Air Terjun, Alam, Bukit, Uncategorised

Keindahan Tersembunyi Curug Pulosari Bantul

Keindahan Tersembunyi Curug Pulosari Bantul 1

Curug Pulosari - sumber : tuguwisata

Curug Pulosari – Gemercik suara air yang jatuh dan  beradu dengan batuan terkadang dapat begitu menenangkan hati serta pikiran. Untuk itu tak jarang beberapa dari kita memilih mengunjungi tempat-tempat yang asri dan dekat dengan alam sebagai salah satu cara untuk rehat dari rutinitas kita. Mendaki gunung atau sekedar berkemah di pinggir pantai bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun bagaimana dengan kita yang tidak begitu senang kegiatan menantang alam seperti itu? Nah solusi untuk berkunjung ke tempat wisata seperti curug atau air terjun bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jika sedang punya waktu sedikit lebih banyak, maka bolehlah kita memasukkan destinasi wisata yang satu ini, Curug Pulosari. Sebuah keindahan alam dibalik perbukitan.

Lokasi Curug Pulosari

Keindahan Tersembunyi Curug Pulosari Bantul 2

Petunjuk Pintu Masuk Curug Pulosaei – sumber : jamelatour

Curug Pulosari ini terletak di Bantul, tepatnya di Desa Wisata Krebet, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul sekitar kurang lebih 20KM dari pusat Kota Jogja. Untuk bisa mencapai kesini, kita dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat namun mengingat medan yang cukup curam dan terjal serta terdapat beberapa jalan yang berlumpur maka lebih baik menggunakan kendaraan roda dua.

Curug Pulosari merupakan air terjun yang sumber airnya berasal dari aliran Sungai Alami dari Kawasan. Hal menarik dari Curug Pulosari ini ialah letak curug yang berada di tengah kawasan perbukitan dimana selama ini wilayah perbukitan tersebut lebih sering dalam keadaan kering sehingga pemandangan air terjun setinggi 5-7meter ini menjadi sangat indah dan menarik hati.

Keindahan diantara Perbukitan & Pohon Jati

Jika kalian senang berenang, terdapat kolam kecil tepat di bawah air terjun Curug Pulosari ini yang dapat kalian gunakan untuk berenang atau sekedar berendam bermain air sembari ditemani gemercik merdu suara air terjun.

Selama bermain di Curug Pulosari sempatkan pula untuk mengambil beberapa foto ya. Berada di tengah perbukitan dengan beragam pepohonan yang akan menghijau saat musim hujau sangat sayang untuk dilewatkan. Kalian bisa mengabadikan juga bagaimana derasnya air terjun Curug Pulosari saat jatuh ketika musim penghujan tiba.

Keindahan Tersembunyi Curug Pulosari Bantul 3

Keindahan Curug Pulosari di antara pepohonan dan bukit – sumber : alodiatour

Berada di tengah perbukitan, Curug Pulosari lekat dengan suasana private. Jadi bagi kalian yang ingin liburan dan butuh suasana tenang, Curug Pulosari cocok banget nih untuk masuk dalam daftar liburan kalian.

Petualangan di Curug Pulosari tak hanya sekedar melihat air terjun dan berenang di kolam semata loh, petualangan bahkan telah dimulai sejak pertama kalian tiba dilokasi.

Untuk bisa mencapai tempat air terjun di Curug Pulosari, kita perlu berjalan kaki dari tempat parkir kira-kira sejauh 100 m dengan medan yang cukup licin dan terjal serta berada di tepian sungai. Perlu kehati-hatian serta waspada nih saat melalui jalan ini sebab jika salah langkah bisa-bisa kita terjebur ke sungai. Namun jangan khawatir, sebab disepanjang perjalanan kita akan menemukan rumahan kecil yang sengaja dibangun warga untuk beristirahat.

Keindahan Tersembunyi Curug Pulosari Bantul 4

Jalan menuju Curug Pulosari – sumber : jogjatravelid

Buat kalian yang baru pertama kali berkunjung ke Curug Pulosari dan perlu pendamping, tempat wisata ini menyediakan tour guide yang berasal dari warga sekitar loh. Selain itu ada juga homestay yang berara di Desa Wisata Krebet serta outbound.

Harga tiket masuknya pun cukup murah yakni hanya sekitar Rp.2000 dengan harga parkir Rp.2000 untuk motor dan Rp.5000 untuk mobil. Fasilitas lainnya yang tersedia di tempat wisata Curug Pulosari ini adalah :

  • Area parkir yang luas dan rapi
  • Kamar mandi dengan tarif Rp.2000
  • Ruang ganti pakaian
  • Penyewaan ban renang
  • Gazebo
  • Warung makan
  • Warung oleh-oleh dan tak kalah penting,
  • Tempat sampah
Keindahan Tersembunyi Curug Pulosari Bantul 5

Bersantai di kolam air terjun – sumber : @ilmanyorke7

Tempat wisata Curug Pulosari buka dari pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB. Tips yang tak kalah pentingnya adalah ketika berkunjung ke Curug Pulosari paling tepat saat musim penghujan, sebab pada musim ini volume air yang mengalir ke curug cukup deras sehingga air terjun dapat terlihat maksimal. Namun harus tetap hati-hati ya. Jangan lupa untuk mengenakan alas kaki lapangan atau alas kaki yang tidak licin serta membawa pakaian ganti.

Selagi mencari-cari referensi liburan di Jogja dan sekitarnya nih, jangan lupa untuk baca yang ini juga ya.

a. Negeri Dongeng di Seribu Batu Songgo Langit,

‘b. Nikmati Sunrise di Bukit Panguk Kediwung

Selamat berlibur!

Leave a Reply