6 Kuliner dan Makanan Khas Toboali Bangka Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Toboali Bangka Selatan

6 Kuliner dan Makanan Khas Toboali Bangka Selatan 1

Source: blog.airpaz.com

Provinsi Bangka Belitung yang merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan kekayaan laut yang beragam tentunya memiliki pesona kuliner yang menggoyang lidah. Siapa yang mampu menolak makanan olahan ikan dan seafood segar? Tidak ada! (kecuali kamu punya alergi seafood). Kali ini kita akan mengulas makanan dan kuliner khas dari Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung. Makanan apa saja yang wajib kamu coba ketika menyambangi Toboali? Yuk, simak!

1. Lempah Darat

6 Kuliner dan Makanan Khas Toboali Bangka Selatan 4

Source: merahputih.com

Lempah darat atau lempah daret adalah makanan khas Bangka berupa sayur berkuah mirip sop yang cocok untuk lauk makan nasi. Sayur lempah darat terdiri dari talas atau ubi kuning, daun katuk, labu siam, potongan pepaya muda, dan genjer. sedangkan bumbu yang digunakan untuk memasak lempah darat antara lain cabe merah, cabe keriting, bawang merah, ebi, dan terasi. Makanan ini dinamakan lempah darat karena bahan-bahan yang digunakan semuanya berasal dari darat. Jadi, aman ya untuk kamu yang alergi seafood! Untuk isian sayur relatif fleksibel. Kamu dapat mengganti isiannya dengan sayuran lain semisal nangka muda dan kacang panjang. Untuk menikmati lempah darat, kamu bisa memasaknya sendiri di rumah tanpa perlu jauh-jauh ke Bangka, karena bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan.

2. Mi Kuah Ikan

6 Kuliner dan Makanan Khas Toboali Bangka Selatan 5

Source: food.detik.com

Mi kuah ikan adalah salah satu menu wajib coba jika kamu berkunjung ke Toboali. Mi kuah ikan pada dasarnya adalah mi selayaknya mi pangsit yang diberi kuah daging ikan dan ditaburi ikan giling. Tidak lupa taburan bawang goreng yang menambah sedapnya mi kuah ikan ini. Ikan yang digunakan sebagai bahan utama adalah ikan parang-parang. Sedangkan bumbu-bumbu yang digunakan adalah lada, bawang merah, bawang putih, kayu manis, pala, dan garam. Di Toboali, ada satu warung mi kuah ikan yang legendaris, yaitu Mi kuah Ikan Bu Cemilun yang ada di Jalan Jenderal Sudirman, Toboali. Di warung ini, kamu bisa menyantap mi kuah ikan dengan tambahan otak-otak, empek-empek, atau pun telur. Satu porsi mi kuah ikan di sini dibanderol dengan harga sekitar Rp 15.000,00. Tidak akan membuat kantong bolong, kan?

3. Kemplang

Leave a Reply