Alam, Desa Wisata

Jelajah Sungai di Selopamioro Adventures Park

Jelajah Sungai di Selopamioro Adventures Park 1

Selopamioro Adventures Park - Sumber : traveltribunews

Selopamioro Adventures Park (SPARK) – Selopamioro Adventures Park atau yang biasa disebut dengan SPARK ini berada di Kebun Jati milik warga yang berada di Dusun Jetis, RT 04 Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul – Yogyakarta.

Usut punya usut nih, Desa Selopamioro memang telah menjadi desa wisata sejak lama dan Selopamioro Adventures Park adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika bermain ke desa ini. Ada apa aja sih di SPARK sampai wajib masuk daftar wisata kita? Berikut ini ulasannya.

Selopamioro Adventures Park

Selopamioro Adventures Park sederhananya merupakan tempat wisata air yang berada di tepian Sungai Oya. Tempat wisata ini baru dibuka pada bulan Mei tahun 2018 silam. Namun diusianya yang masih sangat muda ini, Sarjono selaku pengelola SPARK ini mengatakan jika Selopamioro Adventures Park mampu memberikan pengalaman baru dan menyenangkan bagi kalian penggemar wisata air terutama kalian yang senang olahraga air.

Selama perjalanan susur sungai nanti kalian akan mendapatkan beragam pemandangan tepi sungai yang indah dan menyenjukkan. Mengambil latar Sungai Oya atau Sungai Oyo yang memiliki panjang sekitar 106,75Km kubik ini merupakan jenis sungai periodik yang mengalir membelah bukit kapur utara dan selatan di mana kedua bukit ini terbentuk karena adanya erosi batu karst serta perubahan temperatur yang signifikan.

Jelajah Sungai di Selopamioro Adventures Park 2

Pemandangan Sungai Oya – sumber : paketwisataid

Ada banyak wisata air yang dilakukan sepanjang Sungai Oya ini selain SPARK ada pula wisata susur Goa Pindul lengkap dengan pemandangan yang lebih terbuka dan menantang. Nah bagi kalian pencinta olahraga ekstrim dan petualangan sangat dianjurkan untuk datang mengunjungi SPARK apalagi saat musim hujan.

Saat musim hujan nih debit air dari Sungai Oya sangat memungkinkan untuk rafting dengan kecepatan arus yang lebih kencang dan terdapat beberapa gelombang ombak yang cukup untuk menguji adrenalin kalian nih.

Sungai Oya juga memiliki air terjun dengan ketinggian sekitar 4 sampai 9 meter. Kalian juga bisa kok untuk berenang di sungai ini namun jangan lupa untuk mengenakan jaket pelampung ya karena kedalaman Sungai Oya dapat mencapai 12 meter.

Beragam Olahraga Air dan Outbond di SPARK

Tak hanya olahraga air semata seperti outbond, rafting atau susur sungai saja yang dapat kalian lakukan di SPARK ini, tapi kalian juga dapat melakukan kamping di sana.

Jelajah Sungai di Selopamioro Adventures Park 3

Selopamioro Adventures Park – sumber : – travelingyukcom

Berdasarkan situs resmi dari Selopamioro Adventures Park maka akan terdapat beberapa paket menarik bagi kalian yang tertarik untuk berlibur ke SPARK. Pengelola menyediakan dua paket utama yakni Paket Camping dan Paket Outbond.

Pada Paket Camping terdapat 4 pilihan paket mulai dari harga Rp.50.000/orang hingga Rp.105.000/orang dengan fasilitas tenda dome, matras, lampu tenda, sleeping bag,  snack, sarapan dan makan malam. Untuk Paket Outbond juga tersedia dalam 4 pilihan paket dengan harga mulai dari Rp.40.000/orang hingga Rp.150.000/orang dengan minimal 20 peserta.

Setiap paketnya kalian akan mendapatkan fasilitas seperti Ice breaking, 4 hingga 5 permainan, perahu karet, welcome drink, snack, Treetop, flying fox, Via Ferrata atau Panjat tebing, hingga makan siang. Selain itu untuk membantu masyarakat sekitar, pengelola Selopamioro Adventures Park bekerja sama dengan masyarakat untuk membangun homestay dengan rate mulai dari Rp.100.000 permalamnya.

Jelajah Sungai di Selopamioro Adventures Park 4

Gardu Pandang Via Ferrata – sumber : selopamioroadvpark

Bagi kalian yang hanya ingin rafting saja nih, terdapat dua paket rafting yakni Paket Pendek atau Short trip dengan rute sepanjang 1km yakni mulai dari titik start hingga ke posko yang dinamakan Pujasera. Paket Short trip ini seharga Rp.150.000/perahu dimana satu perahu dapat diisi enam orang dengan satu pemandu.

Jelajah Sungai di Selopamioro Adventures Park 5

Titik Pujasera sebagai akhir dari short trip – sumber : selopamioroadvpark

Paket kedua ada paket long trip dengan rute sejauh 5,4km yakni mulai dari titik start hingga ke posko arah Siluk. Paket ini seharga Rp.250.000/perahu dengan kapasitas satu perahu dapat diisi 6 orang dan 1 pemandu. Untuk paket long trip ini juga disediakan minuman berupa kelapa muda dan atau minuman segar lainnya. Kedua paket ini sudah disediakan alat keamanan seperti helm, pelampung dan dayung.

Jika kalian ingin bermain di SPARK namun hanya untuk susur sungai saja, kalian bisa melakukan susur sungai tanpa paket dengan biaya Rp.5000/orang ditambah Rp.10.000 untuk pemandu dengan kapasitas 1 kapal untuk 8 orang selama 20 menit. Sementara untuk biaya sewa Kano untuk 2 sampai 3 orang seharga Rp.5.000/orang dengan durasi 20 menit.

Jelajah Sungai di Selopamioro Adventures Park 6

Tempat ngopi dan bersanta di Selopamioro Adventures Parki – sumber : travelingyukcom

Nah waktu yang paling enak untuk bermain ke Selopamioro Adventures Park adalah saat pagi dan sore hari. Ketika saat pagi udaranya sangat segar sedangkan saat sore hari dapat melihat senja. Sebagai tambahan gunakan pakaian yang mudah untuk bergerak dan jangan lupa bawa pakaian ganti.

Selagi masih di Jogja nih, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat wisata berikut ini ya!

Leave a Reply