5 Tempat Wisata Di Kota Limapuluh Kabupaten Batu Bara

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata

5 Tempat Wisata Di Kota Limapuluh Kabupaten Batu Bara

kota limapuluh kabupaten Batu bara

Kota Limapuluh. Gambar oleh Sumbar.travel

Tempat Wisata Di Kota Limapuluh – Apa kamu pernah dengar kota Limapuluh kabupaten Batu Bara di Sumatera Utara? Ternyata ada 5 tempat wisata di kota Limapuluh kabupaten Bata Bara yang wajib kamu kunjungi loh. Mau tahu ada apa saja?

Untuk kamu yang belum pernah mendengar kota ini, kota Limapuluh merupakan ibukota dari kabupaten Batu Bara di Sumatera Utara yang baru diresmikan tahun 2007 lalu. Terdiri dari 7 kecamatan, kabupaten Batu Bara ternyata memiliki potensi sumber daya yang sangat besar yang dapat terlihat dari banyaknya tempat wisata di kota Limapuluh atau sekitarnya.

Tempat wisata di kota Limapuluh kabupaten Batu Bara tersebar dibanyak titik. Baik yang berada di kota Limapuluh ataupun yang berada disekitar kota ini. Kira-kira apa saja tempat menarik yang ada kota ini? Inilah 5 tempat wisata di Kota Limapuluh Kabupaten Batu Bara yang harus kamu kunjungi sekarang juga:

1. Kampung Songket Kota Limapuluh

Tempat wisata di kota Limapuluh kabupaten Batu Bara yang pertama harus dikunjungi adalah Kampung Songket. Kampung Songket ini berada di kota Limapuluh dan tidak lengkap kunjungan kamu ke kabupaten Batu Bara jika tidak mengunjungi tempat ini.

Kampung Songket Kota Limapuluh

Kampung Songket Kota Limapuluh – foto adira finance

Salah satu hal yang menjadikan kabupaten Batu Bara dikenal banyak orang selain tempat wisatanya adalah kain songket. Kain songket kabupaten Batu Bara sangat unik karena memiliki motif khas nya sendiri.

Keindahan kain songket kabupaten Batu Bara sudah tidak diragukan lagi itulah kenapa pemerintah setempat pernah mendaftarkannya ke UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia.

Masyarakat setempat mengenal kampung Songket dengan sebutan kampung Panjang. Di kampung panjang ini sebagian besar kaum perempuannya berprofesi sebagai pengrajin kain songket.

Kain songket Kampung Panjang ini dibuat di berbagai macam tempat, mulai dari rumah produksi ataupun rumah-rumah pribadi penduduk. Mereka sama sekali tidak terganggu dan sangat menyambut jika ada wisatawan yang datang ke kampung mereka dan melihat bagaimana proses pembuatan kain songket tersebut.

Jika kamu tertarik dengan kain songket yang diproduksi oleh masyarakat setempat, kamu juga bisa membeli kain songket disini langsung kepada pembuatnya. Dengan ciri khas nya yang unik, kain songket di Kampung Panjang atau Kampung Songket ini bisa didapatkan dengan harga yang bervariasi mulai dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah.

Baca Juga ya :

2. Pulau Pandang

Secara geografis, kabupaten Batu Bara sebelah timur berbatasan langsung dengan Selat Malaka dan memiliki tempat wisata bernama Pulau Pandang yang sangat indah dan harus kamu kunjungi untuk liburan tahun ini.

Pulau Pandang, tempat wisata di kota limapuluh kabupaten batu bara

Pulau Pandang, tempat wisata di kota Limapuluh kabupaten Batu Bara – foto tribun meda

Pulau Pandang adalah pulau yang biasa digunakan untuk wisata bahari karena memiliki keindahan yang tidak dimiliki oleh pulau-pulau lainnya. Terletak kecamatan Tanjung Tiram, Pulau Pandang adalah tempat wisata nomer dua yang harus kamu kunjungi jika ke kota Limapuluh kabupaten Batubara selain kampung Songket.

Tidak sulit untuk menemukan pulau ini karena sudah banyak perusahaan Tour & Travel yang menawarkan paket wisata untuk mengunjungi pulau ini. Belum lagi, pengelolaan pulau ini yang dipegang langsung oleh pemerintah daerah Batu Bara yang serius membangun fasilitas umum untuk memanjakan para wisatawan yang datang.

3. Pulau Salah Namo, Tempat Wisata Di Kota Limapuluh

Karena letaknya yang berada di tepi Selat Malaka maka tidak heran jika Kabupaten Batu Bara memiliki tempat wisata berupa pulau-pulau yang ada di Selat Malaka yang salah satunya adalah Pulau Salah Namo.

Leave a Reply