City Tour, Budaya, Rumah Adat, Uncategorised

Yuk Mengenal Nama Rumah Adat Jawa yang Populer Ini

Yuk Mengenal Nama Rumah Adat Jawa yang Populer Ini 1

Mungkin kalian sudah tahu beberapa nama rumah adat Jawa yang sering kalian dengar atau lihat sebelumnya. Namun bagi orang yang tidak tinggal di Pulau Jawa, rumah adat Jawa bisa jadi suatu hal yang asing dan bahkan mereka tidak mengetahuinya. Mungkin bahkan kalian yang tinggal di Pulau Jawa juga tidak begitu mengetahui nama rumah adat Jawa. Hal itu wajar karena rumah adat Jawa memang sudah tidak sebanyak zaman dulu.

Jawa menjadi pulau berpenduduk terpadat di Indonesia. Menjadi pusat berbagai sektor seperti ekonomi, pemerintahan, dan pembangunan, Pulau Jawa menjadi tempat yang cukup banyak di datangi perantau dari berbagai pulau untuk memperbaiki kehidupan. Selain itu, Pulau Jawa juga dikenal dengan budayanya yang unik dan menarik, salah satunya adalah tentang rumah adatnya. Rumah adat di Pulau Jawa punya bentuk yang mewah namun nyeni sehingga menarik perhatian untuk dikulik.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu lebih dalam mengenai rumah adat Jwa yang begitu beragam dan kaya sejarah, mari simak informasi mengenai nama rumah adat Jawa yang populer di bawah ini.

Tentang Rumah Adat Jawa

Yuk Mengenal Nama Rumah Adat Jawa yang Populer Ini 2

Sumber: nyero.id

Rumah adat Jawa yang didirikan tidak sembarangan. Rumah adat Jawa memiliki filosofi dan juga arti pada setiap bentuk arsitektur bangunannya. Arsitektur rumah adat Jawa memiliki aturan hirarki yang dominan seperti yang tercermin pada bentuk atap rumah adat Jawa.  Tata letak rumah adat Jawa mungkin sama, tetapi bentuk atap ditentukan oleh status sosial dan ekonomi dari si pemilik rumah. Urutan untuk bentuk atap dari yang ekonomi tinggi sampai biasa adalah rumah Joglo, Rumah Limasan, dan Rumah kampong.

Rumah adat Jawa ini sudah ada sejak zaman kerajaan, diperkirakan sejak abad ke-9. Hal tersebut terlihat dari relief Candi Borobudur yang menunjukan bahwa rumah adat Jawa menjadi pola dasar dari rumah Austronesia. Selain itu, bentuk rumah tradisional Jawa juga dikenal mempengaruhi arsitektur bangunan colonial Belanda di Indonesia.

Nama-nama Rumah Adat Jawa yang Perlu Diketahui

1. Rumah Joglo

Yuk Mengenal Nama Rumah Adat Jawa yang Populer Ini 3

Sumber: pegipegi.com

Rumah adat Jawa yang satu ini dikenal berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur karena banyak ditemui di dua provinsi tersebut. Nama Joglo diambil dari atapnya yang bentuknya seperti joglo. Keunikan dari rumah Joglo ini adalah terletak pada atapnya yang berbentuk ruang tinggi yang disangga oleh empat buah tiang yang biasa dikenal dengan “soko guru”. Rumah joglo ini pada umumnya dikenal merupakan rumah para bangsawan atau rakyat dengan ekonomi menengah ke atas. Karena itu banyak ditemukan rumah Joglo dengan bangunan yang besar dan terlihat mewah.

2. Rumah Kampung

Yuk Mengenal Nama Rumah Adat Jawa yang Populer Ini 4

Sumber: intronesia.com

Nama rumah adat Jawa yang terkenal lainnya adalah rumah kampong. Secara structural, rumah kampong ini punya bentuk bangunan yang sangat sederhana yakni persegi panjang dengan atap yang bentuknya tak jauh berbeda dengan atap joglo. Di Jawa, rumah Kampung ini dinilai sebagai rumah rakyat biasa atau kadang yang ekonominya rendah karena banyak ditemukan di pedesaan. Meskipun begitu, rumah kampong ini awalnya paling banyak ditemukan di Jawa jika dibandingkan rumah Joglo yang dikenal sebagai rumah orang berada.

3. Rumah Limasan

Yuk Mengenal Nama Rumah Adat Jawa yang Populer Ini 5

Sumber: rumahjawajogja.com

Ada juga nama rumah adat Jawa yang banyak dikenal yakni Rumah Limasan. Rumah Limasan dikenal sebagai rumah keluarga Jawa yang punya kedudukan cukup tinggi dan strukturnya lebih rumit jika dibandingkan dengan Rumah Kampung. Rumah ini dinamakan Limasan karena punya denah dasar empat persegi panjang atau berbentuk limas karena atapnya yang mengerucut ke atas.

4. Rumah Panggangpe

Yuk Mengenal Nama Rumah Adat Jawa yang Populer Ini 6

Sumber: wisataindonesia.com

Dibandingkan rumah adat Jawa di atas, Rumah Panggangpe ini punya bentuk paling sederhana. Rumah Panggangpe ini juga bukanlah rumah sebagai tempat tinggal, melainkan digunakan untuk berlindung dari angina, panas, dan hujan. Bentuknya jika di tempat umum seperti pendopo yang digunakan untuk beteduh atau mengadakan kegiatan bersama-sama.

 

Nah, itulah beberapa nama rumah adat Jawa yang populer dan sering ditemui.  Jika ingin tahu secara langsung, rumah adat jawa ini banyak ditemuai di kawasan Jawa Tengah seperti Jogjakarta. Pernah melihat salah satu dari rumah adat Jawa tersebut?

 

 

Leave a Reply