keempat dari pakaian adat pengantin Jawa Barat adalah Beskap. Pakaian ini merupakan nama dari baju atasan orang Jawa Barat. Bentuknya menyerupai jas, tapi sebenarnya bentuknya menyerupai kemeja lengan panjang. Bahannya tebal dan biasanya ditambah dengan jam emas rantai di saku sebelah kiri.

Beskap ini pun juga identik dengan warna hitam, namun ada juga yang mengenakan dengan warna lain. Namun tidak meninggalkan kesan menarik dan menawan dari pakaian adat yang satu ini.

5. Jas Beludru Untuk pengantin Pria

Jas Beludru Untuk Pengantin Pria

Jas Beludru Untuk Pengantin Pria – tokopedia.com

Jas ini sering dipakai oleh raja-raja Sunda pada jaman dulu sebagai baju kebanggaan. Kainnya terbuat dari beludru sehingga kesannya mewah dan mengkilap. Untuk laki-laki dan perempuan mengenakan bahan beludru ini.

Kebaya beludru yang dipakai oleh para bangsawan atau masyarakat dengan kelas sosial tertinggi bisa kalian lihat pada baju yang dipakai oleh wanita terhormat pada sejarah seperti contohnya R.A. Kartini yang kebanyakan berwarna hitam.

Kemewahan kain beludru pada jenis pakaian adat Jawa Barat untuk kaum bangsawan ini kemudian ditambah dengan motif benang sulaman yang berwarna gold atau emas. Cakep banget deh pokoknya.

Perlengkapan atau aksesoris yang dipakai oleh pria Jawa Barat dari kaum bangsawan adalah blangkon motif batik yang ada kerlipnya. Adanya tambahan bros di bagian depan menambah keindahan pakaian ini. Untuk wanita pun juga memakai bros besar di bagian depan. Ujung atas kancing sebagai penutup ujung kerah juga.

Selain dari beludru dan benang emas, kebaya untuk wanita bangsawan pun juga trebuat dari kain beludru ditambah dengan manik-manik. Sama-sama memberi kesan mewah dan menawan.

Sumber : Taldebrooklyn.com & Perpustakaan.id

Leave a Reply