Alam, Desa Wisata

Pacu Adrenalin di Taman Tempuran Cikal

Pacu Adrenalin di Taman Tempuran Cikal 1

Pintu Masuk Taman Tempuran Cikal - petualangtravelingyuk

Taman Tempuran Cikal – Taman Tempuran Cikal merupakan salah satu taman wisata dengan masyarakat sekitar sebagai pengelolanya. Taman Tempuran Cikal ini berada di Dusun Cikal, Desa Srimulyo, Piyungan, Bantul –Yogyakarta. Letaknya sekitar 13kilometer dari pusat Kota Jogja dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 37 menit dari pusat kota.

Penasaran ada apa sih di Taman Tempuran Cikal ini, berikut ulasan singkatnya!

Taman Tempuran Cikal

Awalnya warga Dusun Cikal memiliki inisiatif untuk mengelola daerah alisan Sungai Opak yang berada di wilayah mereka dan inisiatif ini mulai teralisasikan sejak Februari 2017 silam. Para warga bergotong-royong untuk mengubah lahan yang dulunya tak terawat menjadi sesuatu yang bermanfaat yakni dengan menjadikannya tempat wisata.

Lahir dari inisiatif warga

Selama kurun waktu kurang lebih dua tahun hingga awal tahun 2019 lalu, Ketua Pengelola Taman Tempuran Cikal, Dwi Joko Susilo mengatakan jika proses pengerjaan lahan seluas 9600meter persegi ini telah mencapai 50 persen dan masih terus melakukan pengembangan. Seluruh pengerjaan hingga tenaga untuk menciptakan Taman Tempuran Cikal ini semuanya berasal dari swadaya masyarakatnya loh. Ada sekitar empat RT yang terlibat dalam pengembangan tempat wisata yang satu ini.

Secara bertahap satu bersatu warga membangun beragai wahana untuk Taman Tempuran Cikal ini mulai dari membuat wahana outbond sampai wahana mini trail. Ke depannya akan ada beragam permaianan hingga museum kesenian yang rencananya akan dibangun di Taman Tempuran Cikal.

Fasilitas dan Wahana

Pacu Adrenalin di Taman Tempuran Cikal 2

Taman Tempuran Cikal – sumber: wisatakejogja.com

Letaknya yang tak jauh dengan Wisata Setren Opak, Taman Tempuran Cikal mampu memberikan pengalaman liburan menyenangkan bagi kalian. Seiring dengan perkembangannya, kini Taman Tempuran Cikal telah memiliki setidaknya lebih dari lima wahana yang dapat kalian nikmati seperti ayunan, flying fox, mini trail, mini ATP, Outbond, hingga speed boat untuk menikmati Sungai Opak yang mengalir di Taman Tempuran Cikal. Bagi adik kecil juga tersedia area playground yang aman dan menghibur juga melatih ketangkasan.

Pacu Adrenalin di Taman Tempuran Cikal 3

Pacu adrenalin dengan ATV – travelingan.net

Biaya yang kalian keluarkan pun cukup murah yakni berkisar Rp.10.000 saja untuk satu wahana seperti  mini trail, dan ATP. Namun jika kalian ingin menyusuri Sungai Opak dengan lebih tenang dan santai kalian bisa menyewa perahu jukung dengan tarif Rp.5.000/orang dan jika satu perahu kurang dari lima orang maka biayanya menjadi Rp.10.000/orang. Biaya ini sudah termasuk dengan perlengkapan keamanan seperti jaket pelampung dan helm pengaman dan durasi susur sungai selama 15-20 menit.

Pacu Adrenalin di Taman Tempuran Cikal 4

Nikmati Kano di Taman Tempuran Cikal – sumber : nginapdijogja.com

Nah kalau kalian hanya berdua nih atau ingin mencoba pengalaman susur sungai yang berbeda, kalian bisa mencoba menyewa perahu kano nih. Cukup dengan Rp.5000/orangnya kalian bisa merasakan nikmatnya suasana Sungai Opak yang menenangkan ditemani pepohonan rindang sambil mengayuh dayung riang selama 15 menit. Bagi yang ingin memacu adrenalin di Sungai Opak, tersedia pilihan speed boat untuk kalian. Hanya dengan Rp.50.000/rombongan dan kuota maksimal 5 orang kalian sudah bisa memacu adrenalin dan kebut-kebutan di air nih. Biaya tersebut sudah termasuk seluruh perlengkapan keamanan loh ya.

Pacu Adrenalin di Taman Tempuran Cikal 5

Pacu Adrenalin dengan Speedboat di Taman Tempuran Cikal – sumber : petualangtravelingyuk.com

Selain beragam permainan yang akan terus bertambah seiringnya waktu, beberapa fasilitas juga tersedia di Taman Tempuran Cikal ini seperti gazebo yang terbuat dari bambu, kolam kura-kura, air mancur dengan taman bunga di sekitarnya, gardu pandang untuk melihat pemandangan dari atas, panggung dan pelabuhan kecil.

Tak hanya itu, jangan khawatir kelaparan saat selesai bermain di sini. Ada beragam lapak penjual makanan yang menjajakan berbagai kuliner khas Yogykarta seperti sego pecel, sego pitik, sate ayam sampai pecel lele. Ada juga jajanan pasar cendil, tiwul, klepon, jadah tempe, telur gulung hingga bakso bakar bagi kalian yang ingin sekedar menikmati kudapan ringan. Untuk minumnnya ada es cincau dan beragam minuman lainnya dapat kalian nikmati.

Gimana, udah bersemangat nih untuk liburan bersama keluarga ke Taman Tempuran Cikal ini? Oia sebagai tambahan Taman Tempuran Cikal buka setiap hari loh mulai dari pukul 10.00WIB sampai 16.00WIB. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang mudah untuk bergerak dan mengenakan sepatu lapangan serta bawa juga nih baju ganti ya.

Oia, sebagai referensi liburan kalian di Tanah Jogja, bisa juga nih berkunjung ke tempat wisata berikut ini :

  1. Main-main ke Curug Pulosari
  2. Jelajah Sungai di Selopamioro Adventure Park

Leave a Reply