Bukit, Alam, Gunung, Harga Tiket

Wisata Bukit Klangon, Sensasi melihat Gunung Merapi Dari Dekat

Bukit Klangon

Bukit Klangon - foto @agusnihsan

Bukit Klangon – Gunung Merapi bisa dibilang merupakan salah satu gunung paling populer di Indonesia. Statusnya yang masih aktif dan sering erupsi setiap beberapa tahun sekali membuat gunung ini sering menjadi bahan pembahasan bagi para pemerhati alam ataupun masyarakat umum di seantero nusantara.Selain itu sejarah dan segala cerita yang tersimpan di gunung ini menjadi bumbu-bumbu penyedap yang menjadikan pembahasan tentang Gunung Merapi selalu menarik untuk disimak dan dipelajari.

“Merapi Tak Pernah Ingkar Janji” menjadi slogan yang paling melekat kuat dan sering didengungkan jika gunung ini mulai menunjukkan gejala-gejala erupsi. Janji Merapi itu pasti, sebuah janji tentang datangnya erupsi yang pasti terjadi tiap beberapa tahun sekali yang mengakibatkan ketakutan bagi banyak orang. Begitulah kira-kira makna dari slogan “Merapi Tak Pernah Ingkar Janji”.

Namun dibalik kengeriannya jika sedang “sakit”, merapi menyimpan pesona keindahan yang begitu luar biasa. Puncaknya yang begitu gagah berdiri dan juga tanah yang hijau dan subur di lereng-lerengnya menjadikan Merapi menjadi buruan pagi para pecinta alam dan para pemburu pemandangan indah.

Cukup Banyak kawasan wisata yang bisa dikunjungi jika ingin melihat pesona keindahan merapi, salah satunya adalah Bukit Klangon.

Tentang Bukit Klangon Merapi

Pesona Bukit Klangon

Pesona Bukit Klangon – Jogjaisholiday.com

Bukit Klangon merupakan obyek wisata yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari tempat ini wisatawan bisa melihat gagahnya gunung merapi dari jarak yang begitu dekat. Selain itu pemandangan alam nan hijau dan asri di sekitar lereng-lereng merapi juga akan memberikan vitamin yang menyegarkan bagi siapapun yang melihatnya.

Nama Bukit Klangon sendiri sebenarnya adalah sebutan  yang diberikan oleh masyarakat. Nama asli dari tempat wisata ini awalnya adalah Wisata Alam Bukit Glagaharjo, namun karena nama Klangon lebih populer, maka hingga kini tempat ini lebih dikenal dengan nama Bukit Klangon Merapi.

Pemandangan Bukit Klangon Merapi

Pemandangan Bukit Klangon Merapi

Pemandangan Bukit Klangon Merapi – Wedangkopiprambanan.com

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Bukit Klangon adalah wisata unutk menikmati keindahan alam Gunung Merapi. Di kawasan wisata ini terdapat spot yang paling menjadi favorit bagi wisatawan, yaitu sebuah gardu pandang bertinggi kurang lebih 5 meter.

Dari puncak gardu pandang yang ada di Bukit Klangon ini pengunjung akan dengan jelas melihat penampakan Gunung Merapi yang begitu menawan. Pemandangan indah Gunung Merapi akan terlihat secara maksimal jika cuaca sedang cerah dan tidak ada kabut.

Baca juga ya :

Selain gardu pandang, terdapat spot lainnya yang tersedia di Bukit Klangon ini. Gazebo serta spot-spot foto menarik banyak bertebaran di kawasan yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi ini.

Di tempat ini juga terdapat track downhill atau sepeda gunung yang biasa digunakan oleh para pecinta sepeda gunung sebagi tempat balapan. Track downhill ini juga sering digunakan untuk menggelar kejuaraan balap sepeda tingkat regional bahkan nasional.

Fasilitas di Bukit Klangon Merapi

Fasilitas di Bukit Klangon Merapi

Fasilitas di Bukit Klangon Merapi – Gomodo.id

Karena sudah dibuka sejak 2011 dan terus dikembangkan, maka fasilitas di Bukit Klangon ini sudah sangat lengkap. Di Bukit Klangon tersedia beberapa gazebo yang bisa di manfaatkan untuk duduk bersantai, selian gazebo fasilitas penunjang lain yang bisa ditemukan di Bukit Klangon adalah toilet serta mushola.

Jika haus ataupun lapar di kawasan wisata Bukit Klangon ini terdapat beberapa warung yang menjajakan berbagai macam jenis minuman dan snack dengan harga yang sangat ramah kantong.

Tempat parkir yang tersedia di Bukit Klangon ini juga sangat luas sehingga mampu menampung banyak kendaraan yang datang.

Harga Tiket di Bukit Klangon

Harga Tiket di Bukit Klangon

Harga Tiket di Bukit Klangon – Sahabatransel.com

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Bukit Klangon pengunjung akan ditarik biaya tiket sebesar Rp.2000 untuk hari biasa dan Rp. 3.000 untuk weekend atau hari libur.

Sedangkan untuk parkir pengunjung akan dikenai tarif Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Pengunjung juga bisa mencoba bersepeda di track downhill dengan biaya Rp. 15.000 per sepeda.

Rute Menuju Bukit Klangon

Bukit Klangon : Blog.samananta.id 

Bukit Klangon : Blog.samananta.id 

Jika dari kota Jogja, untuk menuju Bukit Klangon diperlukan perjalanan sekitar satu setengah jam dengan jarak tempuh sekitar 36 Km.

Rute yang dilewati jika dari kota Jogja,bisa langsung menuju ke Jalan Kaliurang, seelah itu ambil arah menuju ke Cangkringan, setelah tiba di Cangkringan lurus terus dan ikuti jalan hingga sampai ke pertigaan menuju Merapi Golf, kemudian pilih arah belok ke kanan.

Lurus lagi hingga ketemu pertigaan, lalu ambil kiri. Setelah belok ke kiri tinggal lurus terus dan ikuti papan petunjuk menuju Bukit Klangon, maka tidak lama setelah itu akan segera tiba ke pintu masuk Obyek Wisata Bukit Klangon.

**

Itulah tadi informasi seputar obyek wisata Bukit Klangon di daerah Sleman Yogyakarta. Merapi dengan segala keindahan dan misterinya selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

Maka dari itu tugas kita adalah merawat dan menjaga keindahan kawasan Taman Nasional Gunung Merapi ini dengan tidak membuang sampah sembarangan jika sedang berkunjung ke Kawasan ini. Baik itu di Bukit Klangon ataupun wisata di kawasan Gunung Merapi lainnya.

Leave a Reply