Daftar Wisata

6 Tempat Wisata Di Toboali Bangka Selatan

6 Tempat Wisata Di Toboali Bangka Selatan 1

Tempat Wisata Di Toboali Bangka Selatan – Main ke Bangka Belitung jangan lupa buat mampir ke Toboali, yakni sebuah kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan yang menyimpan beragam pesona.

Keindahan wilayah yang disebut juga Sabang atau Habang oleh warga lokalnya ini akan memberikan kesan dan pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi dari wisata alam serta deretan pantainya yang eksotis, dijamin akan dirindukan selepas pergi.

Apa saja sih tempat wisata di Toboali Bangka Selatan?

Yuk, simak ulasannya pada artikel di bawah ini!

Jangan lewatkan juga untuk wisata Kuliner dan Makanan Khas Toboali Bangka Selatan.

Tempat Wisata Di Toboali Bangka Selatan Terbaik

1. Pantai Tanjung Kerasak

6 Tempat Wisata Di Toboali Bangka Selatan 3

Pantai Tanjung Kerasak – Tempat wisata di Toboali Bangka Selatan, Foto: suhaimi_hanka

Pantai Tanjung Kerasak berlokasi di Desa Pasir Putih. Tempat wisata di Toboali Bangka Selatan ini menyuguhkan panorama pantai yang mempesona.

Ciri khas Pantai Tanjung Kerasak adalah pasir putih lembutnya serta pemandangan lautan dengan air jernih kebiruan. Saking indahnya, pantai ini kerapkali dijadikan tempat foto prawedding.

Ditambah lagi, barisan batu granit yang berbaris di pinggir pantai menjadi daya tarik tersendiri. Selain  bisa main air laut di bibir pantainya, kamu pun bisa berfoto – foto di sela batu – batu granit tersebut.

Fasilitas di pantai ini juga sudah memadai mulai dari gazebo, toilet dan juga musala. Untuk mencapai Pantai Tanjung Kerasak, cukup menempuh perjalanan sekitar 50 menit dari pusat kota Toboali.

2. Batu Belimbing

6 Tempat Wisata Di Toboali Bangka Selatan 4

Batu Belimbing – Tempat wisata di Toboali Bangka Selatan, Foto: indransyah_

Tempat wisata di Toboali Bangka Selatan selanjutnya ada Batu Belimbing, yang merupakan kawasan geowisata di Desa Tanjung Ketapang. Terdapat batu granit besar berbentuk menyerupai buah belimbing sehingga dinamakan Batu Belimbing.

Keindahan batu granit ini terbentuk secara alami ini termasuk salah satu destinasi wisata yang langka bahkan hanya terdapat di beberapa tempat, misalnya Pantai Anambas Riau, Pantai Romodong Belinyu, Ayer Rock Australia dan Sin zhuan Tiongkok.

Destinasi wisata Batu Belimbing cocok dijadikan tempat berburu foto berkat keunikannya  terutama saat sunset. Kalau kamu mau mengabadikan langsung momen indah tersebut, kamu hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 1,5 km dari pusat kota Toboali.

3. Benteng Toboali

6 Tempat Wisata Di Toboali Bangka Selatan 5

Benteng Toboali – Tempat wisata di Toboali Bangka Selatan, Foto: _ideliadenata

Kemudian di deretan tempat wisata di Toboali Bangka Selatan lainnya, kamu wajib berkunjung ke Benteng Toboali yang merupakan salah satu destinasi wisata sejarah di Bangka Selatan.

Benteng ini dibangun pada tahun 1825 dan menjadi basis pertahanan pemerintah kolonial Belanda pada zaman itu.

Lokasi Benteng Toboali ini terletak di Kelurahan Tanjung Ketapan dan tak jauh dari pusat kota. Sambil mengambil foto, kamu bisa mengulik sejarah masa lampau.

Spot foto terbaiknya adalah akar pohon ketapang yang memperlihatkan keindahan akar sepanjang benteng bersejarah tersebut. Berkat lokasinya yang berada di atas bukit, kamu juga akan dimanjakan dengan panorama alam dan Pantai Nek Aji yang menawan.

4. Pulau Kelapan

6 Tempat Wisata Di Toboali Bangka Selatan 6

Pulau Kelapan – Tempat wisata di Toboali Bangka Selatan Foto: tic_basel

Liburan kamu di Toboali kurang lengkap kalau tidak berkunjung ke Pulau Kelapan. Tempat wisata di Toboali Bangka Selatan ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa.

Pualu Kelapan yang berada di Kecamatan Lepar ini terkenal dengan pesona alam bawah lautnya terutama keindahan dari bentangan koral dan karang. Tak ayal kalau Pulau Kelapan jadi salah satu destinasi favorit di Bangka Selatan.

Untuk mencapai Pulau Kelapan, berangkat dari Toboali kemudian menuju ke Pelabuhan Sadai terlebih dahulu. Kemudian, lanjutkan perjalanan menggunakan kapal sekitar 1,5 jam lagi sebelum sampai ke pulau ini.

5. Pantai Nek Aji

6 Tempat Wisata Di Toboali Bangka Selatan 7

Pantai Nek Aji – Tempat wisata di Toboali Bangka Selatan, Foto: wonderfulsumateraofficial

Sudah disebutkan sebelumnya, dari Benteng Toboali kamu bisa melihat panorama bentangan Pantai Nek Aji dari atas bukit. Ya, pasalnya pantai ini berada di belakang Benteng Toboali dan jadi tempat wisata di Toboali Bangka Selatan yang wajib kamu kunjungi.

Lokasinya yang mudah dijangkau dan pemandangannya yang indah menjadikannya wisata andalan kota ini. Kamu bisa menikmati suasana syahdu pantai ini dengan pasir putihnya dan pepohonan rindang di sekelilingnya.

Di Pantai Nek Aji pun seringkali dijadikan sebagai tempat beragam acara, misalnyan festival layang – layang saat Toboali City On Fire. Hal inilah yang menarik banyak wisatawan untung datang.

6. Pantai Batu Perahu

6 Tempat Wisata Di Toboali Bangka Selatan 8

Pantai Batu Perahu – Tempat wisata di Toboali Bangka Selatan Foto: rfauzian

Tempat wisata di Toboali Bangka Selatan memang tak ada habisnya dengan wisata pantai. Pantai Batu Perahu salah satunya yang menyajikan hamparan batu alam di sepanjang pantai.

Pantai Batu Perahu juga wajib kamu kunjungi kalau ke Toboali apalagi pesisir pantainya sangat terawat dan fasilitasnya memadai sehingga akan membuat liburan kamu semakin nyaman.

Pantai ini dinamakan Batu Perahu berkat barisan bebatuan di sekitarnya yang  menyerupai bentuk badan perahu. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan terutama untuk berfoto – foto.

Itulah tadi 6 tempat wisata di Toboali Bangka Selatan yang wajib kamu kunjungi. Jangan lupa mengabadikan momen seru kamu saat traveling di Toboali ya!

Leave a Reply