Alam, Daftar Wisata, Danau, Desa Wisata, Pantai, Pengetahuan, Taman

5 Tempat wisata di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir

Tempat Wisata di Indralaya Ogan Ilir

Tempat Wisata di Indralaya Ogan Ilir

Tempat wisata di Indralaya – Indralaya adalah kecamatan yang berada di Kabupaten Ogan Ilir sekaligus merupakan ibukota bagi Kabupaten Ogan Ilir. Memiliki luas 77,65 km², Indralaya merupakan kota satelit dari Palembang dengan jarak hanya sekitar 31km.

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan kota besar seperti Palembang, menjadikan Indralaya di Kabupaten Ogan Ilir menjadi daerah yang memiliki potensi besar untuk dikunjungi, terutama di sektor pariwisata.

Berikut ini adalah 5 Tempat wisata di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir yang bisa kamu kunjungi bersama teman atau keluarga :

1. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh, Tempat wisata di Indralaya

Pantai Jodoh, Tempat wisata di Indralaya yang cukup hits – Sumber : Bintama.com

Sekilas jika dilihat, Pantai Jodoh memang terlihat seperti pantai pada umumnya dengan hamparan pasir yang luas serta perairan yang luas. Namun ini bukan laut, melainkan sungai yang luas.

Keunikan lain dari Tempat wisata di Indralaya ini adalah mitosnya yang mengatakan bahwa setiap pasangan yang berkunjung ke Pantai Jodoh, maka hubungannya akan langgeng. Maka tak heran tempat ini banyak digunakan untuk latar foto prewedding bagi masyarakat sekitar yang akan menikah.

Baca juga ya : inilah 5 Tempat wisata di Kayu Agung Ogan Komering Ilir yang hits

Walaupun bukan benar-benar pantai, namun keindahan yang ditawarkan di Pantai Jodoh ini tidak bisa diremehkan. Hamparan pasir dan pepohonan yang berjejer menjadikan tempat ini begitu eksotis untuk dinikmati, apalagi ketika sore hari ketika langit sedang begitu cerah.

2. Agro Techno Park

Agro Techo Park Indralaya

Agro Techo Park Indralaya – sumber : Possore.com

Tempat wisata di Indralaya yang kedua adalah kawasan Agro Techno Park. Jika anda Ingin berwisata sekaligus belajar ? maka Agro Techno Park di Kecamatan Indralaya Ogan Ilir menjadi destinasi yang cocok dan wajib untuk dikunjungi. Disini pengunjung dapat belajar banyak seputar pertanian, perkebunan, perikanan dan juga peternakan.

Di Agro Techno Park pengunjung akan dikenalkan dengan berbagi cara pengembangan tentang pertanian, perkebunan, perikanan serta perternakan yang akan menambah ilmu dan bisa saja dipraktekkan di rumah.

Fasilitasnya yang cukup lengkap dan daerahnya yang begitu asri akan menambah kenyamanan saat berada di obyek wisata Agro Techno Park di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

3. Danau Teluk Seruo

Tempat wisata di Indralaya terbaru, Danau Teluk Seruo

Danau Teluk Seruo, Tempat wisata di Indralaya yang terbaru – Sumber : Wartawisata.com

Tempat wisata di Indralaya yang ketiga adalah Danau teluk Seruo. Danau Seruo ini merupakan salah satu wisata air andalan yang berada di Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Hal ini terlihat dari fasilitas yang dibangun di komplek Danau Teluk Seruo. Fasilitas pendukung seperti gazebo untuk bersantai dan jogging track disediakan untuk menunjang dan memanjakan kebutuhan pengunjung.

Selain itu airnya yang biru dan juga pemandangan pepohonan hijau yang begitu rindang membuat tempat ini begitu menyejukkan mata.

Untuk menuju ke Danau Teluk Seruo tidak diperlukan rute yang sulit dan membingungkan karena hanya berjarak sekitar 9km dari pusat kota Indralaya. Berkunjung ketika sore untuk melihat sunset menjadi waktu favorit untuk kunjungan ke obyek wisata Danau Teluk Seruo.

4. Tanjung Putus

Tanjung Putus

Tanjung Putus – Sumber : Instagram.com/@taryadi.1988

Tanjung putus boleh dibilang merupakan obyek wisata yang unik dan cukup membingungkaan. Karena ketika musim hujan tempat ini akan menjadi samcam danau karena daerahnya dipenuhi oleh air, namun  ketika kemarau tempat ini menjadi padang rumput yang luas.

Tempat ini juga menjadi destinasi favorit yang selalu ramai dikunjungi bagi masyarakat Indralaya maupun wisatawan dari luar daerah. Lokasi tempat wisata di Indralaya ini sangat cocok digunakan untuk bersantai dan menikmati pemandangan bersama keluarga maupun kolega dekat.

5. Desa Burai

Desa Burai

Desa Burai – Sumber : Maxzersteril.com

Tempat wisata di Indralaya yang terakhir adalah Dewsa Burai. Kawasan Desa Burai adalah sebuah desa yang unik dengan rumah-rumahnya yang dicat warna-warni mirip-mirip seperti wisata rumah pelangi yang berada di Semarang ataupun Malang. Hal yang membedakan adalah di rumah warna-warni Desa Burai ini terdapat telaga yang cukup luas dan bisa disusuri dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga setempat.

Menengok sedikit ke belakang, Desa Burai sendiri awalnya adalah kawasan yang kumuh dan tertinggal. Namun kemudian kawasan ini disulap menjadi obyek wisata yang indah dan begitu memanjakan mata.

Sepanjang mata memandang kondisi di obyek wisata ini pun terbilang sangat bersih dan tidak lagi terlihat kumuh. Peran masyarakat setempat yang bergotong royong dan ikut merawat tempat inilah yang menjadikan kebersihan dan keindahan begitu terjaga di obyek wisata Desa Burai Ini.

Untuk menuju ke Desa Burai, harus menempuh perjalanan sekitar 11km dari pusat kota Ogan Ilir. Tiket masuknya pun begitu murah, cukup membayar lima ribu rupiah saja sudah bisa menikmati dan berkeliling Desa Burai.

 **

Potensi wisata yang beragam dan didukung upaya pemerintah daerah untuk mengelola dan memajukan, bisa saja akan membuat Indralaya Kabupaten Ogan Ilir menjadi destinasi wisata andalahan di provinsi Sumatera Selatan di masa mendatang, mengingat letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Palembang.

Selain itu dukungan dari para pengunjung ataupun wisatawan dengan cara tidak mengotori dan merusak kawasan wisata juga diperlukan. Maka dari itu harus selalu jaga kebersihan ketika berkunjung ke tempat wisata. Tidak hanya di Indralaya, tapi juga dimanapun berada.

Leave a Reply