Bukit, City Tour, Desa Wisata, Informatif

Wisata Malam di Puncak Sosok, Bantul

Puncak Sosok, wisata alam di Bantul

Puncak Sosok, wisata alam di Bantul - sumber : wisataoke.com

Puncak Sosok, Bantul – Bantul seperti tak henti menyajikan beragam tempat wisata yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Mulai dari wisata alam seperti Curug Pulosari, Bukit Mojo Gumelem, Selopamioro Adventure Park, wisata taman seperti Kalinampu Natural Park, ada Bendungan Kamijoro, Taman Tempuran Cikal, hingga museum seperti Museum History of Java juga ada di Bantul.

Tempat wisata kali ini juga berada di Bantul, tepatnya di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul terdapat satu tempat wisata yang sangat indah saat malam hari yakni Puncak Sosok.

Puncak Sosok, Wisata Malam di Bantul

Puncak Sosok sendiri merupakan sebuah tempat wisata malam yang banyak dikunjungi untuk sekedar bersantai sembari menikmati pemandangan alam saat malam hari di Bantul. Meskipun disebut sebagai tempat wisata malam namun banyak juga pengunjung yang datang pada pagi hari. Biasanya mereka datang untuk menikmati trek downhill dari Puncak Sosok hingga Puncak Gebang.

Lahir dari Ide Karang Taruna

Nama Sosok diambil dari penyebutan warga sekitar terhadap daerah puncak dengan sebutan sosok sehingga pihak pengelola menyama tempat wisata yang baru buka tahun 2017 lalu ini dengan nama Puncak Sosok. Ide awal untuk menjadikan Puncak Sosok sebagai tempat wisata berasal dari pemuda Karang Taruna di Dusun Jambun. Mereka melihat bagaimana potensi yang dimiliki Puncak Sosok dapat menjadi tempat wisata yang setara dengan Mangunan di Dlingo. Puncak Sosok ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Awalnya memang sulit untuk dapat mengubah tempat yang sebelumnya bukan apa-apa menjadi tempat wisata. Kendala terbesar para Pokdarwis adalah akses menuju Puncak Sosok. Mereka perlu membuat jalan yang dapat dilalui kendaraan setidaknya oleh sepeda motor. Barulah setelah akses jalan sepanjang 550 meter dapat digunakan, Puncak Sosok kemudian menjadi tempat acara dari Polda dan mulai ramai dikunjungi sejak April 2018.

Beragam kegiatan di Puncak Sosok

Ada banyak kegiatan yang dapat kalian lakukan saat berkunjung ke Puncak Sosok. Pertama dan yang paling utama nih adalah berfoto di berbagai spot yang instagramable. Karena letaknya yang berada diketinggian membuat Puncak Sosok mampu memberikan keindahan panorama baik di waktu siang maupun malam hari bagi seluruh pengujungnya. Dari sekian banyak spot foto yang dapat kalian abadikan, ada satu spot foto favorit pengunjung Puncak Sosok yakni Jembatan Kayu yang terletak agak ke arah Barat. Bentuk jembatan yang unik ditambah dengan latar pemandangan hijau memberikan ketenangan dan keindahan di waktu bersamaan.

Wisata Malam di Puncak Sosok, Bantul 1

Jembatan spot foto favorit di Puncak Sosok – sumber : asset.kompas.com

Selain itu ada satu spot lagi yang cukup menarik banyak perhatian pengujung yakni tempat pembuangan akhir (TPA) Piyungan. Sekilas memang terkesan jorok namun karena letaknya yang mencapai 1kilometer dari Puncak Sosok membuatnya terlihat seperti bukit pasir.

Setelah asik berfoto, jangan lupa untuk memanjakan perut kita dengan menikmati aneka sajian di warung-warung yang tersedia. Walau tergolong baru namun Puncak Sosok telah memiliiki fasilitas yang cukup lengkap. Seperti tersedianya tempat makan atau warung-warung makan dengan beraneka ragam menu.

Wisata Malam di Puncak Sosok, Bantul 2

Warung makan di Puncak Sosok -sumber : Kompas.com oleh Anggara Wikan Prasetya

Warung makan di Puncak Sosok berbentuk seperti pondok rumah kecil berjumlah 6 buah. Kalian bisa memilih ingin menyantap hidangan dari warung dengan duduk di meja-meja yang telah di sediakan atau menggunakan tikar.

Selain tempat makan, fasilitas yang telah disediakan oleh Pokdarwis selaku pengelola Puncak Sosok ada berupa mushola, beberapa tempat duduk, gazebo, hingga kamar mandi.

Saat sore hari tiba, kalian bisa nih bersantai menikmati hari sembari ditemani alunan musik akustik yang sering diadakan di panggung utaman Puncak Sosok. Biasanya pertunjukan akustik ini kerap dilakukan pada akhir pekan saat hari tidak hujan. Saat malam minggu pertunjukan akustik akan berlangsung dari sore hingga malam hari. Jika kalian tertarik untuk menjadi pengisi acara akustik ini, kalian tinggal menghubungi pihak pengelola lalu tentukan jadwal kalian dengan pengisi lainnya.

Wisata Malam di Puncak Sosok, Bantul 3

Puncak Sosok saat malam hari – sumber : jogjatourwisata.id

Berburu foto untuk stok instagram sudah, mencicipi kuliner juga sudah dilakukan, bersantai sembari menikmati penampilan akustik juga sudah. Tapi rasanya masih kurang jika kalian berada di Puncak Sosok hingga malam hari namun tidak berburu foto sata malam. Pemandangan Puncak Sosok saat malam hari sangat menakjubkan. Pantulan cahaya lampu dari pusat kota seakan memberikan sensasi menatap bintang dari jarak dekat. Tak hanya pemandangan kota saat malam hari saja, pemandangan di sekitar Puncak Sosok juga menarik untuk diabadikan.

Tiket Masuk dan Jam Operasi Puncak Sosok

Tiket masuk ke Puncak Sosok adalah sukarela, nantinya uang tersebut akan digunakan untuk membangun fasilitas lainnya. Puncak Sosok buka dari pagi hari yakni jam 05.00 WIB dan tutup pada tengah malam.

Meskipun indah, Puncak Sosok masih perlu banyak berbenah untuk semakin meningkatkan kenyamanan pengunjung. Sejauh ini akses jalan menuju Puncak Sosok baru bisa dilalui oleh 1 mobil dengan medan jalan yang tidak terlalu bagus. Selain itu perlu adanya beberapa pohon perindang sebagai tempat istirahat sementara para pesepeda yang melalui trek di sini juga perlu diperhatikan.

Baca juga tempat wisata di Bantul lainnya berikut ini :

Leave a Reply