Alam, City Tour, Harga Tiket, Taman

Kalinampu Natural Park, wisata ala Jepang di Bantul

Kalinampu Natural Park

Kalinampu Natural Park - sumber : Tribun Jogja oleh Ahmad Syarifudin

Kalinampu Natural Park – Kreatifitas tanpa batas mungkin inilah yang bisa disematkan pada tempat wisata yang satu ini. Merubah sesuatu yang biasa menjadi luar biasa bukanlah hal yang mudah. Berbekal dari ide sederhana yakni sedikitnya tempat wisata dengan nuasa Jepang ditambah dengan rasa kagum pada hamparan enceng gondok yang tengah bermekaran tampak begitu indah dan memukau membuat Kasanatul Rahmat berinisiatif untuk mengubahnya menjadi sesuatu. Bersama dengan pemuda setempat, Rahmat merubah pinggiran Sungai Opak menjadi spot foto bernuansa Jepang yang kemudian diberi nama Kalinampu Natural Park.

Kalinampu Natural Park, wisata ala Jepang di Bantul

Bagi Rahmat, Lahirnya Kalinampu Natural Park adalah momen yang pas.

Kalinampu Natural Park, wisata ala Jepang di Bantul 2

Kalinampu Natural Park – dakatour.com

Ketika kalian datang ke Kalinampu Natural Park ini, kalian akan langsung dimanjakan dengan keindahan tumbuhan enceng gondok yang tengah bermekeran. Menurut Rahmat lahirnya Kalinampu Natural Park ini merupakan sebuah momen yang pas sebab tahun lalu tumbuhan enceng gondoknya tidak bermekeran semua. Selain itu juga proses pengerjaan Kalinampu Natural Park ini terhitung cepat sebab para pemuda ternyata sedang ingin menciptakan desa wisata maka saat ide menjadikan pinggir Sungai Opak sebagai lokasi wisata tentu langsung bersambut tangan.

Menyusun Bunga Enceng Gondok seperti Bunga Sakura, menghasilkan beragam spot foto ala Jepang.

Pemilihan tema Jepang tak hanya sekedar asal pilih loh. Menurut Rahmat dan warga Dusun Kalinampu mereka sengaja memilih tema Jepang sebab di Bantul sendiri khususnya masih sangat jarang tempat wisata yang mengusung tema Jepang. Untuk itu mulai dari gapura sampai properti foto yang disewakan semuanya bertemakan Jepang.

Kalinampu Natural Park, wisata ala Jepang di Bantul 3

Gapura Kalinampu Natural Park – travel.detik.com

Bagi kalian yang tertarik untuk foto ala Jepang di Kalinampu Natural Park ini, pihak pengelola yang tak lain adalah warga sekitar telah menyediakan beragam perlengkapan foto nih. Mulai dari baju ala Jepang atau kimono, payung dan kipas Jepang. Untuk harga sewa payung dan kipas Jepang saja adalah sukarela namun khusus untuk baju kimononya harga sewanya adalah Rp.25.000/30 menit dan kalian juga akan mendapatkan payung serta kipas Jepang.

Kalinampu Natural Park, wisata ala Jepang di Bantul 4

Papan biaya sewa property – travel.detik.com

Kalinampu Natural Park buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB dengan tiket masuk Rp.5.000 untuk kendaraan roda dua dan sudah termasuk dengan biaya parkir serta Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat dan sudah termasuk biaya parkir.

Oia Rahmat menganjurkan untuk kalian berkunjung ke Kalinampu Natural Park ini jika ingin berfoto bersama hamparan enceng gondok maka datanglah saat waktu pagi atau siang hari, sebab pada matahari sedang tinggi-tingginya adalah waktu di mana kuncup bunga enceng gondok bermekaran.

Namun jika kalian tiba saat sore hari, meskipun tak mendapatkan pemandangan kuncup bunga enceng gondok yang mekar, kalian masih bisa menikmati matahari terbenam dari sini. Tak kalah indah juga kok.

Tempat wisata yang tergolong baru.

Tempat wisata Kalinampu Natural Park ini baru dibuka dan diresmikan pada 6 Oktober 2019 lalu. Ini juga yang menjadi alasan mengapa fasilitas di taman ini tidak selengkap taman wisata pada umumnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Kalinampu Natural Park terus melakukan perbaikan untuk melengkapi fasilitas-fasilitasnya demi kenyamanan pengunjung.

Jadi sangat disarankan bagi kalian untuk membawa sedikit bekal makanan atau minuman saat berkunjung ke Kalinampu Natural Park ini ya.

Rute menuju Kalinampu Natural Park.

Kalinampu Natural Park ini berlokasi di Dusun Kalinampu, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul sekitar 19KM dari pusat Kota Jogja. Jika kalian dari pusat Kota Jogja, maka arahkan gps kalian menuju Desa Seloharjo. Setelah sampai di Desa Seloharjo, kalian perlu berjalan ke arah timur kira-kria sekitar 1 KM dan nantinya akan menemukan gapura putih dengan tulisan Dusun Kalinampu.

Selanjutnya kalian tinggal menyurusi jalan Dusun Kalinampu tersebut hingga menemukan simpang 3 dan beloklah ke kiri. Sekitar 100 meter jangan lupa untuk belok kanan dan kalian akan sampai pada gerbang masuk Kalinampu Natural Park. Waktu tempuh perjalanan dari pusat Kota Jogja menuju Kalinampu Natural Park jika menggunakan motor ataupun mobil adalah sekitar 48 menit sampai 1 jam ya.

Baca juga wisata di Bantul lainnya ya!

Leave a Reply